SHARE THIS ARTICLE

Bunga sakura adalah salah satu ikon paling terkenal di Jepang. Namun, rupanya ada ikon lain yang bentuknya mirip bunga sakura, tetapi tidak berasal dari tumbuhan. Mereka disebut batu sakura.

Photo credit: mindat.org
Photo credit: mindat.org

Batu sakura adalah batu subhexagonal kecil yang termasuk dalam jenis batuan metamorf yang disebut hornfels. Ketika batu itu retak atau terbuka, bagian atasnya membentuk pola yang mirip dengan bunga sakura.

Sebagaimana dilansir amusingplanet, para pelancong bisa melihat batu unik ini di Kameoka, yang terletak tepat di atas pegunungan di barat Kyoto. Batu sakura sendiri terbentuk di bawah tanah sekitar 100 juta tahun yang lalu oleh panas intens dari lava cair.

Karena batu-batu ini harus melewati dua jenis metamorfosis yang sangat intens, batu sakura sangatlah langka, dan hanya bisa ditemukan di sentral Jepang. Selain itu, batu-batu ini sangat halus, sehingga mereka mudah sekali terbelah atau hancur.

Untuk menjaga keindahan pola batu ini, penduduk setempat melapisi mereka dengan larutan lem kayu yang telah diencerkan dengan air.

COMMENT