SHARE THIS ARTICLE
Isi Pesan Backmasking Lagu Penutup 'Dragon Ball Z'
‘Dragon Ball Z’ (Foto: Google)

Backmasking alias teknik perekaman suara atau pesan secara terbalik sering kali diidentikkan dengan ancaman atau promosi satanisme. Namun demikian, isi pesan backmasing yang terdapat pada lagu penutup serial televisi JepangDragon Ball Z’ tidaklah seperti itu.

Beberapa di antara kalian mungkin pernah bertanya-tanya mengenai kalimat apa yang sesungguhnya mengisi bagian awal lagu ‘Detekoi Tobikiri Zenkai Power!’ yang dibawakan oleh MANNA. Kini, misteri pada lagu yang digunakan dalam 194 episode pertama ‘Dragon Ball Z’ itu pun telah terungkap.

Saya ingin membuat lagu ini lebih menarik jadi saya berpikir untuk menyelipkan kata-kata tidak bermakna pada bagian intro dan selingan. Saya ingat pernah mendengar bahwa untuk bahasa alien pada adegan bar di film ‘Star Wars’ (adegan Mos Eisley Cantina) mereka menggunakan kata-kata dari bahasa penduduk minoritas yang diputar mundur dengan efek tambahan di bagian atasnya,” ungkap Ike Takeshi, penulis lagu anime Jepang tahun 1980-an, seperti dikutip dari RocketNews24.

Lantas, apakah kata-kata yang diselipkan oleh Takeshi? Bunyi dari kata-kata tersebut adalah: “Shimizu Kenji, Ike Takeshi, Tokieda Tatsuhiro, Uchida Takashi, Yamamoto Kenji, Yanagi Hanae, Nomura Takashi, ganbattannda!” Ya, Takeshi ternyata menyebutkan nama orang-orang yang terlibat dalam pembuatan ‘Dragon Ball Z’.

Saya mencantumkan nama orang-orang di studio dan para staf yang terlibat, membaca semuanya, dan merekamnya pada kaset enam milimeter. Lalu, saya memutar mundur kaset itu, menggeser nadanya, dan melapisinya pada bagian intro dan selingan. Ternyata sangat pas. Itu adalah cara saya untuk menyatakan bahwa orang-orang tersebut telah membuat lagu ini,” tambah Takeshi.

So, jika kalian masih penasaran, dengarkan saja video berikut ini:

Source : yangmuda.com
COMMENT