SHARE THIS ARTICLE

1

Hari ini, 11 Februari diperingati sebagai Kenkoku Kinenbi, atau National Foundation Day, hari didirikannya kekaisaran Jepang, yaitu 11 Februari 660SM.

Kaisar Jimmu, diyakini sebagai pendiri sekaligus kaisar pertama Jepang.

2

Menurut legenda, Jepang adalah negara tertua di dunia, yang sudah ada sejak 660 SM, dan didirikan oleh Kaisar Jimmu. Tentu saja ini didasarkan pada mitos yang ditulis dalam Kojiki, salah satu tulisan sejarah tertua yang ditemukan di Jepang. Meskipun begitu, situs CIA milik Amerika Serikat menuliskan bahwa tahun 660 SM adalah tahun berdirinya kekaisaran Jepang oleh Kaisar Jimmu. Tetapi mungkin saja Kojiki sebagian besar didasarkan pada fakta yang ada dan sebagian berdasarkan mitos, dan Kaisar Jimmu mungkin saja tidak pernah ada.

Kutipan dari situs CIA

3

Meskipun begitu, 11 Februari 660 SM diterima secara luas sebagai berdirinya kebudayaan Jepang, tetapi fakta sejarah yang ada menuliskan kaisar mula-mula Jepang adalah Kaisar Ōjin yang dipercaya berkuasa sekitar tahun 270 – 310 M. Sesudahnya, Kaisar Kimmei merupakan kaisar mula-mula Jepang yang tercatat periode kekuasaannya: 539 – 571 M.

Kaisar Ōjin

4

Pada abad ke-6, Jepang sangat berbeda dari Jepang yang kita kenal sekarang. Pada masa itu, Jepang diberi nama “Yamato“, dan kekuasaan kaisar tidak meliputi seluruh kepulauan Jepang modern.

Bagian berwarna merah adalah wilayah kekaisaran pada jaman Yamato

5

Antara jaman Yamato dan masa modern sekarang ini, banyak perang saudara yang terjadi dalam kepulauan Jepang. Menurut catatan, garis keturunan kerajaan tidak terputus sejak 660 SM, tetapi klaim tersebut diduga terlalu dibesar-besarkan, dikarenakan pada jaman Nanboku-cho terdapat 2 kaisar di Jepang, dan menetapkan sebuah tradisi di mana kaisar selanjutnya dipilih secara bergantian dari keturunan kedua kaisar tersebut.

Kaisar Go-daigo, pemrakarsa gagasan tersebut di atas.

6

Bagi beberapa sejarawan, Jepang belum ada sampai pengesahan Konstitusi Meiji pada 29 November 1890 yang menetapkan monarki konstitusional. Meskipun begitu, pemerintahan Meiji runtuh pada akhir Perang Dunia II, di mana setelah perang didirikan pemerintahan Jepang modern pada 3 Mei 1947, dan dianggap oleh beberapa sejarawan sebagai Jepang yang sebenarnya.

Kaisar Meiji

7

Kesimpulan yang bisa ditarik? Jika kita menganggap Jepang yang ada sekarang didirikan setelah Perang Dunia II, berarti umurnya belum mencapai 1 abad. Tetapi beberapa orang percaya bahwa konsep kenegaraan adalah penemuan moderen, dan kekaisaran Jepang sejatinya sudah berdiri sejak lama dikarenakan oleh budayanya yang sudah berumur dua ribu tahun.

Meskipun Kaisar Jimmu belum tentu nyata, dan meskipun tidak ada yang betul-betul tahu kapan Jepang didirikan, kita semua menganggap bahwa hari ini, 2.674 tahun yang lalu, merupakan hari lahir negara yang aneh, unik, menarik, dan indah ini.

Selamat ulang tahun, Jepang!

Source: en.rocketnews24.com

COMMENT