SHARE THIS ARTICLE

j-fans-festival

Jakarta 16-17 februari 2013

J-fans festival yang rencananya akan di adakan tgl 19-20 januari terpaksa di tunda hampir 1bulan karena bencana banjir yang menimpa kawasan pluit dan sekitarnya. Walaupun sempat tertunda selama kurang lebih 1 bulan namun animo pengunjung tetep besar. Terbukti dari jumlah pengunjung untuk event ini lebih dari 3000 orang selama 2 hari.

j-fans-festival

j-fans-festival

Hari pertama j-fans festival di buka dengan perlombaan band dan karaoke secara terbuka. Inilah yang membedakan event ini dengan event jepang lainya. Dimana penjurian suatu band di lakukan secara live di atas panggung. Bukan di audisi di studio. Sebanyak 20 band yang mendaftar untuk kompetisi band tercatat hanya 4 band yang berasal dari Jakarta, selebihnya dari luar kota seperti bandung, bogor, sampai jogyakarta. Juri band sendiri merupakan orang2 yang sudah professional dan memiliki jam terbang yang cukup tinggi di bidangnya. Antara lain amos wu, alicka, andreas pranata, dan ilham syarulla. Sedangkan juri untuk karaoke terdiri atas 2 orang yang sudah familiar di dunia tarik suara yaitu barry dari band amakusa dan ilham sebagai juri pelafalan.

j-fans-festival

j-fans-festival

Kompetisi berjalan sangat sengit hingga pukul 6 sore. Setelah magrib pun pengumuman untuk lomba band dan karaoke akan di umumkan. Tentunya sudah di tunggu oleh banyak orang. Namun sebelum itu ada pertujukan cosplay cabaret dari skoater akademi. Akhirnya yang lolos untuk band ada 5 grup band  antara lain ohayou, saido project, kimochi, the agony dan volcanoes. Sedangkan untuk karaoke terpilih juga 5 orang peserta. Semakin malam suasana semakin ramai karena band yang di tunggu menjadi guest star akhirnya tampil juga. Honeybeat merupakan GS pada hari pertama. Di lanjutkan dengan band zeal yang membawakan lagu2 anime dan Kyuusenshi yang membawakan lagu dari pierrot. Di hari pertama juga di adakan lomba cosplay on the street yang di menangkan oleh karakter Bejita.

j-fans-festival

j-fans-festival

Hari kedua j-fans festival mendapat animo yang luar biasa, dengan perkiraan pengunjung lebih dari 2000 orang menjadikan tempat di adakan festival ini semakin ramai dan sulit di lewati orang . dengan pengunjung cosplayer yang terlihat sangat menarik dan karakter yang beragam. Hari kedua merupakan puncak acara dari event ini. Event di buka dengan pertunjukan dari para juri band final antara lain Pondra dari sony music Indonesia , andreas, amos dan ilham. Setelah kompetisi final band maka di lanjutkan dengan final karaoke dengan juri Wibi dari band Obake dan ilham untuk pelafalan bahasa jepang.

Band featuring pertama yaitu meyza membuka sore yang cerah ini. Semakin sore semakin rame. Karena pada hari kedua ada penampilan dari band semarang yang sudah ditunggu2 oleh banyak pengunjung, antara lain Giga of Spirit, sekazo4, d’arc alice, the lemonade, penonton pun jingkrak2 d dpn panggung. Membuat area acara yang terletak di lantai 1 pun bergetar. Cosplay competition di hari kedua merupakan acara yang paling di tunggu oleh para cosplayer karena juri cosplay merupakan orang yang sudah banyak berjasa di bidang ini. Yaitu Richfield edbert alias Richie , ryuuta dan miho.

j-fans-festival

Malam pun datang, setelah magrib ada Flashmob memeshikute yang sudah ditunggu oleh ratusan pengunjung. Ini merupakan flashmob memeshikute yang pertama kali di buat di event jepang dengan peserta terbanyak. Begitu lagu di mainkan maka semua pengunjung pun menari mengikuti instruktur di atas panggung. Flashmob berjalan hampir 10 mnt. Setelah itu ada penampilan dari Blackmorak yang melanjutkan kemeriahan acara ini. Suasana pun kembali meriah. Dan akhirnya pengumuman pemenang band, karaoke dan cosplay. Pemenang band terdiri atas 3 grup band antara lain juara 1 ohayou dari bekasi, juara 2 the agony yang berasal dari jogja, juara 3 volcanoes yang berasal dari gandul. Untuk karaoke juara 1 anatasasia priska, alvian dan mari, sedangkan juara cosplay di menangkan oleh:

j-fans-festival

Juara 1: Adhikara (Silver Fanged Zero)
Juara 2: Franco ( Gaara)
Juara 3: Wuri (Kamen rider W-fang joker).

Di sela2 acara kami mewawancari salah satu panitia yaitu Sas Kwan tentang event pada hari ini. Dan kalimat yang terucap hanyalah luar biasa untuk animonya.

Selesai pengumuman masih ada penampilan dari band sebagai penutup event ini yaitu monalisagiga of spirit dan guest star hari kedua ada OBAKE yang mengakhiri event ini dengan sempurna.

Event ini di organized oleh blitz eo dan J-Fans United

Credit: NipponClub.net

COMMENT