SHARE THIS ARTICLE

Japanese_Whisper_Yogya

Untuk ketiga kalinya, kolektif indie Yogyakarta Common People menggelar rangkaian pertunjukan musik di bawah tajuk Japanese Whispers. Acara ini akan diadakan di dua kota, Yogyakarta (7 Februari 2014) dan Jakarta (9 Februari 2014). Japanese Whispers #3 menampilkan duo pop asal Jepang, KONCOS, beserta sederetan musisi lokal.

Di Yogyakarta, KONCOS akan berbagi panggung dengan Answer Sheet dan Waza. Sedangkan di Jakarta, mereka akan tampil bersama Clover, Puti Chitara dan Tokyolite. Jika Japanese Whispers #1 bernuansa shoegaze/dream pop dan #2 menghentak dengan indie rock, sajian musik kali ini mengarah pada genre Shibuya-kei dengan sedikit sentuhan pop ala Prancis, folk dan jazz ringan.

Japanese Whispers adalah pentas musik yang tumbuh dari pertukaran musisi independen di Jepang dan Indonesia. Acara ini bertujuan antara lain untuk membangun hubungan kerja sama antara pelaku scene musik independen dan saling memperkenalkan musisi di kedua negara.

Cikal bakal acara ini berawal pada tahun 2010. Outerbeat, program radio mingguan Common People, mengadakan siaran bertema Japanese shoegaze (J-shoegaze) yang didengarkan oleh personel dua band J-shoegaze, Texas Pandaa dan Luminous Orange. Terkesan dengan scene musik tanah air, Texas Pandaa menyatakan tertarik untuk datang. Tahun 2011, mereka tampil di edisi perdana Japanese Whispers di Yogyakarta dan gig Hyperborea di Bandung.

Sebagai kunjungan balasan, band indie pop asal Yogyakarta Brilliant at Breakfast diundang untuk tampil di daerah Koenji dan Shibuya, Tokyo, Jepang, tahun berikutnya. Di Shibuya, mereka berbagi panggung dengan Mitsume, yang lantas tertarik untuk datang ke Indonesia dan akhirnya tampil di Japanese Whispers #2, Maret 2013.

Penjualan tiket pre-sale akan dibuka pada pertengahan Januari 2014. Bagi para penggemar budaya Jepang maupun penikmat musik independen pada umumnya, acara ini sayang jika dilewatkan.

 

***

 

Detail acara

JAPANESE WHISPERS #3

7 Februari 2014
Auditorium Institut Français Indonesia (IFI-LIP), Yogyakarta
Menampilkan:
– KONCOS (Japan) | www.koncos.net
– WAZA |  www.myspace.com/WAZAism
– Answer Sheet | www.answersheet.co.nr

9 Februari 2014
Mondo Cafe, Kemang, Jakarta
Menampilkan:
– KONCOS (Japan) | www.koncos.net
– Clover | www.facebook.com/weareclover
– Tokyolite | www.facebook.com/tokyolite
– Puti Chitara | www.putichitara.org

Kontak

Penyelenggara: Common People
Situs web: http://commonpeopleyk.wordpress.com
Twitter: @commonpeopleyk
CP: Azam (+6281328082087)

COMMENT