SHARE THIS ARTICLE

Istilah ikemen mungkin tak asing lagi bagi pecinta budaya Jepang. Secara mudah, ikemen dapat diterjemahkan sebagai “cowok ganteng” maupun “cowok keren”, dan merupakan tipe-tipe cowok yang sanggup membuat gadis-gadis terpikat. Tak sulit untuk menemukan contoh ikemen di era saat ini yang bisa ditemukan dengan mudah di berbagai anime, manga, hingga idol. Namun kira-kira seperti apa wajah para ikemen ratusan tahun silam?

Berikut ini foto beberapa samurai Jepang yang diambil pada akhir periode Edo, yaitu kira-kira tahun 1853-1867 (yang berarti 147-161 tahun silam). Tak disangka, beberapa diantara para samurai tersebut ternyata ada juga yang layak disebut ikemen. Kira-kira seperti apakah wajah ikemen tempo doeloe tersebut? Berikut 10 besar samurai tertampan se-Jepang yang peringkatnya dilansir dari RocketNews24:

10) Tokugawa Mochinaga

6a 10-mochinaga_tokugawa_m

Di urutan ke-10 ada foto daimyo dalam pose termenung yang menarik. Fotonya memang berwarna sepia khas foto lama, namun dari penampilan dan gayanya, tak sulit untuk membayangkan beliau sebagai ikemen pada masanya.

Bonus!

Foto berikut ini merupakan foto dari Matsudaira Katamori, adik termuda dari Tokugawa Mochinaga dan anggota dari “Four Takasu Brother”. Sama seperti kakaknya, Matsudaira Katamori juga memiliki penampilan yang cool.

6b katamori_matsudaira_m

9) Okudaira Masayuki

6c 9masayuki_okudaira_m

Dalam foto ini, Okudaira terlihat memiliki tangan yang indah, dan tidak terlalu besar. Begitu juga dengan kakinya.

8) Ogata Jojiro

6d 8jojiro_ogata_m

Beliau ini merupakan anak dari Ogata Koan, seorang dokter yang membawa pengetahuan medis ala Barat ke dalam Jepang saat negara tersebut masih tertutup dari pengaruh Barat. Dari foto ini bisa dilihat tajamnya tatapan dari Ogata Jojiro.

7) Yamanouchi Sakuzaemon

6e 7sakuzaemon_yamanouchi_m

Beliau termasuk tipe petualang yang pernah belajar hingga ke Rusia. Tak heran jika beliau memiliki gaya yang berbeda dengan samurai lainnya, contohnya bisa dilihat dari caranya tersenyum saat di foto dan gayanya yang terbilang santai. Ngomong-ngomong, jangan sampai tertukar antara Sakuzaemon dengan Okazaemon, maskot kota dari prefektur Aichi.

6f okazaemon1

6) Earnest Satow

6g 6ernest_satow_m1

Oke, beliau memang bukan orang Jepang dan juga bukan samurai. Namun beliau adalah diplomat Inggris dan juga penerjemah yang berperan penting dalam menjembatani hubungan Anglo-Jepang pada akhir periode Edo. Dan beliau pun lebih dikenal di Jepang dibanding negara lainnya, bahkan di kampung halamannya sendiri.

5) Yamaoka Tesshu

6h 5tesshu_yamaoka_m

Di akhir periode Edo (atau Era Tokugawa), kebanyakan samurai beralih profesi menjadi birokrat maupun menjadi pelayan istana. Namun tidak dengan beliau. Tesshu justru mendirikan sekolah ilmu pedang yang menjadi dasar olah raga kendo modern. Dia juga dikenal bisa minum sangat banyak. Tak heran jika beliau layak masuk dalam jajaran ikemen.

4) Mizuno Tadanori

6i 4tadataka_mizuno_m

Dari foto ini bisa dilihat jika beliau memiliki tatapan yang tajam, dan bahkan memiliki gaya rambut yang masih bisa dianggap keren hingga jaman sekarang.

Sebelum masuk ke 3 besar, ada bonus ikemen lainnya: Enomoto Takeaki

6j takeaki_enomoto_m

Beliau merupakan seorang samurai dan perwira angkatan laut yang memiliki kumis yang keren yang mungkin di dapat saat beliau mempelajari teknologi barat di Eropa. Wajahnya pun bisa dibilang tampan, dan ketampanannya masih terlihat saat beliau menjadi Menteri Luar Negeri pada usia 56 tahun (lihat foto dibawah ini):

6k foreign_minister_enomoto_takeaki1

3) Oda Nobuyoshi

6l 3nobuyoshi_oda_m2

Sebetulnya, beliau ini lebih banyak berprofesi sebagai dokter gigi dibanding samurai. Foto ini pun terbilang lebih baru dibanding foto lainnya dalam tulisan ini karena diambil pada periode Meiji (era setelah periode Edo). Namun lihatlah gayanya yang modern, dengan tangan terlipat dan tatapan mata yang tajam mengarah ke kamera. Jelas sekali beliau bisa disebut sebagai ikemen, bukan?

2) Shibusawa Heikuro

6m 2heikuro_shibusawa_m

Jika dilihat dari foto dan tak ada keterangan apapun, mungkin orang akan menyangka beliau ini berpose di sebuah set film masa kini. Terlihat jelas bukan jika samurai yang satu ini memiliki gaya dan selera berpakaian yang baik. Terbukti beliau melengkapi outfit-nya dengan kipas yang ditunjukkan dengan jelas di foto ini. Gayanya juga cool, bukan?

1) Yokoyama Tsunenori

6n 1chikaratsunemori_yokoyama_m

Di peringkat puncak, ada Yokoyama Tsunenori. Beliau tewas dalam usia muda dalam sebuah pertempuran, sehingga melihat foto ini bisa menambah kesan kepedihan, terlebih jika melihat pose dan wajahnya yang seperti tengah merenung. Dan satu hal yang perlu digarisbawahi, lihatlah rambutnya. Tampaknya beliau memiliki gaya rambut yang bisa disebut sebagai cikal bakal mohawk! Keren!

Bagaimana menurut pendapat kalian mengenai daftar peringkat tersebut? Apakah Yokoyama Tsunenori layak berada di posisi pertama?

Source : RocketNews24
COMMENT