SHARE THIS ARTICLE

Japan Kingdom of Characters adalah nama dari sebuah pameran karakter Pop Culture Jepang yang diselenggarakan oleh Japan Foundation dan Galeri Nasional Indonesia pada tanggal 4 – 23 Maret 2014 di Galeri Nasional Indonesia (Seberang Stasiun Gambir), Jakarta.

Di tempat ini kita dapat melihat lihat berbagai karakter anime Jepang yang dibawakan langsung dari Jepang dan bebas untuk berfoto-foto atau mempelajari asal usul karakter-karakter tersebut melalui buku yang dibagikan saat registrasi masuk. Pameran ini tak dipungut biaya lho, alias gratis!

JS01

JS02

Dari depan pintu masuk terdapat patung Ultraman yang berdiri dengan gagah menyambut pengunjung, lalu saat mengelilingi di setiap lobby-nya ada patung Hello Kitty, Gundam, Rei Ayanami, Sentokun, Boneka Namisuke, Pikachu, dan berbagai action figure yang ada di dalam kotak kaca. Pada setiap pajangan karakter terdapat keterangan tertulis yang menceritakan tentang karakter tersebut.

JS03

JS04

JS06

JS07

JS09

JS12

JS13

JS14

Selain itu terdapat berbagai gambar-gambar karakter terkenal yang ada di dinding beserta keterangan tahun lahirnya karakter tersebut. Contohnya, karakter Doraemon dan Gundam yang lahir di tahun 1980. Ultraman, Astro Boy, Hattori-kun yang lahir di tahun 1950-1960. Pikachu, Sergeant Keroro, Rilakkuma lahir di tahun 2000. Beserta gambar-gambar karakter lainnya yang mewakili setiap provinsi di Jepang.

JS05

JS15

JS16

JS17

JS18

JS19

JS20

JS21

Di sana juga terdapat beberapa banner yang menggambarkan masyarakat Jepang yang menggunakan tokoh-tokoh karakternya dalam kehidupan sehari-hari, contohnya yaitu gantungan kunci/pernak-pernik, topi, komik, baju, makanan (pada nasi/lauk yang dibuat menjadi karakter), dan sebagainya, serta mereka terlihat senang menggunakannya.

JS10

Di salah satu lobby ada ruangan khusus yang semuanya bertema Hello Kitty (kamar Hello Kitty), dari tas, pakaian, jam dinding, sandal, sprei kasur, selimut, kalender, dan lain-lain bersama dengan foto banner pemiliknya yang cantik yang menjadi model di Japan Kingdom of Characters.

JS11

Pada tanggal 9 Maret 2014 di tempat ini ada pengajaran bahasa Jepang yang gratis oleh Ken MORIBAYASHI dari Japan Foundation. Pengajaran ini dinamakan ‘Experiencing Japanese Language through Characters’ di Lobby Gedung A, Galeri Nasional Indonesia.

JS08b

JS08

Dan tanggal 16 Maret 2014 terdapat acara ‘Character Business’ oleh Kohey HARA dari Tokyo Gets di Bangsal Room, Galeri Nasional Indonesia.

JS22

JS23

Jepang sangat berkembang dengan banyaknya karakter anime di sekitarnya. Di pameran ini kita dapat belajar dari Jepang bagaimana mereka dapat sukses dengan karakter-karakter tersebut, Kohey HARA telah berkeliling ke berbagai negara di Asia untuk mempelajari tentang karakter-karakter yang ada, ia melihat adanya potensi di Indonesia ini untuk mengembangkan karakter yang asli dari Indonesia. Untuk mengembangkan market ini butuh strategi dan belajar dengan baik.

Pada acara ‘Character Business’ ini juga mempromosikan acara Jepang selanjutnya seperti Clas:H dan Ennichisai di Blok M beberapa bulan lagi.

JS24
Foto bersama, Kohey Hara (Pembicara dari Tokyo Gets), Emi Takeya (Penerjemah bahasa Jepang), Tadashi Ogawa (Director General), dan Hashimoto Ayumi (Assistant Director)

JS25

cover JS

“Kami berharap melalui pameran ini para pengunjung bisa memahami ikatan kuat yang dimiliki masyarakat Jepang dengan karakter-karakter ciptaan mereka.” Akira Hiroyuki ~ President, Character Research Institute Co., Ltd

==========================================

Foto dan Artikel oleh: @fredyfinal
Narasumber: Buku berita acara Japan Kingdom of Characters

COMMENT