SHARE THIS ARTICLE

url

Iso-onna adalah hantu Jepang menyerupai vampir berbahaya yang berasal dari Kyushu dan wilayah Jepang Barat lainnya. Iso-onna biasanya memangsa nelayan dan wisatawan yang berkunjung di daerah pantai berbatu. Dalam kebanyakan kasus, mereka muncul sebagai wanita cantik yang baru saja keluar dari air dalam keadaan basah kuyup, rambut mereka panjang dan kusut dan mata mereka terlihat berat, pakaian mereka menempel hampir transparan dengan kulit mereka. Dari pinggang ke atas mereka tampak seperti wanita biasa, sementara dari pinggang ke bawah mereka sedikit buram dan transparan. Di beberapa daerah, Iso-onna dikatakan memiliki tubuh seperti ular Nure-onna, sementara di wilayah lain mereka dikatakan cukup besar untuk menghancurkan kapal-kapal di laut, seperti umi-bouzu. Mereka juga memiliki kemampuan untuk menyamarkan diri mereka dengan sempurna ketika mereka tidak ingin terlihat.

isoonna

Ketika Iso-onna muncul untuk memangsa manusia di pantai berpasir, mereka terlihat seperti wanita cantik, menatap jauh ke laut. Ketika seseorang mendekati dan mencoba berbicara kepada mereka, mereka berbalik dan akan mengeluarkan jeritan yang seketika akan melukai korban mereka. Kemudian bulu mata mereka keluar untuk menyeret mangsanya ke laut, di mana mereka menguras darah korban mereka dengan rambut mereka.

Di pantai berbatu tanpa pasir, Iso-onna muncul duduk di tebing dan berteriak kepada orang yang lewat dengan suara menakutkan. Korban-korban mereka akan terpesona dan seketika berjalan lurus ke arah mereka, mengabaikan bahaya yang akan mereka dapatkan setelahnya. Mereka berjalan dari tebing dan mati karena terjatuh, sehingga Iso-onna dapat dengan leluasa memakan tubuh mereka. Iso-onna kadang-kadang ditemui jauh di laut, tetapi mereka melakukan tindakan yang sama seperti yang mereka lakukan di darat, menangkap mangsa manusia dan menguras darah korban mereka menggunakan rambut panjang mereka. Iso-onna yang paling sering ditemui adalah selama musim liburan Obon dan malam tahun baru, dan mereka kadang-kadang bekerja sama dengan Ushi-oni untuk menangkap mangsanya.

Source : yokai.com
COMMENT