SHARE THIS ARTICLE

Ameonna (1)

Ame-onna adalah hantu Jepang sekelas yokai yang muncul pada hari-hari saat hujan dan malam. Mereka memanggil hujan ke mana pun mereka pergi, dan sering disalahkan atas penculikan dan membawa pergi anak-anak. Mereka muncul sebagai wanita buruk rupa yang dibasahi air hujan, serta sering menjilati air hujan dari tangan dan lengan mereka seperti binatang liar.

Ame-onna terkait dengan dewa hujan minor. Namun, tidak seperti dewa, Ame-onna tidak baik hati. Meskipun hujan yang mereka bawa mungkin menyelamatkan sebuah desa dari kekeringan atau membawa keberuntungan bagi para petani, Ame-onna memiliki tujuan lain dalam pikirannya: mereka berkeliaran di desa-desa pada malam-malam saat hujan mencari bayi yang baru lahir. Jika mereka menemukan anak yang lahir pada malam itu, mereka merebut dan membawanya pergi ke dalam kegelapan, untuk mengubahnya menjadi Ame-onna lainnya.

Para ibu yang bayinya telah direnggut dengan cara ini kadang-kadang berubah menjadi Ame-onna karena kesedihan dan keputusasaan. Setelah kehilangan pikiran mereka, wanita-wanita yang telah berubah wujud ini berkeliaran di jalan-jalan di malam hari dengan karung besar berharap untuk menggantikan apa yang telah dicuri dari mereka ketika mereka masih menjadi manusia. Mereka menyelinap ke rumah-rumah di mana anak-anak menangis dapat didengar, dan menculik mereka dari rumah mereka.

Ame-onna pertama berasal dari agama rakyat kuno Jepang dan China, di mana hujan dikatakan dibawa oleh dewa kebajikan dan dewi yang hidup sebagai awan pada pagi hari dan hujan pada malam hari, yang selamanya bepergian antara langit dan bumi. Legenda mengatakan bahwa entah bagaimana, beberapa dewi hujan menjadi buruk dan secara bertahap berkembang menjadi yokai jahat, meninggalkan kedewaan mereka untuk hidup di antara manusia dan memangsa mereka.

Source : yokai.com
COMMENT