SHARE THIS ARTICLE

Kimono sutra yang dapat berpendar bisa segera menjadi tren dari dunia fashion Jepang.

Para peneliti dari lembaga afiliasi pemerintah National Institute of Agrobiological Sciences di Tsukuba, Prefektur Ibaraki, mengumumkan mereka telah menghasilkan sutra berpendar berwarna hijau dari ulat sutra yang telah dimodifikasi secara genetik.

Model mengenakan kostum berpendar terbuat dari sutra dari ulat sutra yang dimodifikasi secara genetik. (Satoru Sekiguchi)
Model mengenakan kostum berpendar terbuat dari sutra dari ulat sutra yang dimodifikasi secara genetik. (Satoru Sekiguchi)

Lembaga ini mengatakan mereka menciptakan ulat sutra rekayasa genetika dengan menyuntikkan gen yang menghasilkan pendaran hijau dari ubur-ubur. Sutra yang dihasilkan dari ulat yang telah dimodifikasi berubah menjadi hijau neon di bawah lampu biru yang ditunjukkan melalui filter oranye.

Lembaga ini juga telah mengembangkan sutra berpendar merah muda dan oranye dengan mengubah ulat sutera secara genetik menggunakan gen dari karang.

Proyek pertama dari Jepang yang ditujukan untuk meningkatkan ulat sutra yang telah dimodifikasi secara genetik untuk penggunaan praktis ini diharapkan akan dimulai musim panas ini.

Kementerian pertanian memberikan persetujuannya pada tanggal 3 Februari untuk lembaga ini agar memulai uji coba pada fasilitas terisolasi setelah menilai dampak program tersebut terhadap lingkungan.

Ini akan menjadi upaya pertama di Jepang untuk meningkatkan organisme hasil rekayasa genetika di sebuah peternakan.

Para peneliti mengatakan sutra berpendar ini juga dapat digunakan dalam bidang medis di samping untuk kostum dan peralatan pencahayaan.

Source: ajw.asahi.com

Source : ajw.asahi.com
COMMENT