Inilah 7 Tipe Penggemar Anime, Apakah Kalian Termasuk Satu Di Antaranya?

3 min


Otaku atau penggemar anime dan manga di Jepang, dikenal sebagai sosok yang sangat fanatik, dan sekelompok kutu buku, bahkan sebagian diantara mereka yang terpikat dengan karakter-karakter tertentu juga sampai mengganggu kenyamanan masyarakat umum. Mereka mungkin tampak seperti monolit, tapi jangan tertipu, ada banyak tipe otaku di luar sana seperti weeaboo (atau di Indonesia kadang ditulis sebagai wibu), fujoshi, casual fans, cosplayer, dan masih banyak lagi. Namun, diluar keeksentrikan tersebut, sebagian besar penggemar anime merupakan orang-orang yang keren dengan hobi unik mereka.


Terlepas dari perbedaan, setiap tipe penggemar anime berbagi cinta sejati kepada anime maupun karakter-karakter favorit dengan caranya masing-masing, dan berikut ini adalah 7 tipe penggemar anime, di mana Kamu mungkin masuk dalam salah satu diantara mereka.

Tipe Shipper

Shipper dikenal menyukai semua karakter, meskipun ada beberapa crossover dengan Fujoshi-nya, mereka para shipper tidak terbatas pada sosok pria yang mencintai pria. Shiipper menyukai hubungan yang lurus, tapi mungkin juga menyukai hubungan yang aneh, dan bahkan mereka bisa jadi menyukai keduanya. Mereka menonton serial anime, memutuskan OTP (One True Pairing — satu pasangan paling favorit) dan kemudian menerapkan bakat mereka dalam bentuk fanart, fanfic, fanmixes, atau hanya berteriak dengan gembira ketika melihat momen lucu yang ditampilkan oleh OTP.

Tipe Fandom Intelektual

Bagi para Fandom Intelektual, anime adalah perpanjangan dari pendidikan yang telah mereka jalani selama ini. Mereka mungkin mengambil jurusan sastra, kajian media, sains, sejarah, psikologi, atau antropologi, dan mereka selalu melihat anime melalui kaca mata pendidikannya tersebut. Fandom Intelektual memusatkan perhatian pada anime yang menimbulkan pertanyaan filosofis dan dan hal lain yang menarik, mereka juga dapat menemukan tulisan tentang bagaimana badut lelaki kecil dari YuGi Oh berjuang dengan classisme internal.

Tipe Casual

Tipe Casual jarang sekali atau bahkan sangat tidak suka menonton anime, sekalipun itu judul yang sangat direkomendasikan mereka tetapi tidak akan peduli. Mungkin, sebagian diantaranya telah menyaksikan sepenggal anime populer seperti One Punch Man atau Yuri !!! on Ice, tetapi biasanya mereka tidak ingat sebagian besar ceritanya.


Tipe Fujoshi

Fujoshi merupakan sosok yang dikenal sebagai penggemar berat yaoi, genre yang mengemas hubungan antara pasangan pria gay untuk konsumsi wanita heteroseksual. Mereka membeli barang bertema seme atau uke kesukaandan membawanya ke acara anime, biasanya mereka juga memiliki pin bertuliskan ‘Saya Yaoi’ atau paling buruk, para fujoshi juga biasanya mengikuti pasangan gay yang betulan yang kebetulan ada di sekitar acara anime dan mendesak mereka untuk melakukan adegan ciuman.

Tipe Cosplayer

Tujuan utama Cosplayer adalah membawa karakter anime yang disukainya ke dunia nyata. Mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan bahan, menjahit, merias wajah, dan menyempurnakan penampilan yang akan ditampilkan di acara anime. Beberapa cosplayer memilih subjek mereka berdasarkan seberapa banyak mereka terhubung dengan karakter tersebut, sementara yang lain seringkali, mereka pergi ke acara hanya untuk memamerkan kostum terbarunya.

Tipe Seiyuu Fanatic

Fanatik Seiyuu terobsesi dengan para aktor maupun aktris pengisi suara anime, mereka juga memiliki seiyuu favorit, dan bahkan mereka tahu setiap karakter yang dimainkan oleh idolanya. Mereka adalah orang-orang yang menunggu berjam-jam untuk mendapatkan CD lagu karakter mereka ditandatangani, dan mereka akan menonton serial anime baru semata-mata karena seiyuu favoritnya memainkan salah satu karakter.

Tipe Weeaboo

Weeaboo, yang dikenal di masa lalu sebagai Wapanese atau ‘Wannabe Japanese’, adalah penggemar anime yang bukan hanya mendedikasikan hidupnya untuk anime, tapi juga tertarik dengan budaya Jepang. Weeaboo biasanya remaja kulit putih, tetapi kini mereka bisa berasal dari etnis manapun dan usia berapapun. Mereka biasanya memakai kimono dengan cara yang salah, menyebut semua hal dengan kata ‘kawaii’ atau ‘sugoi’, dan pasti ingin pindah ke Jepang, karena mereka berfikir kehidupan di sana seperti dalam anime.

Jadi, diantara 7 tipe penggemar anime di atas, Kamu masuk dalam kelompok yang mana?
Source : ranker.com


What's Your Reaction?

LOL LOL
123
LOL
Sugoi! Sugoi!
105
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
131
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
13
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
26
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
38
Daisuki!
Kowai Kowai
51
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
114
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes