SHARE THIS ARTICLE

Wearable device seperti kacamata pintar atau jam tangan pintar tidak jadi milik orang normal saja. Fujitsu Laboratories sedang mengembangkan tongkat pintar untuk penyandang tunanetra.

smartstick (2)

Mereka yang memiliki kekurangan pada mata akan dapat merasakan kecanggihan tongkat dengan fitur-fitur canggih di dalamnya.

Ini seperti tongkat biasa namun di atasnya terdapat LED dan di bagian bawahnya terdapat sensor yang mampu mendeteksi bahaya seperti batu untuk mengingatkan si pengguna,” tutur Hana, salah satu pemandu yang menemani detikINET di kantor pusat Fujitsu, di Kawasaki, Jepang.

Hana mengatakan, tongkat ini tidak hanya mampu digunakan untuk penyandang tunanetra. Namun juga para lansia yang sudah memiliki keterbatasan fisik.

Nah, fungsi LED di atasnya bisa bermacam-macam. Salah satunya dapat mendeteksi jantung ketika mereka sedang berjalan kaki,” tegasnya.

Saat ini tongkat tersebut terus dalam pengembangan untuk kepentingan yang lebih besar. Dia tidak bisa memastikan kapan tongkat pintar ini dapat dinikmati orang banyak.

Source : inet.detik.com
COMMENT