SHARE THIS ARTICLE

1

 

Bagi Anda yang belum terbiasa dalam dunia per-idol-an, (istilah yang digunakan penganut paham ini, biasa disebut “wota“), manajemen idol group di Jepang sudah sering menggunakan strategi yang sama untuk mendongkrak penjualan mereka: memberikan hadiah spesial bagi orang yang membeli 1 jenis CD idol group mereka (single ataupun album) lebih dari 1 kopi, seperti tiket untuk berjabat tangan dengan grup (cuma jabat tangan, tidak lebih), dan salah satu idol group di Jepang bahkan mengijinkan anda untuk pergi berkencan bersama salah satu member jika membeli sebanyak yang ditentukan, pada kasus ini minimal 50 buah kopi, dan pemenangnya adalah mereka yang membeli paling banyak.

Sejauh ini hadiah idaman paling sering dirilis oleh AKB48, salah satu raksasa musik di Jepang. Kesetiaan fans idol group ini bisa dikatakan sangat luar biasa, dan sudah terkenal di mancanegara. Kami juga bahkan terkejut melihat seberapa banyak uang yang rela dikeluarkan oleh 1 orang penggemar demi idola mereka.

Member aktif AKB48 yang cukup banyak (lebih banyak lagi jika anda menghitung junior member mereka yang disebut “trainee“) membuat manajemen menjadi sulit untuk melatih koreografi. Jadi manajemen mengambil tindakan, yaitu memisahkan member pada tiap – tiap grup kecil berdasarkan polling popularitas, yang disebut “Elections” dan dilakukan secara rutin dan berkala oleh manajemen mereka. Semakin banyak suara yang diperoleh 1 member, maka semakin besar fokus yang diberikan pada member tersebut pada lagu, video, dan/atau konser berikutnya.

Pemilihan ini juga tidak dilakukan di website resmi AKB48, melainkan menggunakan kertas suara yang disertakan dalam CD AKB48 yang telah ditentukan. Tidak seperti pemilihan politik, voting lebih dari 1 bukan hanya tidak dilarang, melainkan para fans didorong untuk memberikan vote lebih dari 1 kali, dan para member juga mengharapkan demikian.

Dua kali pemilihan terakhir merupakan hal yang kurang menyenangkan bagi salah satu member yang berusia 16 tahun, Juri Takahashi, yang gagal masuk dalam daftar top 48. Untungnya kali ini ia mendapatkan sponsor yang cukup mapan, dan si penggemar yang tidak diketahui identitasnya ini memiliki tekad yang kuat untuk memasukkan idolanya ke dalam daftar top 48, bahkan menduduki puncaknya.

Jadi, seberapa serius penggemar tersebut? Silakan Anda lihat sendiri foto di bawah.

2

 

1

 

Anda bingung itu apa? Itu adalah setumpukan kardus yang berisi CD edisi pemilihan (berisi kertas suara). Seberapa banyak uang yang digelontorkan sponsor Nona Takahashi ini? Kira – kira 31.502.400 yen ($311.905,-) atau sekitar Rp 3.559.771.200,-. Ya benar, 3 Milliar Rupiah. Jumlah yang cukup fantastis mengingat kegunaannya.

Para pengguna internet tentu saja memiliki banyak komentar:

 “Bodoh.”

 “Sangat bodooooooooh!”

 “Hei, ini mungkin membantu perekonomian Jepang.”

 “Cukup menyeramkan. Sekarang, CD – CD itu mau diapakan?”

Pertanyaan terakhir ini cukup bagus, melihat lantai tempat penyimpanan kardus-kardus ini tentulah bukan rumah ataupun apartemen si penggemar. Jika Anda membeli begitu banyak CD dan harus menyimpannya di kantor, Anda baru saja berpindah sisi dari “penggemar” menjadi “obsesif/maniak”.

Dan seandainya anda juga telah menggelontorkan uang cukup banyak untuk membeli CD mereka, coba tanyakan hal ini pada diri Anda: “Bukankah lebih murah memproduksi sendiri CD beserta kertas suaranya daripada harus membelinya?”

Atau jika tidak, dengan uang sebanyak itu Anda dapat membeli sahamnya dan menjadi salah satu anggota eksekutif manajemen, dan berinteraksi setiap hari dengan SEMUA member.

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT