SHARE THIS ARTICLE

Jepang memang identik dengan biaya hidup yang mahal, namun traveler masih bisa melakukan dan mendatangi tempat-tempat gratis. Bahkan, tempat-tempat ini bisa membuat Anda lebih mengenal budaya Jepang.

Dari pasar tradisional, kuil hingga tempat nongkrong asyik, semuanya gratis. Dikumpulkan oleh detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (27/11/2014) berikut tempat wisata gratis di Jepang:

1. Nishiki Market, Kyoto

2a 193433_1nishiki
Foto: (Mierell Christy Ayal/d’Traveler)

Saat jalan-jalan ke Jepang, wisata kuliner pastinya tidak boleh terlewatkan. Di Kyoto ada sebuah pusat kuliner bernama Nishiki Market. Masuk ke pasar ini tidak perlu bayar, Anda hanya perlu membayar makanan yang Anda beli.

Pasar ini berada di dekat Stasiun Shijo. Dari Stasiun, Anda bisa jalan kaki sekitar 3 menit sampai ke pasar. Berbagai makanan lezat khas Jepang dari aneka seafood, mie, jajanan tradisional hingga sushi semua lengkap di Nishiki Market.

Untuk mengirit pengeluaran, Anda bisa icip-icip sedikit jajanan kemudian jalan-jalan melihat sekeliling pasar yang lorongnya warna warni. Terdapat sekitar 130 toko di Nishiki Market. Asyiknya lagi, beberapa toko ada yang menawarkan tester makanan gratis!

2. Dotonbori, Osaka

Foto: (Mierell Christy Ayal/d'Trav
Foto: (Mierell Christy Ayal/d’Trav

Jepang memang terkenal mahal, tapi Anda tetap bisa nongkrong gratis bareng teman-teman di sini. Dotonburi menjadi salah satu tempat nongkrong favorit wisatawan di Osaka.

Dotonbori dipenuhi berbagai billboard besar berwarna-warni. Selain itu ada juga kanal cantik dengan perahu yang melintas membawa wisatawan. Di sini Anda bisa foto-foto dan juga jalan-jalan santai tanpa harus bayar.

3. Asakusa, Tokyo

Foto: (Gagah/detikTravel)
Foto: (Gagah/detikTravel)

Asakusa merupakan sebuah kawasan wisata lengkap dimana wisatawan bisa wisata kuliner, belanja dan melihat kuil. Di Asakusa terdapat sebuah kuil tertua di Tokyo bernama Kuil Sensoji.

Masuk ke kuil ini tidak perlu bayar alias gratis. Untuk mencapai kuil ini Anda bisa naik subway dan turun di Stasiun Asakusa.

Kuil ini memiliki lampion merah raksasa di gerbang masuk. Hebatnya lagi, berat lampion ini mencapai 670 kg! Lampion digantung di gerbang masuk besar yang dibangun tahun 941.

4. Shibuya, Tokyo

Foto: (Susetyo Dwi Prihadi/detikTravel)
Foto: (Susetyo Dwi Prihadi/detikTravel)

Siapa yang tidak kenal Shibuya? Kawasan ini bisa disebut sebagai kawasan paling sibuk di Tokyo, Jepang. Shibuya bisa dikunjungi 24 jam karena memang kawasan ini terbuka untuk semua orang.

Di Shibuya terdapat jejeran pertokoan dengan layar besar dan billboard yang menarik untuk dilihat. Di kawasan ini Anda bisa jalan-jalan dan foto-foto sampai puas. Semuanya bisa dilakukan dengan gratis.

Anda bisa sekadar duduk-duduk sambil menikmati keramaian sekitar. Banyak muda mudi Jepang dengan Harajuku Style mondar-mandir di sini. Ada juga patung anjing Hachiko yang terkenal.

5. Fushimi Inari, Kyoto

Foto: (Anindiaindah9/detikTravel)
Foto: (Anindiaindah9/detikTravel)

Fushimi inari merupakan salah satu kuil terkenal di Kyoto, Jepang. Kuil ini menjadi favorit destinasi liburan wisatawan. Uniknya, kuil ini disebut-sebut punya 1000 gerbang!

Meskipun terbuka untuk wisatawan, kuil ini tetap difungsikan sebagai tempat peribadatan umat Budha di Jepang. Di sini Anda bisa melihat bagaimana mereka berdoa. Asyiknya, kuil ini bisa dikunjungi tanpa harus merogoh kocek.

Gerbang di kuil ini didominasi warna orange dan bertuliskan doa-doa untuk menandakan rasa syukur dan harapan berbagai perusahaan di Jepang. Ada juga doa yang dituliskan di miniatur gerbang kuil.

Source : travel.detik
COMMENT