SHARE THIS ARTICLE

Kansai adalah sebutan wilayah di pulau Honshu di Jepang yang meliputi prefektur Mie, Nara, Wakayama, Kyoto, Osaka, Hyogo, dan Shiga. Meskipun Kansai dikenal sebagai wilayah yang menghasilkan banyak pelawak terkenal, namun seperti layaknya orang Jepang pada umumnya, mereka juga menyukai kisah-kisah mistis, dan suka melakukan uji nyali di tempat-tempat seram. Berikut ini adalah 5 tempat terseram di Kansai, seperti yang dilansir dari Japan Info.

  1. Nara Dreamland

Nara Dreamland dibuka pada tahun 1961, dan merupakan sebuah taman bermain dengan popularitas besar pada masanya. Setelah dibukanya Tokyo Disneyland dan Universal Studio Japan, pengunjung taman bermain ini makin sedikit, dan akhirnya tempat ini ditutup pada 31 Agustus 2016.

Sejak ditutup, taman ini terus dibiarkan begitu saja, sehingga taman bermain ini ditutupi oleh rumput, pohon dan tanaman rambat. Sejak tahun 2013, taman ini mulai menarik perhatian orang-orang yang ingin memotret keadaannya yang tidak terurus. Sejak tahun 2014, ada blogger Jepang yang mengklaim bahwa tempat ini tidak hanya sangat menyeramkan, namun juga menjadi tempat kejadian supernatural, seperti adanya barang-barang yang mendadak bergerak sendiri, bayangan di balik bangunan kosong, suara-suara aneh, dan semacamnya.

  1. Kuil Kubitsuka Daimyojin

Kuil ini berada di jalan 9, dekat Oi-no-saka, dan cenderung sepi walaupun di siang hari. Kisah mengenai kuil ini didasarkan pada sebuah kisah dari zaman Heian yang berjudul Shutendoji. Shutendoji adalah iblis yang hidup di Gunung Oe, dan sering mengunjungi Kyoto untuk membunuh, memperkosa, dan menculik gadis muda. Akhirnya, istana kekaisaran mengirimkan Minamoto Raiko dengan 3 pahlawan lain untuk membunuh Shutendoji, yang berhasil dilakukan dengan memotong kepalanya.

Kepala Shutendoji dipercaya dikuburkan di bawah kuil Kubitsuka, bahkan bisa dikatakan, kuil ini didirikan karena di tempat tersebut dikuburkan kepala sang iblis. Nama kuil ini sendiri, Kubitsuka, memiliki arti kuburan kepala. Kini, tempat ini cukup sering didatangi oleh para pemburu hantu. Legenda Shutendoji, atmosfir suram kuil ini, dan minimnya pengunjung membuat kuil ini menjadi tempat yang cocok untuk cerita hantu.

  1. Fushimi Inari Taisha

Jinja yang berada di Kyoto ini sangat terkenal sebagai obyek wisata baik bagi orang Jepang maupun orang asing, namun di balik itu, jinja ini memiliki legenda dan misterius yang cocok untuk disebut sebagai salah satu tempat terseram di Kansai. Jinja ini menyembah dewa Inari, yang biasa digambarkan sebagai sesosok rubah. Pintu gerbang jinja ini dijaga oleh 2 buah patung rubah, dan menurut legenda, siapapun yang menatap mata patung rubah tersebut, tidak akan dapat keluar hidup-hidup dari jinja ini.

Legenda lain mengenai tempat ini di antaranya adalah jika ada pasangan yang mendaki gunung tempat jinja ini berada dengan melewati seribu gerbangnya di waktu senja maka akan menghilang dan kalaupun mereka berhasil kembali ke dunia nyata, mereka tidak akan ingat apapun. Kasus hilangnya anak-anak di sekitar Fushimi Inari sudah pernah terjadi beberapa kali.

Salah satu kasus aneh yang terjadi di jinja ini adalah di mana ada satu keluarga yang terdiri dari seorang ayah dan ketiga anaknya ditemukan tewas dengan leher tergantung di gerbang torii jinja ini saat terbit matahari. Yang misterius adalah di tempat itu tidak ditemukan pijakan yang bisa dipakai si ayah untuk menggantung anak-anaknya dan menggantung dirinya sendiri.

  1. Kifune Jinja

Jinja yang berada di Kyoto ini dipercaya sebagai tempat asal kutukan Ushi no Koku Mairi. Ushi no Koku Mairi merupakan kutukan yang dilakukan oleh perempuan dengan mengenakan baju putih, dan memalu paku ke pohon shinto pada Ushi no Koku (Jam sapi, periode antara jam 1 pagi sampai jam 3 pagi). Variasi lain dari kutukan ini menggunakan boneka jerami, atau barang pribadi milik orang yang ingin dikutuk. Setelah melakukan ini, korban akan mati mengenaskan dalam 7 hari. Bahkan hingga zaman sekarang, masih ada laporan mengenai orang yang melihat wanita memaku boneka jerami, atau yang menemukan sepatu atau potongan baju dipaku ke pohon suci.

  1. Terowongan Kiyotaki

Tidak hanya sebagai salah satu tempat terseram di Kansai, terowongan ini seringkali disebut-sebut sebagai tempat paling menyeramkan di Jepang. Pada zaman Namboku (1336-1392) wilayah ini adalah medan perang yang juga digunakan sebagai tempat eksekusi, sehingga tidak heran jika tempat ini menjadi berhantu. Meski demikian, laporan mengenai penampakan supernatural di terowongan yang dibangun pada tahin 1929 ini baru dimulai setelah penemuan tulang belulang seorang gadis yang bunuh diri dengan menggantubng diri sangat dekat dengan terowongan ini pada tahun 1998.

Hantu yang kabarnya telihat di tempat ini sebagian besar adalah hantu perempuan dari segala usia, beberapa terlihat jelas, beberapa hanya menampakkan diri di jendela belakang kendaraan. Beberapa orang lain mendengar suara lolongan laki-laki dari dalam tembok terowongan. Hal ini dipercaya berhubungan dengan banyaknya korban jiwa pada saat pembangunan terowongan ni.

Masyarakat setempat juga memiliki cerita seram mengenai lampu lalu lintas di area tersebut. Jika pada saat sampai ke lampu lalu lintas di dekat terowongan ini, lampu tersebut langsung menjadi hijau, jangan langsung menjalankan mobil, karena bisa jadi lampu tersebut adalah cahaya dari dunia lain. Jika memaksa menjalankan mobil, maka di terowongan itu kalian akan menghadapi berbagai hantu yang berusaha menghabisi kalian. Jika lampu lalu lintas tersebut berwarna hijau, menepilah hingga ia berwarna merah lagi, dan jalanlah saat lampunya menjadi hijau kembali. Kepercayaan ini berakar sangat kuat di antara masyarakat setempat, sehingga pemandangan mobil yang menepi di depan lampu lalu lintas ini cukup sering terlihat di tempat ini.

Di antara 5 tempat terseram di Kansai di atas, mana yang kalian ingin, atau malah sudah pernah kunjungi?

(All images: jpninfo.com)

Source : jpninfo.com
COMMENT