SHARE THIS ARTICLE
Sushi menggunakan beras hitam. (Rocketnews24)
Sushi menggunakan beras hitam. (Rocketnews24)

Nasi adalah salah satu elemen penting dalam hidangan sushi. Nasi biasanya dibuat dari beras putih Jepang yang difermentasi dengan sedikit cuka dan garam. Cita rasanya pun menjadi agak asam dan pas disantap bersama daging ikan mentah.

Namun, belum lama ini muncul inovasi sushi yang memakai nasi berwarna hitam. Tidak, sushi ini bukan berasal dari Jepang. Australialah yang pertama kali menciptakan inovasi sushi hitam.

Hero Sushi, restoran sushi terkenal di negeri Kangguru yang memiliki ide untuk menciptakan kreasi sushi berwarna hitam, dengan menggunakan beras hitam yang jauh lebih sehat dari beras biasa.

Beras hitam mengandung jumlah serat, zat besi, serta antioksidan yang jauh lebih tinggi dibandingkan beras biasa. Setelah matang, warna hitam beras akan berubah menjadi sedikit ungu kehitaman.

Seperti dilansir dari Rocketnews24, sama seperti sushi roll pada umumnya, sushi hitam juga dibentuk memanjang dan dipotong-potong. Di dalamnya, diberi beragam isian mulai dari daging ikan tuna, ayam, tobiko, atau telur ikan Jepang, telur dadar hingga alpukat.

Sushi ini juga disantap dengan kecap asin, wasabi, dan acar jahe.

Meski menggunakan beras hitam, rasanya tak jauh berbeda dengan sushi biasa. Namun, tekstur nasinya sedikit terasa berbeda di lidah karena kandungan seratnya yang tinggi.

Sushi yang satu ini merupakan salah satu pilihan sushi yang lebih sehat yang cukup digemari oleh masyarakat Australia.

Satu porsi sushi hitam dihargai sebesar A$ 5 atau sekitar Rp 50 ribu.

Source : life.viva.co.id
COMMENT