SHARE THIS ARTICLE

Menjadi pemeran Kamen Rider pertama jelas bukan pekerjaan main-main bagi seorang aktor laga, apalagi melihat sekarang di mana serial ini menjadi salah satu yang paling bersinar di dunia tokusatsu. Hiroshi Fujioka, pemeran Takeshi Hongo atau Kamen Rider Ichigo adalah salah satu contoh sukses dalam menjadi yang pertama dan selanjutnya menjadi legenda.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, aktor kawakan Jepang ini singgah di Indonesia dalam agenda Indonesia Comic Con 2016 (ICC 2016). Japanese Station berhasil mengikuti kegiatannya dari acara sosial di panti asuhan Putra Nusa hingga pertemuannya dengan para penggemar di ICC 2016. Berikut hasil rangkuman wawancara Japanese Station dengan sang legenda selama kegiatannya di Indonesia:

Bagaimana perasaan Hiroshi Fujioka terhadap fans di Indonesia? Apalagi setelah bertemu langsung di sini (ICC 2016)?

Saya sangat senang kalau di Indonesia Kamen Rider itu dikenal banyak orang. Saya teharu juga dengan mereka semua. Tidak menyangka bila fans Kamen Rider banyak sekali di sini.

Apa sosok Kamen Rider itu sendiri untuk Fujioka?

Dalam diri Kamen Rider, saya melihat adanya jiwa seorang Samurai di dalamnya. Sosok Kamen Rider itu bertarung sendirian melawan musuhnya. Memberikan harapan dan keberanian, saya harap sosok seperti itu tetap ada.

Ada kesulitan yang Fujioka rasakan selama memerankan Kamen Rider?

Waktu itu saya benar-benar memerankannya sendirian, tidak ada pemeran pengganti, karena dulu itu semuanya belum maksimal, seperti lokasinya dan sebagainya. Jadi benar-benar saya berusaha keras dalam memerankan sosok Kamen Rider.

Menurut Fujioka, elemen apa yang harus ada dalam sosok seorang pahlawan?

Menurut saya, harus ada cara hidup yang bertanggung jawab. Orang yang dianggap pahlawan harus memberikan mimpi, kepada fans, kepada anak-anak. Saya sendiri keras terhadap diri saya sendiri. Saya terus melatih diri, melatih otot, hati saya, jiwa saya sendiri. Jangan lupa juga untuk memiliki 3 nilai ini; cinta, kasih sayang dan keadilan.

interview-kamen-rider-ichigo-hiroshi-fujioka-3-nilai-utama-dalam-diri-pahlawan-2

Apa proyek yang paling menjadi favorit bagi diri anda?

Hmmm… proyek saya sendiri banyak sekali jumlahnya, tapi Kamen Rider adalah yang paling menjadi memori dalam masa muda saya. Seperti pertaruhan nyawa dalam memerankannya tanpa pemeran pengganti sedikit pun.

Bagaimana Fujioka melihat Kamen Rider sekarang dengan yang dulu? 

Adalah sebuah hal yang baik dan lebih baik dari yang dahulu. Karena yang dahulu tidak ada efek-efek spesial. Bagus…. tapi lebih rindu jaman dulu. Dilakukan sendiri tidak menggunakan pemeran pengganti. Masih terus menerus melatih tubuhnya. Tidak menggunakan stunt-man.

Apa pesan Fujioka kepada para pemeran pahlawan super di jaman sekarang? 

Ingin orang-orang dewasa sekarang menjaga tokoh-tokoh pahlawan super sekarang ke anak-anak. Jangan hilangkan imej positif sehingga mereka tumbuh dengan mimpi dan harapan.

interview-kamen-rider-ichigo-hiroshi-fujioka-3-nilai-utama-dalam-diri-pahlawan-1

Terakhir, Hiroshi Fujioka tampak sangat menaruh perhatian kepada anak-anak. Adakah alasan khususnya?

Anak-anak adalah kunci masa depan. Untuk itulah saya berusaha keras sewaktu menjadi Kamen Rider agar tidak mengecewakan mereka. Itulah yang saya jaga sampai sekarang untuk terus memberikan harapan dan semangat kepada mereka. Agar bisa menjadi kuat di masa depan.

(Foto: Amozy Audrey, Resky Ramadhan)

COMMENT