SHARE THIS ARTICLE

Sepertinya anak-anak yang tidak suka ke dokter gigi untuk pemeriksaan akan berkata “Ibu, kenapa kita datang ke sini lagi?” juga saat ibunya tidak berani untuk meninggalkan anak-anaknya. Tapi ada satu klinik gigi pediatrik di Shizuoka, Jepang telah muncul dan respon tersebut hanya sedikit.

Di Aso Kids Dental Park, sebuah miniatur bertema taman pedesaan yang disebut Little Dental Town membentang dari meja resepsionis hingga ruang pemeriksaan, diiringi dengan alunan musik yang diputar untuk para pasien muda. Tempat ini memiliki nuansa yang sama sekali berbeda dari klinik gigi konvensional.

01 dental

Di LDT Toys corner, anak-anak dapat bermain dengan mainan-mainan kayu, dan di LDT Cinema booth, anak-anak dapat menonton film animasi kapan saja. Peraturan membiarkan anak-anak bermain bebas sebelum dan sesudah pemeriksaan gigi, dan dimaksudkan untuk memelihara rasa ingin tahu anak-anak.

Pada suatu ruangan bernama Honey’s Square, para kru di kamar anak-anak mengadakan kelas belajar perawatan pencegahan secara teratur.

Ruang pemeriksaan yang dinamakan Your Heart, adalah bagian tengah dari pedesaan tersebut. Konsep di balik ruangan ini adalah bahwa ruangan tersebut dihuni oleh empat peri gigi. Atmosfir yang gembira dan bersahabat di sekitar ruangan tersebut membantu anak-anak merasakan kenyamanan.

04 dental

Yukio Aso, direktur dari Aso Dental Clinic, membuka kliniknya di tahun 2009 sebagai fasilitas khusus untuk para bayi dan balita, dengan tujuan mendidik orang-orang dalam perawatan dan pencegahan pada gigi mereka.

Mami Urushibata, telah mengunjungi klinik gigi tersebut bersama anak perempuannya, Ena, sekali dalam sebulan sejak Oktober di akhir tahun. Ia mengatakan bahwa dirinya mendengar klinik ini dari Facebook salah satu temannya, seorang ibu dari anak yang berumur 2 tahun 3 bulan seumuran Ena.

02 dental

Urushibata mengatakan, “Ena sangat menyukai tempat ini. Kapan saja kita pergi melewati lingkungan tempat klinik ini berada dengan mobil dan melewatinya, ia ingin saya membawanya ke sini. Saya juga mulai berminat untuk merawat gigi saya sendiri baru-baru ini, meskipun pada awalnya saya tidak tertarik.

03 dental

Takeyasu Jinbo adalah pimpinan dari Kids Dental Park Co. grup Hakuhodo, yang berperan perencana bersama dari klinik gigi tersebut. Ia berkata: “Sebenarnya, kami tidak merancang klinik gigi ini hanya untuk anak-anak. Kami akan senang jika klinik ini dapat membantu memperluas kesadaran tentang pentingnya perawatan gigi dan pencegahan penyakitnya kepada orang-orang dari segala usia melalui anak-anak. Perawatan gigi dan pencegahan penyakitnya di Jepang kurang maju daripada di beberapa negara asing.”

Jinbo menekankan pentingnya perawatan gigi dan pencegahan penyakitnya dan mengatakan, “Peningkatan kekuatan gigitan bisa membantu mencegah penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup dan demensia.”  

05 dental
Ini Ruang tunggu Little Dental Town dari Aso Kids Dental Park di Shizuoka. Di sini anak-anak dapat bermain dengan bebas sebelum dan sesudah pemeriksaan gigi. Anak laki-laki itu terlihat kembali ke ruang tunggu dengan ibunya dari pemeriksaan gigi.

Source : the-japan-news.com
COMMENT