SHARE THIS ARTICLE

Bahasa Jepang mungkin terasa sulit dipelajari bagi sebagian orang. Walau sudah belajar bertahun-tahun, terkadang ada saja kesulitan yang dihadapi saat berbicara dengan orang Jepang. Biasanya ujung pangkalnya adalah kesalahan menangkap inti sebuah pembicaraan, maupun tidak mengerti apa yang sedang dibicarakan oleh lawan bicara (orang Jepang).

Sebuah blog di GaijinPot menuliskan 5 frase mudah yang bisa diterapkan untuk merespon berbagai situasi, sehingga dalam waktu sekejap kalian akan terlihat memahami isi pembicaraan dan dianggap cukup menguasai bahasa Jepang. Apa saja kata-kata tersebut? Berikut bocorannya.

1. だいじょうぶ です (Daijoubu desu)

‘Daijoubu’ dapat diterjemahkan sebagai ‘ya’, atau ‘tidak’, ‘tidak apa-apa’, ‘tidak apa-apa?’ dan banyak lagi. Kata ini sangat ajaib karena dapat menciptakan suasana ambigu, sehingga lawan bicara lah yang menerjemahkan sendiri respon kalian. Misalnya saja saat seorang penjaga toko bertanya ‘Apakah Anda mau tas?’ dan kalian tak mengerti apa yang dia bicarakan, dengan menjawab ‘daijoubu desu’ maka sang penjaga toko yang akan melihat apakah kira-kira kalian memerlukan tas atau tidak.

2. あの (Ano)

‘Ano’ memiliki makna mirip dengan ‘um’ atau ‘uh’ dalam bahasa Inggris (atau ‘hmm’ dalam Bahasa Indonesia). Paling manjur digunakan untuk mengisi jeda antar kalimat hingga menemukan celah untuk kabur dari percakapan.

3. うん dan えええええ (Un dan Eeeeee)

Kedua kata tersebut paling manjur untuk merespon pembicaraan yang tidak kalian mengerti. Dengan menyisipkan ‘un’ dan ‘eeeee’ di tengah pembicaraan yang dilakukan oleh lawan bicara (yang tidak kalian mengerti), kedua kata tersebut sudah cukup untuk menggambarkan apresiasi terhadap pembicaraan tersebut.

4. すみません (Sumimasen)

Ini salah satu kata terpenting yang harus diketahui khususnya bagi mereka yang masih belajar bahasa Jepang. ‘Sumimasen’ dapat diterjemahkan sebagai ‘permisi’ maupun ‘maaf’ dan bisa kalian ucapkan setiap kali merasa berbuat salah. Mengucapkan ‘sumimasen’ berkali-kali pun akan mengesankan jika kalian menghormati siapapun.

5. ちがうよ! (Chigau yo!)

Masih merasa belum bisa mengeluarkan respon yang tepat saat menghadapi lawan bicara? Selamatkan diri kalian dengan mengucpkan ‘chigau yo!’ yang dapat diterjemahkan menjadi ‘itu tidak benar’, atau ‘saya hanya bercanda’. Keluarkan kata ini saat lawan bicara kelihatannya tersinggung dengan kata-kata kalian.

Tambahan lain dari komentar di blog tersebut:

-Jika tak yakin harus mengucapkan apa, bunyikan saja kata-kata atau kalimat dengan suara yang tak jelas dan diakhiri dengan kata ‘-masu’.
-Kata ‘sou’ juga dapat digunakan untuk menunjukkan persetujuan atas percakapan yang diucapkan oleh lawan bicara. Variasinya adalah ‘sou sou sou’, ‘sou da ne’ (begitu ya?), ‘souka souka souka’ (dapat diterjemahkan menjadi ‘aahh, begitu ya!’)

Source : blog.gaijinpot
COMMENT