SHARE THIS ARTICLE

okawa

Jepang adalah salah satu negara di dunia dengan jumlah penduduk berumur di atas 100 tahun terbanyak. Tercatat 54.397 penduduk Jepang berumur lebih dari 100 tahun pada September tahun lalu. Termasuk di dalamnya adalah wanita tertua di dunia, Misao Okawa yang berusia 117 tahun pada 5 Maret 2015 lalu. Wanita kelahiran Osaka ini mendapat gelar orang tertua di dunia setelah orang tertua sebelumnya yaitu Jiroemon Kimura meninggal dunia pada Juni lalu pada usia 116 tahun.

mackarel

Menurut Okawa, rahasia panjang umurnya adalah tidur cukup selama 8 jam sehari serta satu lagi, dirinya tak pernah melewatkan untuk menyantap mackarel sushi setidaknya sekali dalam sebulan. Tomohito Okada, Kepala rumah jompo Kurenai tempat Okawa tinggal, mengaku bahwa Okawa selalu meminta dibuatkan mackarel sushi dengan beras cuka untuk kesehatan tubuhnya.

Usia harapan hidup wanita Jepang kini mencapai 85,9 tahun, sedangkan pria Jepang berada di kisaran angka 79,6 tahun. Profesor Yasuyuki Gondo dari Osaka University menjelaskan, berdasar hasil penelitian para ilmuwan, usia panjang orang Jepang disebabkan oleh gaya hidup sehat seperti rutin berjalan kaki, diet lemak, konsumsi ikan, sayur dan buah-buahan segar. Serta yang tak kalah penting adalah kemauan dan semangat untuk berumur panjang.

Source : japandailypress.com
COMMENT