SHARE THIS ARTICLE

Untuk beberapa alasan, tidur di lantai selalu dikaitkan dengan budaya Jepang.

image: atama-bijin.jp
image: atama-bijin.jp

Tampaknya ada arti kesederhanaan dan disiplin di balik kebiasaan tidur di lantai, dan kualitas-kualitas tersebut sempurna dengan stereotip Orang Jepang.

Namun, beberapa orang di negara kita juga memiliki kebiasaan tidur di lantai. Hanya dengan beralaskan selembar kasur, dan mereka tetap bisa menikmati tidur dengan nyaman.

Tetapi apakah tidur di lantai akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan?

Nah, berikut kami paparkan beberapa manfaat tidur di lantai bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Apakah Anda merasa kurang tidur di malam hari? Mungkin Anda bisa mencoba tidur di lantai di malam berikutnya. Ini merupakan cara bagus untuk membantu Anda terlelap dengan cepat.

Apalagi jika Anda sedang mengalami sakit radang sendi dan masalah punggung, sehingga sulit tidur tak dapat dihindarkan lagi.

2. Menghilangkan Tanda Penuaan Dini

Beberapa penelitian kesehatan menunjukkan bahwa dengan tidur di lantai, Anda bisa mengurangi peluang timbulnya keriput.

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Selama tidur, kelenjar pituitari akan mengeluarkan hormon pertumbuhan yang banyak didistribusikan ke sekujur tubuh. Fungsi utama dari proses ini adalah untuk memperpanjang dan menebalkan tulang.

Karena itu, tidur di lantai akan menjadikan tulang belakang lebih kuat. Tidur di lantai bisa membantu anda mendapatkan postur tubuh yang lebih baik, sirkulasi darah yang sehat dan pernapasan optimal.

Tidur di lantai juga dapat mempercepat proses penyembuhan bagi penderita skoliosis.

Peningkatan sirkulasi darah, perbaikan postur, pencegahan sakit punggung dan leher, dan menurunnya resiko skoliosis telah ditunjukkan sebagai manfaat utama tidur di lantai.

4. Meningkatkan Produktivitas

Saat mencoba tidur di atas lantai, Anda akan merasa segar.

Organ–organ tubuh akan meningkatkan produktivitasnya selama beberapa waktu saat Anda tidur di atas lantai hanya beralaskan selembar kasur empuk atau karpet tebal.

Lebih mudah untuk bangun di pagi hari ketika Anda telah tidur di lantai malam sebelumnya.

5. Pemurnian Jiwa

Untuk khasiat yang satu ini, masih harus dibuktikan dengan beberapa penelitian kesehatan.

Mitos bahwa saat Anda memilih untuk tidur di lantai, Anda akan merasakan jiwa anda mengalami pemurnian sehingga alam pikiran Anda bisa berjalan sehat.

Bahkan, ada yang mempercayai penyucian pagi (bagi agama tertentu) akan mudah dilaksanakan setelah Anda mencoba untuk sesekali tidur di atas lantai.

Jika harus memilih, sebagian besar orang akan lebih senang tidur di atas ranjang yang empuk dan mewah. Namun mungkin tak ada salahnya untuk sesekali mencoba tidur di atas lantai.

Tidur di lantai mungkin terasa sakit pada awalnya. Banyak orang yang membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk sepenuhnya terbiasa dan beralih tidur di lantai. Setelah itu, tubuh akan menyesuaikan dan tidak ada masalah.

Source : teruskan.com
COMMENT