SHARE THIS ARTICLE

Bertemu dengan Aimer (baca: eme), salah satu artis pengisi konser I ♥ Anisong di hari pertama Anime Festival Asia Indonesia (AFA ID) 2016, adalah kesempatan besar mengingat ini adalah kali pertama penyanyi Jepang tersebut datang ke Indonesia. Langganan pengisi lagu-lagu anime ini terkenal dengan penampilan misteriusnya ketika tampil di panggung. Akan tetapi sebelum tampil di Indonesia, Aimer sempat menunjukan diri di publik dan inilah titik baliknya yang besar. Berikut ini adalah wawancara yang mengupas alasannya dengan cerita mengenai lagu-lagu dalam setiap albumnya.

Siapa artis yang mempengaruhi/menginspirasi karir menyanyi Aimer? 

Saya mendapatkan inspirasi dalam menyanyi dari band Jepang SPITZ, terutama dari lirik-lirik lagu band tersebut dalam setiap menciptakan lagu. Selain itu ada Taka, vokalis band One Ok Rock, yang pernah berkolaborasi. Dari kolaborasi itulah saya mendapatkan pengaruh yang luar biasa.

Hampir seluruh lagu yang Aimer nyanyikan merupakan ciptaan sendiri, dari mana mendapatkan inspirasi tersebut? 

Dalam setiap membuat lagu, saya selalu mengedepankan emosi yang saya tuangkan untuk lagu tersebut. Saat sedang sangat bahagia atau sedih, dan di saat emosi saya memuncak saya menciptakan lagu.

Bagaimana Aimer dapat selalu bernyanyi dengan penuh luapan emosi?

Dalam setiap menyanyi saya sulit mengontrol suara saya. Jadi dalam setiap penampilan saya menyanyi sembari berpikir dan berkonsentrasi bagaimana luapan emosi saya sesuai dengan lagu yang saya nyanyikan.

Bagaimana perasaan Aimer tampil pertama kalinya di Indonesia?

Ini pertama kalinya saya datang ke Indonesia baik sebagai artis maupun sebagai pribadi. Saya sangat ingin tahu karakter orang yang akan hadir dalam konser kali ini. Selain itu saya ingin tahu bagaimana cara pengunjung mendengarkan lagu-lagu saya. Jadi saya sangat menantikan konser pertama saya di Indonesia ini.

Adakah pesan khusus Aimer yang ingin disampaikan dalam album terbarunya yang berjudul DAYDREAM?

Dalam album terbaru saya ini, saya ingin menyampaikan beberapa hal, antara lain pertama dalam album ini saya berkolaborasi dengan beberapa artis hebat yang saya kagumi dan hormati, kedua dalam album ini saya berusaha mengubah image menyanyi saya yang biasanya menjadi disesuaikan dengan kolaborasi bersama artis lain.

Judul-judul album Aimer sangat unik dan sepertinya saling berhubungan antar waktu mulai dari Sleepless Night, Midnight Sun, DAWN dan yang terakhir Day Dream. Bisakah sedikit diceritakan tentang hal tersebut?

Pada awalnya karakter nyanyian saya ballad dan lagu-lagu tersebut sangat cocok dengan judul album Sleepless Night. Kemudian terdapat perubahan karakter suara saya yang menjadi lebih bertenaga sehingga saya ingin menciptakan lagu yang menceritakan bagaimana rasanya berjalan-jalan di tengah malam di album Midnight Sun. Selanjutnya saya terpikirkan untuk membuat album dengan tema menjemput fajar dengan judul DAWN. Dari cerita tersebut terlihat bahwa album-album saya seperti akan terencana mengikuti aliran waktu dan sangat berhubungan erat dengan perasaan saya sehari-hari sehingga terciptalah album-album tersebut.

Lagu Insane Dream dan Chouchou Musubi sangat sering diputar di radio, baik di Jepang maupun di Indonesia. Bisakah diceritakan tentang pembuatan lagu tersebut?

Untuk lagu Insane Dream saya berkolaborasi dengan Taka. Pada saat masuk studio untuk membuat lagu saya menyampaikan ke Taka bahwa saya ingin menyanyikan lagu yang tipe vokalnya sama dengan yang sering Taka nyanyikan.

Selanjutnya untuk lagu Chouchou Musubi saya berkolaborasi dengan Yojiro Noda (RADWIMPS). Lagu tersebut merupakan lagu yang sangat berharga dari Yojiro Noda yang disimpan untuk suatu saat dinyanyikan oleh seseorang.

Aimer terlibat dalam lagu tema untuk anime Gundam Unicorn dan Koutetsujou no Kabaneri. Bagaimana kesan Aimer atas keikutsertaan tersebut?

Di anime Gundam Unicorn saya menyanyikan 2 lagu yaitu RE: I AM dan StarRingChild. Dua lagu pertama dengan karakter penuh tenaga yang saya nyanyikan ini merupakan salah satu turning point terbesar dalam karir menyanyi saya.

Kemudian di anime Koutetsujou no Kabaneri saya bekerjasama kembali dengan Hiroyuki Sawano. Saya sangat senang sekali. Selain itu sutradara dari Koutetsujou no Kabaneri adalah Tetsuro Araki, yang merupakan sutradara favorit saya yang sangat saya hormati. Bisa menjadi pengisi lagu tema di anime ini merupakan kehormatan bagi saya.

Bisa diceritakan sedikit mengenai konsep dan insiprasi video musik lagu ninelie?

Lagu ninelie ini merupakan lagu yang sangat majestic dan sangat indah. Di lagu tersebut menggambarkan angkasa yang indah.

Aimer pernah menyanyikan lagu tema anime Bleach, bagaimana kesannya dan apa karakter favorit Bleach?

Bleach merupakan serial yang sangat terkenal di Jepang. Berkesempatan bisa menyanyikan ending theme anime tersebut saya sangat bahagia. Apalagi video untuk lagu tema tersebut sangat sesuai dengan lagu yang saya nyanyikan. Untuk karakter favorit di Bleach, saya suka Rukia.

Aimer banyak terlibat dalam banyak pembuatan lagu untuk lagu tema anime, Siapa karakter anime favorit Aimer?

Saya sangat menyukai anime dari Studio Ghibli. Karakter favorit saya adalah Nausicaä dari Nausicaä of the Valley of the Wind karena memiliki karakter yang sangat kuat.

Sampai dengan beberapa waktu yang lalu Aimer identik dengan kesan misterius dalam setiap penampilannya, namun di bulan lalu Aimer tampil di acara TV. Adakah alasan khusus terkait dengan penampilan Aimer tersebut?

Alasan utama saya tampil misterius adalah agar lagu saya dapat dinikmati secara utuh tanpa ada pengaruh lain sehingga pendengar dapat konsentrasi dengan lagu dan suaranya. Sedangkan alasan kenapa saya muncul di publik adalah saya ingin menyambut sinar baru dan meninggalkan kegelapan (kemisteriusan). Menurut saya adalah natural bagi penyanyi untuk tampil di depan umum.

Sebutkan 5 album internasional yang Aimer suka?

Album Internasional ya? Mmm…. (sembari mengambil handphone)
Avril Lavigne – Let Go
Björk – Debut
Sia – This is Acting
Jamiroquai – The Best Of
Stevie Wonder – Time to Live

Apakah impian Aimer dalam berkarir sebagai penyanyi? Apakah ada momen spesial dengan fans?

Impian saya adalah dapat terus berkarir sebagai penyanyi. Tetapi yang paling penting ialah saya dapat menyampaikan kebahagian dan kesedihan lewat lagu yang saya nyanyikan. Selanjutnya untuk momen berharga dengan fans, saya banyak mengalaminya. Bertepatan dengan debut 5 tahun yang lalu saya mendapatkan ucapan selamat dari para fans baik melalui internet maupun surat. Ini yang membuat saya merasa luar biasa.

Apakah ada pesan khusus untuk fans Aimer di Indonesia?

Ini adalah pengalaman pertama saya di Indonesia jadi saya belum tahu karakter fans di indonesia itu seperti apa. Namun saya tahu bahwa orang-orang Indonesia sangat baik dan rendah hati. Saya sangat terkesan dan sangat menantikan konser di Indonesia. Selain ini saya juga berharap bisa berjumpa lagi di konser live solo di Indonesia dalam kesempatan yang lain. 

Text: Gesang Bekti

COMMENT