SHARE THIS ARTICLE

Maskapai penerbangan Jepang Japan Airlines (JAL) dan Studio Ghibli meluncurkan sebuah pesawat jet Boeing 787 yang dihiasi oleh pendiri Ghibli sendiri, Hayao Miyazaki dan tujuh orang pemenang dari kontes seni anak-anak di Bandara Haneda Tokyo pada hari Sabtu.

JAL telah bekerja sama dengan Ghibli pada film Porco Rosso, dan mengadakan kontes seni pada tahun 2007 hingga 2008 untuk menggambar pada anggota terbaru armadanya, Boeing 787 Dreamliner. Sayangnya, Boeing menunda pengiriman 787 selama lima tahun dan JAL mengajukan kebangkrutan pada tahun 2010, sehingga JAL harus menunggu sampai saat ini untuk memamerkan pesawat jet tersebut sebagai bagian dari Proyek Sora o Tobu (Fly the Skies) milik mereka.

Pesawat jet ini menampilkan seni dari Hayao Miyazaki, pemenang grand prize Yuuko Yamaguchi dari Prefektur Tokushima, dan enam orang anak pemenang lainnya yang terpilih dari 13.474 peserta. Yuuko masih berada di kelas 5 SD saat ia memenangi perlombaan itu, namun ia menghadiri pembukaan hari Sabtu lalu sebagai remaja yang telah berusia 15 tahun. Pemenang lainnya, Futoshi Konta, tinggal di Shanghai saat ia memenangi lomba, namun kini ia tinggal di Prefektur Yamagata.

Sebagai bagian dari Proyek Sora o Tobu, dalam penerbangannya JAL akan memutar film Porco Rosso dan Kūsō no Sora Tobu Kikai-tachi (The Machines that Fly the Skies of Dreams), sebuah film animasi singkat oleh Hayao Miyazaki. Ia tidak saja menyutradarai film animasi tersebut, tapi juga memberi narasi di dalamnya.

Hayao tidak dapat hadir dalam pembukaan tersebut; produser Ghibli Toshio Suzuki menjelaskan bahwa Hayao sedang mengerjakan sebuah film “dengan banyak pesawat terbang”. Sutradara anime Osamu Kobayashi (Beck, Paradise Kiss) melaporkan pada bulan Juli bahwa ia mendengar bahwa karya terbaru Hayao akan menceritakan kisah perancang Zero Fighter, pesawat tempur Mitsubishi A6M Zero yang digunakan oleh Angkatan Laut Kekaisaran Jepang selama Perang Dunia II.

sumber : animenewsnetwork.com

pics : mainichi.jp

COMMENT