SHARE THIS ARTICLE

hana-mikoshi1

Hana-mikoshi adalah salah satu Mikoshi Matsuri yang menarik yang terjadi di Mino, prefektur Gifu, Jepang. Pada pertengahan April, sekitar 30 tarian Hana-Mikoshi melakukan perjalanan di seluruh kota Mino. Hana-Mikoshi adalah sebuah Mikoshi (miniatur kuil Shinto) dengan bunga-bunga dari kertas berukuran besar yang terbuat dari kertas washi Mino. Bunga-bunga itu tampak seperti Sakura besar di bagian atas Mikoshi. Tarian dari Mikoshi yang cantik tersebut sangat energik dan kuat. Rasakan dan nikmatilah suasananya yang menarik.

hana-mikoshi2

Hana-Mikoshi adalah bagian dari Mino Matsuri. Mino-Matsuri berisi Hana-Mikoshi, Nagashi Niwaka, dan Yama-Nerimono.

Asal usul Mino Matsuri dimulai pada zaman Edo sebagai permohonan untuk hujan.

Pada tahun 1900, Hana-Mikoshi pertama dibuat oleh asosiasi laki-laki muda. Pada awal periode Showa, mereka memutuskan untuk membuat Mikoshi khusus yang terbuat dari produk lokal mereka, Minowashi. Kemudian, gaya Hana-Mikoshi saat ini pun diciptakan.

hana-mikoshi3

Ada sekitar 30 Hana-Mikoshi dari semua kota-kota di Mino. Mereka melakukan perjalanan dari Hachina Shrine ke semua kota di Mino.

Di persimpangan Hirooka, terdapat penampilan “Soneri“. Soneri adalah pertunjukan tari Mikoshi. Tiga Hana-Mikoshi berkumpul di tempat kecil dan tampil secara meluas dan agresif.

hana-mikoshi4

Ada sekitar 100.000 bunga washi di atas Mikoshi. Bunga-bunga itu melekat pada batangan bambu. Setiap Mikoshi memiliki sekitar 300 batang bambu.

Perhatian: Dilarang merokok di dekat Mikoshi. Soneri adalah penampilan yang sangat berbahaya. Jadi, berhati-hatilah.

Source : mustlovejapan.com
COMMENT