SHARE THIS ARTICLE

Inilah Koko, anjing petugas pemadam kebakaran dari KyotoKoko adalah seekor anjing betina yang menjadi petugas pemadam kebakaran dari Kyoto. Untuk mempromosikan keselamatan kebakaran, dia turut berpatroli dengan sesama anggota kelompok petugas pemadam kebakaran relawan di Shimogyo Ward. Warga setempat terpesona dengan sosoknya dan memberikan pujian, bahkan beberapa di antara mereka mengambil fotonya saat Koko lewat.

Seperti dikutip dari japanbullet.com, pemilik dari anjing berumur 12 tahun ini adalah Takuzo Murata, yang telah bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran relawan selama lebih dari 50 tahun dan menjabat sebagai kepala kelompok Nagamatsu. Pada tahun 2003, ketika Murata yang mengelola toko antik ingin memelihara anjing, anaknya lalu membelikannya seekor anak anjing Shiba Inu berusia dua bulan.

Sekitar tahun 2005, Murata membawa Koko untuk pertama kalinya ke parade pencegahan kejahatan yang diselenggarakan polisi. Setelah itu, Murata mulai membawa Koko ke kegiatan relawan pemadam kebakaran untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan kebakaran. Ia juga menciptakan topi dan kain spanduk untuk anjingnya dengan pesan bertuliskan “Hi no Yojin” (Ambil tindakan pencegahan terhadap kebakaran).

Setiap bulannya, pemerintah kota Kyoto menunjuk tanggal 5 dan 20 sebagai hari untuk mempromosikan keselamatan kebakaran. Pada hari-hari tersebut, selama sekitar 40 menit anjing ini berpatroli bersama dengan 12 anggota cabang Nagamatsu. Koko pun langsung menjadi dikenal. Untuk pencegahan kejahatan atau kebakaran, Murata juga sering diminta untuk membawa Koko ke Festival Gion tahunan yang diselenggarakan di musim gugur.

Source : japanbullet.com
COMMENT