SHARE THIS ARTICLE

Space Junk

Kalian mungkin tidak berpikir tentang hal itu, tetapi ruang angkasa penuh dengan puing-puing yang mengambang dari berbagai perangkat yang tidak biasa seperti satelit/alat-alat berbahan logam. Dan tampaknya Jepang akhir-akhir ini telah berminat untuk membantu bukan hanya untuk menyelamatkan negerinya, tapi juga ruang angkasa. Tapi ide mereka melakukannya lebih dari sekedar menarik.

Japan Aerospace Exploration Agency (Jaxa) telah muncul dengan sebuah ide untuk membantu menghapus semua puing-puing ruang angkasa yang tidak penting itu. Ide itu adalah jaring raksasa ruang angkasa yang sepanjang lebih dari 1.000 feet (304,80 meter)! Japan Aerospace Exploration Agency akan meluncurkan jaring ini ke orbit dengan harapan dapat menangkap beberapa dari puing-puing untuk membantu melindungi komunikasi dan stasiun ruang angkasa.

1.000 feet sepertinya adalah jaring yang panjang, tetapi ketika kalian mengukur ruang dengan 1.000 feet, kalian akan mulai mempertanyakan metode drastis ini. Tapi selama untuk alasan perlindungan dan pembersihan kecil di daerah VIP ini cukup masuk akal.

Lucunya, jaring yang diproduksi oleh JAXA ini dikembangkan oleh upaya bersama dari perusahaan perikanan. Jadi pada dasarnya Jepang meluncurkan jaring raksasa dalam upaya untuk menangkap semua “ikan” ruang angkasa alias sampah logam.

space-net-japan (2)

Usaha mereka berikutnya adalah akan meluncurkan jaring yang lebih panjang dengan ukuran sekitar setengah mil dalam upaya untuk menghapus puing-puing yang jauh lebih besar dari orbit. Apakah jaring raksasa ruang angkasa ini hanya ide gila atau memang mengagumkan?

Source : japanrealm.com
COMMENT