SHARE THIS ARTICLE

Masakan Jepang sudah mendunia. Terlebih beragam masakan pun bisa dibuat di rumah. Kini tidak perlu repot untuk membuat masakan Jepang, sebab ada bocoran resepnya.

home made food japan (1)

Pergi ke restoran Jepang demi mendapatkan semangkuk yakisoba atau natto. Anda bisa membuat makanan khas Jepang tersebut di rumah, seperti dilansir Rocketnews24, Rabu (2/7/2014).

Pseudo Chinese Noodles

home made food japan (2)

Di Jepang, yakisoba atau mi China mudah dibeli di supermarket dengan harga 30 yen atau sekira Rp 3 ribu per bungkus. Di negara barat, mi Asia cenderung mahal. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengubah spaghetti ke dalam mi Cina.

Hanya perlu menambahkan baking soda dan beberapa garam saat merebusnya. Hal tersebut memberikan tekstur dan rasa mirip mi China atau yakisoba.

Natto

home made food japan (3)

Makanan tradisional Jepang yang satu ini dikenal dengan tekstur berlendir dan bau. Natto dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi.

Walaupun baunya tidak enak tapi natto kaya sumber protein dan mengandung banyak vitamin. Membuat natto sangat mudah, Anda merendam kacang kedelai dalam air selama setengah hari atau lebih, lalu dikukus selama beberapa jam sehingga kacang kedelai terasa lembut. Kemudian tempatkan kacang kedelai di wadah untuk fermentasi dan simpan di suhu 40 derajat celcius.

Sesame Dressing

home made food japan (4)

Saus sesame yang manis dan gurih menjadi favorit warga Jepang. Ditambah susu dan aroma biji wijen menambah lezatnya sesame. Anda tidak dapat menemukan di supermarket, tapi bisa membuat sendiri di rumah.

Yang dibutuhkan membuat sesame adalah biji wijen panggang, mayones, gula dan garam. Campur semuanya jadi satu dan saus sesame bisa langsung dicampur salad.

Homemade Tofu

home made food japan (5)

Tahu yang dibuat sendiri rasanya lebih enak. Membuatnya mudah, Anda tinggal menyiapkan susu kedelai dan dipadatkan dengan menggunakan food grade magnesium klorida.

Shiozake

home made food japan (6)

Tidak seperti salmon asap, shiozake adalah salmon asin. Makanan ini jarang ditemukan di supermarket Jepang. Anda bisa membuat sendiri dengan menambahkan garam di ikan salmon lalu simpan di lemari es selama dua hari, dan salmon asin siap di masak.

Sources :
COMMENT