SHARE THIS ARTICLE

Sebanyak 300 perusahaan Jepang akan bekerjasama mengembangkan 100 jenis robot. Robot ini ditargetkan akan membantu tugas dan aktivitas sehari-hari mulai tahun 2020. Konsorsium yang menamakan dirinya i-RooBO Network Forum diluncurkan, Selasa (2/7).

tangan-robot-ilustrasi-_140627142415-599
Tangan robot. Ilustrasi

Mereka merencanakan untuk membuat robot yang memiliki kemampuan bicara, mereka akan membuat robot sebagaimana suster merawat pasien rumah sakit. Robot ini dirancang bisa berkomunikasi melalui internet.

Kita berharap bisa menciptakan robot yang bisa melayani sesuai standard internasional, menggunakan teknologi terbaru dan mengetahui standardisasinya,” ujar profesor Hideyuki Tokuda, dari Universitas Keio yang didaulat sebagai ketua konsorsium ini kepada Nikkei.

Konsorsium ini terdiri dari perusahaan-perusahaan terkemuka dan berbagai organisasi seperti Nippon Telegraph and Telephone, Toyota Motor, dan Toshiba. Perusahaan ini juga mengajak serta perusahaan pengembang robot dan perusahaan-perusahaan kecil.

Konsorsium ini akan menerima order melalui website yang dikelola bersama oleh perusahaan anggota. Proyek ini nantinya akan memanfaatkan crowdfunding dengan melibatkan individu pengguna internet untuk ikut mengumpulkan dananya.

Source : republika.co.id
COMMENT