Inilah Para Mangaka Terkenal Asal Fukuoka


Jepang memang sangat terkenal dengan anime dan manga-nya, tapi itu semua tidak lepas dari orang yang membuatnya atau biasa disebut mangaka. Istilah mangaka dipakai di Jepang untuk orang yang menggambar manga, atau di dalam Bahasa Indonesia di Indonesia disebut  komikus.


Ada banyak mangaka negara tersebut, tercatat pada tahun 2006 terdapat sekitar 3000 mangaka profesional di Jepang. Dibawah ini adalah beberapa mangaka terkenal  yang berasa dari prefektur Fukuoka, Jepang.

Leiji Matsumoto (Reiji matsumoto)
mangaka terkenal leiji matsumoto

Lahir 25 Januari 1938 di Kurume, Prefektur Fukuoka, Jepang. Ia menciptakan banyak manga yang diadaptasi menjadi anime. Di antara anime tersebut, antara lain Space Battleship Yamato, Space Pirate Captain Harlock, Galaxy Ekspres 999, atau Starzinger yang terkenal di Swedia, semuanya merupakan hits di pertengahan era 70-an sampai 80-an di Jepang. Matsumoto menikah dengan mantan mangaka Miyako Maki.

 Moto Hagio

Moto Hagio adalah seorang mangaka yang lahir pada 12 Mei 1949 di Omuta, Prefektur Fukuoka. Moto Hagio melakukan debut profesionalnya pada tahun 1969 di usia 20 dengan cerita pendeknya Lulu to Mimi di majalah Nakayoshi. Kemudian, untuk penerbit Shogakukan, ia menghasilkan serangkaian cerita pendek untuk berbagai majalah. Dua tahun setelah debutnya, ia menerbitkan Juichigatsu no Gimunajiumu (The November Gymnasium), sebuah cerita pendek yang bercerita tentang cinta antara dua anak laki-laki di sebuah sekolah asrama. Ia dianggap sebagai “ibu pendiri” dari manga shōjo modern, terutama shōnen-a dan juga anggota dari Year 24 Group.


Tsukasa Hojo


Tsukasa Hojo adalah seorang seniman manga Jepang yang lahir pada 5 Maret 1959, di Kokura, Kitakyushu, Perfektur Fukuoka, Jepang. Ia belajar desain teknis saat berkuliah di Kyushu Sangyo University, di mana ia mulai menggambar manga. Dia mengerjakan pada beberapa cerita sebelum akhirnya merilis karya serialnya yang terkenal seperti Cat Eye, City Hunter dan Angel HeartTsukasa Hojo juga merupakan mentor dari Takehiko Inoue (dikenal sebagai mangaka dari Slam Dunk)

Ketiga orang di atas adalah contoh dari mangaka terkenal yang berasal dari Fukuoka. Sebenarnya Fukuoka merupakan salah satu daerah yang menghasilkan banyak mangaka, jadi bukan tidak mungkin, akan semakin banyak mangaka terkenal dari daerah ini.

(Featured image: iitokoronet.com)

Sources :

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes