SHARE THIS ARTICLE

Aksi unik dilakukan oleh pemerintah Jepang dalam memancing minat masyarakat untuk rajin bayar pajak. Kota Seki di Prefektur Gifu baru-baru ini membuat pengumuman tentang pemberian hadiah 20 pedang Jepang buatan tangan kepada siapa saja yang membayar pajak furusato senilai 3 atau 5 juta yen.

Pajak furusato sebenarnya bukan pajak spesial, karena tidak diwajibkan untuk warga kota namun lebih merupakan donasi. Pasalnya sejak tahun 2008, kawasan pedesaan menghadapi tantangan populasi yang menurun. Untuk meningkatkan pendapatan kota pemerintah membuat program donasi ini dan biasanya diimbangi oleh hadiah spesial seperti produk lokal, kerajinan dan bahkan kesempatan untuk menjadi walikota.

Kini pedang yang ditawarkan sebagai hadiah bukan main-main. Untuk pedangnya sendiri, pemerintah Seki akan memberikan satu dari pedang-pedang legendaris berumur lebih dari 700 tahun. Termasuk pedang milik bangsawan seperti Seki no Magoroku. Donasi 5 juta akan mendapatkan satu dari pedang sepanjang 72 sentimenter yang dibuat oleh Mitsutoshi Ogawa, seorang pembuat pedang dan penerus dari teknik bersejarah 60 generasi yang termasuk aset budaya kota Seki.

Bila dirasa terlalu tinggi donasinya bisa membayar 3 juta yen untuk mendapatkan pedang buatan para pembuat pedang senior dengan sertifikasi  Sekiden Japanese Sword Training and Technology Preservation Society.

Tetap saja 3 juta yen bukan nilai yang main-main bukan?

Source : japantoday.com
COMMENT