[INTERVIEW] Shojo Complex, Idol Group Unik Dwibahasa


Shojo Complex

Selain DJ Kazu dan Baozi&Hana, inilah satu satu lagi pesohor yang berhasil JAPANESE STATION wawancarai pada acara AFA Creators Super Fest yang diadakan pada 29-30 April 2017 lalu, Shojo Complex. Shojo Complex sendiri didaulat menjadi pengisi acara pada dua hari berlangsungnya acara tersebut di Jakarta. Apa saja sih yang diceritakan oleh idol group yang satu ini? Yuk simak bersama di bawah ini!


Shojo Complex selalu menyanyikan lagu dengan lirik dalam 2 bahasa, yaitu bahasa  Indonesia dan Bahasa Jepang. Apakah ada kesulitan karena hal itu? Apakah para anggota Shojo Complex mempelajari Bahasa Jepang secara khusus untuk mengatasi hal itu?

Program Shojo Complex memang ada belajar bahasa Jepang, seminggu dua kali. Kalau kesulitan, pastinya ada, karena nggak semua dari kita sudah lancar Bahasa Jepang. Selain itu ketika diajarin sama guru Jepangnya, guru vokal Jepangnya susah banget, kayak beliau bilangnya begini, begini, begini, kita beda, atau nggak sama, begitulah…lebih ke pelafalannya.

Beberapa waktu yang lalu Shojo Complex telah mengadakan pertunjukan di Jepang, bisa ceritakan kesan-kesan bisa mengadakan pertunjukan di Jepang, serta pengalaman menarik apa yang paling terkenang dari pertunjukan tersebut?

Yang pasti seneng banget, kan sesuatu yang diimpi-impikan, perform di Jepang itu, terus akhirnya kesampaian juga. Udah gitu, seneng, gitu, penontonnya juga, ketemu penonton baru, kalau biasanya yang nonton orang Indonesia, sekarang yang nonton orang Jepang, nih. Terus sambutan mereka hangat banget. Kita pikir nggak ada yang tahu kita kayaknya di sana, ternyata, meskipun mereka nggak tahu kita siapa, mereka tetep antusias, makanya kita seneng banget.

Kalau pengalaman menariknya, pas banget waktu kita manggungnya itu hujan, dan lumayan gede juga hujannya, sampai dibikin tenda dadakan gitu di atas panggung. Dan panggungnya juga basah, basahnya kayak banjir gitu, menggenang, sampai ada yang kepeleset, jatuh segala macem gitu. Yah, pengalaman gitu, dengan segala kecelakaan yang ada tapi tetep enjoy, dan berjalan lancer.

Sekarang Shojo Complex sudah ada 2 generasi, apakah di antara yang tampil hari ini ada yang berasal dari geneerasi kedua?

Nggak ada. Jadi sekarang member generasi 1-nya semua di sini, 13 orang, terus kuta punya member generasi ke-2 yang masih trainee, ada 8 orang.

Shojo Complex sekarang sudah mempunyai berapa single?

Kita lagu original ada 2, lagu cover ada 2. Sebenernya kita ada satu lagu original lagi, tapi masih baru. Itu kemarin sempet dibawain di Jepang tapi di Indonesia belum dibawain. Oh, sama satu lagu dari Sakur4


Untuk tiap single, pemilihan center-nya seperti apa?

Ditentuin sama manajemen.

Untuk anggota unit Sakur4, tentu ada perbedaan antara melakukan pertunjukan dengan unit dan dengan grup secara keseluruhan. Apa saja sih perbedaannya?

Mungkin bisa dijelasin sama Anin dan Rara?

(Anin) Mungkin ngerasain bedanya itu lebih ke image yang dibawain di atas panggung, sih. Kayak misalnya, kalau sama Shojo Complex, harus banyak senyum, ceria, pokoknya ekspresif banget, terus kalau jadi Sakur4, lebih kayak pembawaannya harus yang cewek kuat, terus harus yakinin kalau bisa jadi pahlawan, kayak gitu-gitu deh.

(Rara) Beda suasananya, kayak kalau di backstagenya, kalau sama Shojo Complex kan kayak, ber-13 gitu terus jadi rame, gitu kan..kita udah kebiasaan rame begitu, sedangkan kalau Sakur4 itu kan Cuma 4 orang, jadi, kesannya kayak sepi banget gitu.

Single kalian ada yang digunakan untuk menjadi soundtrack film Bima Satria Garuda, bagaimana perasaannya bisa terlibat langsung dengan film tersebut?

Seneng banget. Kita ketemu sama pemainnya. Apalagi Juli, yang suka banget nonto Bima Satria Garuda.

(Juli) Aku kan suka banget ngikutin Satria series, jadi pas tau kita itu terlibat dalam film Satria Heroes, itu seneng banget. Jadi bisa berpartisipasi di film kesukaan aku, gitu.

Apakah Juli juga secara khusus mengikuti tokusatsu juga atau hanya Bima saja?

Aku sih, kalau tokusatsu nggak begitu ngikutin, kayak Kamen Rider gitu kan, aku waktu Itu masih terlalu kecil buat nonton itu kan. Aku paling nontonnya Power Rangers, kayak gitu-gitu aja, sih.

Lagu yang dibawain oleh Sakur4 buat Bima Satria Garuda itu, judulnya Justice Knight. Dari judulnya saja sudah terasa berbeda dengan lagu yang biasa dibawakan oleh Shojo Complex. Apa sih yang berbeda dari lagui ini dibandingkan dengan lagu-lagu Shojo Complex yang lain?

Image-nya berbeda. Dari aliran musiknya saja sudah berbeda, kalau Shojo Complex kan lebih ke pop-elektro, kalau lagu Justice Knight itu lebih ke rock alirannya. Selain itu, liriknya isinya tentang melindungi…macho banget deh pokoknya. Kalau Shojo Complex kan lebih tentang mimpi atau cinta.


What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
3
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes