SHARE THIS ARTICLE

Ilmuwan Jepang menciptakan robot terbaru mereka, yakni robot dengan selera humor. Robot ini diklaim mampu menyampaikan lelucon saat berkomunikasi dengan manusia.

emiew2afpdlm (1)

Robot bernama EMIEW2 ini mampu berdialog dengan manusia, tanpa memerlukan naskah. Robot berwarna merah dan putih ini akan mengambil kata kunci dalam kalimat saat berdialog dengan manusia.

Sebagai contoh, ketika ditanya ‘berapa banyak’, robot ini akan berusaha mencerna pertanyaan apa yang sedang ditanyakan kepadanya, kemudian sistemnya bekerja sebelum akhirnya dia memberikan jawaban. Demikian seperti dilansir AFP, Selasa (20/5/2014).

Para ilmuwan di Hitachi, Jepang telah memprogram robot ini untuk memahami berbagai macam respons manusia, termasuk respons non-verbal seperti anggukan kepala. Menurut ilmuwan, robot ini menggunakan pemahaman untuk mendeteksi apakah lawan bicaranya memahami lelucon yang disampaikannya.

Jika robot ini mendeteksi lelucon yang disampaikannya tidak dimengerti, maka dia akan memberi ‘pencerahan’ kepada lawan bicaranya. Saat demonstrasi di Tokyo pada Selasa (20/5), robot dengan tinggi hanya 80 cm ini menjawab pertanyaan soal ada berapa jumlah orang yang bekerja di fasilitas Hitachi, dengan lelucon.

Kami memiliki dua angsa,” jawab robot EMIEW2 tersebut.

Ketika lawan bicaranya terlihat bingung dengan jawaban tersebut, robot ini langsung melontarkan jawaban menggoda. “Anda mengerti? Saya bercanda. Kami memiliki sekitar 800 orang yang bekerja di sini,” ucap robot tersebut.

Hisashi Ikeda dari Hitachi mengatakan, meskipun selera humor robot tersebut belum terlalu halus saat ini, namun kemampuan untuk memahami reaksi merupakan langkah penting ke depan. “Teknologi baru memungkinkan sebuah robot untuk memahami apa yang dimaksud oleh seorang manusia, bahkan jika hanya dengan isyarat,” sebutnya.

Nama EMIEW2 merupakan kependekan dari “excellent mobility and interactive existence as workmate“.

Source : news.detik.com
COMMENT