SHARE THIS ARTICLE

Saat datang ke Jepang, makanan Jepang apa sih yang ingin kalian cicipi? Kadang para wisatawan sering kesulitan menentukan makanan lezat khas Jepang mana yang mereka ingin cicipi. Dari sekian banyak makanan tersebut, beberapa makanan lokal mungkin malah tidak termasuk dalam daftar makanan yang dikenal para wisatawan. Biasanya mereka lebih memilih atau mungkin disuguhi dengan makanan Jepang terkenal seperti sushi dan sashimi. Tapi sebenarnya makanan Jepang bukan hanya itu. Berikut adalah beberapa makanan lezat dan unik dari Jepang yang kurang dikenal dan mungkin kalian ingin mencicipinya ketika berada di Jepang dilansir dari jpninfo.com.

1. Curry Pan

image:  i.guim.co.uk
image:
i.guim.co.uk

Bagi kalian yang menyukai donat, kari, atau kombinasi aneh lainnya, maka Curry Pan yang juga dikenal sebagai donat kari, adalah makanan yang harus dicoba. Pada dasarnya, makanan ini adalah donat yang diisi dengan kari. Kalau kalian sudah terbiasa memakan donat dengan rasa manis mungkin akan terkejut ketika menggigit donat ini. Namun rasanya memang mengejutkan baik saat disajikan dingin atau panas.

2. Basashi (sashimi daging kuda)

image: c1.staticflickr.com
image: c1.staticflickr.com

Basashi menawarkan irisan tipis daging kuda mentah yang berbeda dari daging sapi. Tapi kelezatannya benar-benar harus kalian coba, terutama jika kalian berada di Kumamoto, tempat dari banyak hidangan terkenal di Jepang. Kalian bisa mendapatkan daging kuda yang disajikan dalam berbagai cara lainnya, termasuk dalam bentuk es krim sashimi daging kuda.

3. Shirako (sperma ikan)

image: foodsaketokyo.files.wordpress.com

Hidangan yang namanya jika diterjemahkan berarti ‘anak putih’ ini pada dasarnya adalah sperma ikan. Sebagian besar orang luar Jepang sudah terbiasa menyantap salmon roe, tapi kalian mungkin akan agak asing dengan rasanya. Shirako pada dasarnya adalah alat kelamin ikan jantan yang berisi sperma. Hidangan yang satu ini bisa kalian cicipi atau mungkin akan kalian hindari selama berada di negeri matahari terbit tersebut.

4. Okonomiyaki

image: djfoodie.com
image: djfoodie.com

Makanan yang namanya jika diterjemahkan berarti ‘makanan goreng apa pun yang kalian inginkan’ ini pasti sudah sering kalian dengar, atau mungkin sudah pernah kalian cicipi. Okonomiyaki pada dasarnya berisi sekelompok bahan yang berbeda, biasanya berisi mie, yang digoreng dan kemudian ditutupi adonan untuk membuat pancake. Banyak restoran Okonomiyaki yang memberi kalian kesempatan untuk memasak sendiri dengan menambahkan mayones dan saus okonomiyaki khusus sesuka hati.

5. Nankotsu (tulang rawan ayam)

image: hungrycon.com
image: hungrycon.com

Dari namanya saja mungkin ini bukan makanan favorit kalian. Tapi tulang rawan ini wajib dicoba untuk merasakan sensasinya saat kalian mengunyah dan terus mengunyahnya di mulut kalian.

6. Spaghetti Sandwich

image: b-shoku.jp
image: b-shoku.jp

Spaghetti dalam sandwich? Kalian bisa mendapatkan makanan ini di supermarket dan beberapa toko-toko. Makanan ini terdiri dari spaghetti dan sejenis saus tomat, dan pasta makaroni dengan mayones telur, dan tentu saja berbagai bahan acak lainnya seperti tauge/kecambah. Tapi makanan ini termasuk murah, malah sangat murah. Terutama saat dijual setengah harga di penghujung hari. Sandwich ini bisa dijual seharga 50 yen.

7. Natto (kedelai fermentasi)

image: glowrecipe.files.wordpress.com
image: glowrecipe.files.wordpress.com

Makanan ini cukup istimewa. Baunya tercium sangat kuat, dengan tekstur licin dan kering pada saat yang sama. Rasanya? Lebih baik kalian mencobanya dan mencari tahu sendiri.

Source : jpninfo.com
COMMENT