SHARE THIS ARTICLE

Jepang ciptakan aplikasi smartphone untuk menjaga agar para wisatawan amanSebuah aplikasi smartphone baru yang akan membantu memandu orang-orang agar selamat selama bencana alam di Jepang telah diproduksi dalam tiga bahasa asing oleh perusahaan asuransi Jepang, Mitsui Sumitomo Insurance Co, menurut pejabat dari perusahaan tersebut. Aplikasi yang ditujukan untuk wisatawan dan pelajar pertukaran dari luar negeri ini akan tersedia untuk di-download gratis dalam bahasa Inggris, China dan Korea pada akhir bulan ini.

Seperti dilansir dari bangkokpost.com, sejak diluncurkan pada tahun 2012, versi bahasa Jepang dari aplikasi ini telah mengumpulkan lebih dari 500.000 download. Versi multibahasanya, akan memiliki fungsi yang sama seperti aslinya. Aplikasi ini menyediakan peta yang menandai beberapa pusat evakuasi terdekat, yang dapat diakses bahkan ketika smartphone terputus dari internet. Dengan mengarahkan kamera smartphone mereka ke bangunan di sekitar mereka agar aplikasi tersebut dapat mengenalinya, para penggunanya bisa mendapatkan arah ke pusat evakuasi terdekat.

Untuk mempublikasikan lokasi dari pusat-pusat evakuasi tersebut melalui versi berbahasa Jepang dari aplikasi ini, Mitsui Sumitomo Insurance telah mencapai kesepakatan dengan tujuh pemerintah daerah di seluruh Jepang.

Source : bangkokpost.com
COMMENT