SHARE THIS ARTICLE
http://www.zaresdeluniverso.com/
http://www.zaresdeluniverso.com/

Tahun 90-an bisa jadi merupakan tahun kejayaan anime Jepang di Indonesia. Pada era tersebut, berbagai anime kerap wara-wiri di layar kaca Indonesia. Selain anime-nya disulihsuarakan dalam Bahasa Indonesia, rata-rata soundtrack-nya pun dialihbahasakan dalam Bahasa Indonesia sehingga mudah dinyanyikan oleh anak-anak. Saat era berganti, lagu-lagu anime berbahasa Indonesia itu pun akhirnya menjadi kenangan tersendiri yang menghiasi masa kecil yang indah.

Dilansir dari Beranda (4/1), berikut ini 8 OST anime Jepang yang paling populer di tahun 90-an dan paling dikenang. Beberapa diantaranya mungkin masih setia menghiasi layar kaca Indonesia sampai saat ini.

Doraemon

Salah satu anime legendaris yang pernah ada. Banyak anak-anak yang rela bangun pagi di hari Minggu hanya untuk melihat anime ini, dan sama-sama menyanyikan lagu soundtrack-nya sambil berteriak, “Hei! Baling-baling bambu!!!”

Saint Seiya

Dulu, rasanya nggak keren kalau belum melihat serial Saint Seiya ini. Sekedar informasi, Saint Seiya ini masuk ke Indonesia lewat stasiun televisi TVRI Yogyakarta pada tahun 1987 hingga 1990, kemudian TVRI Pusat Jakarta pada tahun 1988 sampai 1991, terus diambil alih oleh RCTI pada akhir 1991 sampai medio 1995 dan beralih lagi ke Indosiar pada 2001-2002 dan medio 2005 hingga akhir 2005.

Dragon Ball

“Bertarunglah Dragon Ball!!!” Lirik soundtrack ini sangat catchy dan mudah dicerna. Anime-nya pun masih tayang hingga sekarang!

Hunter X Hunter

Satu lagi soundtrack anime yang catchy dan mudah dinyanyikan oleh siapa saja. Sampai saat ini, rasanya banyak yang masih mengingat lirik lagu anime ini versi Bahasa Indonesia-nya.

Sailor Moon

Di era 90-an, rasanya nggak ada yang nggak melihat anime Sailor Moon ini. Bahkan, banyak juga anak laki-laki yang diam-diam ikut menonton dan hapal dengan teriakan khas sang tokoh utama, “Dengan kekuatan bulan akan menghukummu!”

Candy Candy

Dulu, anime ini diputar setiap hari Minggu dengan jam tayang yang berdekatan dengan Doraemon. Pada masa tersebut, baik lagu pembuka dan penutupnya sama-sama populer dikalangan anak-anak.

Captain Tsubasa

Salah satu anime yang cukup berhasil menginspirasi anak-anak pada masa tersebut untuk serius menekuni sepakbola.

Ninja Hattori

“Mendaki gunung… lewati lembah… sungai mengalir indah ke samudera… bersama teman bertualang!” Wow, lirik yang penuh kenangan ya!

Sebetulnya masih banyak soundtrack anime lainnya yang juga populer dan masih dikenang hingga saat ini. Namun sayangnya tak semua bisa ditemukan di internet. Sebagai bonus, berikut ini beberapa soundtrack anime lainnya yang juga populer tahun 90-an:

Dash! Yonkuro

Pada masa tersebut, belum bisa disebut sebagai anak gaul kalau belum melihat anime ini. Dan derajat kekerenan pun langsung meningkat berlipat ganda jika memiliki mobil-mobil yang ada dalam anime Dash Yonkuro tersebut.

Mojacko

Dibanding lagu pembukanya, rasanya lagu ending anime ini lebih populer dan lebih banyak dihapal oleh anak-anak pada tahun 90-an.

Magic Knight Rayearth

Satu lagi anime bertema magic girls yang ikut mewarnai layar kaca Indonesia tahun 90-an. Siapa yang dulu mengikuti serial anime ini?

Adakah soundtrack anime tahun 90-an kesayangan kalian yang belum masuk dalam daftar ini?

Sources :
COMMENT