SHARE THIS ARTICLE

Jamur Shitake, Si Kecil Dari Jepang Dengan Khasiat BerlimpahJamur merupakan salah satu bahan makanan yang sangat mudah dimasak. Walaupun bukan termasuk dalam kategori tumbuhan, tapi jamur sudah dimasukkan dalam kategori sayur-sayuran yang memiliki khasiat lebih untuk kesehatan.

Salah satu jenis jamur yang dikenal karena memiliki rasa yang lezat dan manfaat yang berlimpah adalah jamur shitake. Jamur yang berasal dari Jepang ini sering didapatkan dalam menu masakan Jepang. Tapi walaupun begitu, jamur shitake juga cocok untuk dijadikan sebagai tambahkan dalam berbagai resep makanan Indonesia.

Seperti dikutip dari laman stylecraze.com, berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa didapat dari jamur shitake.

Menurunkan kolesterol

Jamur shitake dikenal sebagai makanan yang tinggi akan kandungan serat. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan kalau jamur shitake bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan memiliki senyawa anti-kolesterol sehingga sangat baik untuk membuang kolesterol jahat dari dalam tubuh. Anda tinggal memasak jamur shitake ini dalam berbagai variasi makanan kesukaan anda.

Mengatasi penyakit thrombosis

Jamur shitake mempunyai sifat anti-inflamasi dan kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga. Hal inilah yang membuat jamur shitake bisa melawan dan meredakan radang pada kulit dan organ dalam tubuh lainnya, termasuk pembuluh darah. Selain itu, jamur shitake juga bersifat anti-inflamai yang sangat baik untuk meredakan pembengkakan.

Bersifat anti-kanker

Dalam jamur shitake, terdapat kandungan senyawa lentinan, yang merupakan senyawa anti-kanker yang sangat kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan kalau lentinan dalam jamur shitake ini bisa dapat mencegah kanker lebih baik dari bahan makanan alami lainnya.

Melawan penyakit autoimun

Jamur shitake sudah lama dikenal untuk memerangi sejumlah gangguan autoimun yang kebanyakan dipicu oleh adanya aktivitas virus, dalam hal ini termasuk hepatitis B dan HIV. Bahkan belakangan ini, ekstrak jamur shitake dipercaya memiliki efek yang lebih kuat untuk melawan sel-sel tubuh yang terinfeksi oleh HIV dibandingkan dengan obat anti-HIV seperti AZT atau azidothymidine yang selama ini dikonsumsi oleh penderita HIV.

Mengatasi anemia

Jamur shitake juga memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Dengan mengonsumsi jamur shitake secara teratur, dipercaya bisa merangsang produksi trombosit lebih banyak dan mampu mencegah anemia anda kambuh. Mengonsumsi jamur shitake juga dipercaya akan mampu memperkuat sistem imun anda. hal inilah yang menyebabkan tubuh anda lebih kebal dari serangan berbagai macam penyakit.

Source : bundakonicare.com
COMMENT