SHARE THIS ARTICLE

japan best hiking (1)Hiking (salah satu kegiatan outdoor di mana pelakunya melakukan aktivitas berjalan kaki sebagai kegiatan rekreatif dan olahraga) di Jepang adalah salah satu rahasia terpendam yang terbaik dalam dunia hiking. Kalian dapat pergi dari satu tempat ke tempat lain di pegunungan tertinggi di Jepang, melintasi ‘Big Snow Mountain‘ di Hokkaidou, mendaki gunung berapi di Kyuushuu, atau berjalan-jalan di perbukitan di sekitar Kyoto. Ke manapun kalian pergi, kalian mungkin tidak akan sendirian: orang-orang Jepang adalah pejalan kaki yang sangat bersemangat.

japan best hiking (3)1. Daisetsuzan National Park (Hokkaidou)

japan best hiking (4)Namanya berarti ‘Big Snow Mountain‘ dan selama beberapa tahun, gunung yang besar di Hokkaidou ini hidup sesuai dengan namanya. Ketika salju mencair, hiking pun menjadi ramai. Dikenal sebagai ‘Nutakukamushupe‘ dalam bahasa Ainu, Daisetsuzan atau ‘Big Snow Mountain‘ adalah taman nasional terbesar di Jepang, yang mencakup lebih dari 2300 km persegi. Sebuah wilayah gunung yang luas, gunung berapi yang aktif, onsen terpencil, danau yang jernih dan hutan yang lebat, Daisetsuzan adalah jenis tempat yang para pekerja stres di Tokyo dan Osaka impikan pada perjalanan mereka sehari-hari. Hampir tak tersentuh oleh tangan manusia, taman ini memiliki pariwisata yang minim, dengan sebagian besar pengunjung terpusat di desa-desa dengan mata air panas di pinggirannya. Dari kenyamanan hotel di onsen tempat kalian menginap, kalian dapat sedikit berjalan-jalan ke interior taman ini, datang ke puncaknya dan melakukan hiking melalui lembahnya pada rute-rute yang menantang.

2. Kamikouchi (Nagano-ken)

japan best hiking (5)Sebuah tempat terasing di jantung pegunungan tinggi di Jepang, Kamikouchi memiliki beberapa pemandangan paling indah di Jepang. Kamikouchi menawarkan beberapa pemandangan paling spektakuler di Jepang di sepanjang sungai Azusa-gawa yang deras, dan berbagai jalan setapak untuk hiking dari yang terlihat. Pada akhir abad ke-19, orang-orang asing ‘menemukan’ wilayah pegunungan ini dan menciptakan istilah ‘Alpen Jepang’. Seorang misionaris Inggris, Pendeta Walter Weston, bekerja keras dari puncak ke puncak dan memicu minat orang-orang Jepang dalam menjelajah pegunungan sebagai olahraga. Ia kini dihormati dengan festival (pada hari Minggu pertama bulan Juni, pembukaan resmi dari musim hiking), dan Kamikouchi telah menjadi markas bagi para pejalan kaki dan pendaki. Telah menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk pergi ke sana-sini di sepanjang jalur sungai Kamikouchi yang berjajar dengan sasa (rumput bambu).

3. Fuji-san (Shizuoka-ken)

japan best hiking (6)Apa yang membuat para pendaki serius akan datang ke Jepang jika tidak mencapai puncak tertinggi di Jepang? Jika kalian berada di sini pada bulan Juli atau Agustus, pendakian di Gunung Fuji adalah suatu keharusan. Pada ketinggian 3776 meter, Gunung Fuji adalah puncak tertinggi dan paling terkenal di Jepang, dan jelas-jelas adalah daya tarik alami negeri itu. Selain mendaki Fuji-san, para pengunjung dapat berburu pemandangan berharga dari gunung suci ini dari seluruh Fuji Go-ko (Fuji Five Lakes). Bulan-bulan saat musim dingin dan musim semi adalah saat terbaik untuk melihat Fuji, namun, bahkan selama saat-saat tersebut puncaknya yang berselimut salju mungkin hanya bisa dilihat di pagi hari sebelum bersembunyi di balik tirai awan. Kesulitannya untuk dipandang itu, tentu saja, adalah bagian yang menarik.

4. Yakushima (Kagoshima-ken)

japan best hiking (7)Pulau di selatan Kyuuushuu ini adalah rumah bagi pohon kuno Joumon Sugi dan beberapa area hiking pegunungan yang indah. Ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia Unesco pada tahun 1993, Yakushima adalah salah satu pulau yang paling berharga di Kepulauan Barat Daya. Puncak gunungnya yang terjal dari interior pulau ini adalah rumah bagi yaku-sugi (Cryptomeria japonica) yang terkenal di dunia, pohon cemara kuno yang dikatakan telah menjadi inspirasi bagi beberapa adegan di animasi klasik Princess Mononoke garapan Hayao Miyazaki.

Melakukan hiking di antara puncak-puncak tinggi dan hutan berlumut adalah kegiatan utama di Yakushima, tetapi pulau ini juga rumah bagi beberapa onsen pesisir yang sangat baik dan beberapa pantai berpasir. Perlu diingat bahwa Yakushima adalah tempat yang ekstrem: Pegunungannya memeras setiap tetes terakhir uap air dari awan yang lewat dan interior pulau ini adalah salah satu tempat terbasah di Jepang. di musim dingin puncaknya dapat tertutup salju, sedangkan pantainya masih relatif nyaman. Apapun yang kalian lakukan, datanglah dengan perlengkapan yang baik dan jangan melakukan hiking tanpa membawa peta yang baik dan peralatan yang tepat. Sebuah Surat Izin Mengemudi Internasional juga akan sangat meningkatkan kenikmatan kalian di sini, karena hanya terdapat bus sedikit dan jarak yang jauh antara satu sama lainnya.

5. Aso-san (Kumamoto-ken)

japan best hiking (8)Gunung berapi semi-aktif di Kyuushuu ini menawarkan beberapa area hiking dan pemandangan yang luar biasa. Ancaman yang selalu ada akan letusan menambah sensasi tertentu untuk melakukan hiking. Pada setengah jalan antara Kumamoto dan Beppu terdapat kaldera gunung berapi Aso-san yang sangat indah. Tempat ini merupakan yang terbesar di dunia (dengan lingkar 128 km) , begitu besarnya sehingga sulit pada awalnya untuk menentukan skalanya. Dibentuk melalui serangkaian letusan selama 300.000 tahun terakhir, kawah luarnya saat ini berumur sekitar 90.000 tahun dan sekarang menampung kota-kota, desa-desa dan jalur kereta. Aso-san masih aktif, dan puncaknya sering dibatasi untuk lewat karena emisi gas beracun atau kondisi anginnya. Kalian dapat memeriksa ke pusat informasi wisatawan atau di sini untuk update dalam bahasa Inggris.

Lebih baik dieksplorasi dengan mobil, daerah ini menawarkan beberapa tempat mengemudi yang luar biasa, beragam pemandangan dan tempat terasing yang damai. Rute 57, 265 dan 325 membuat sirkuit di luar kaldera, dan jalur kereta JR Hohi melaju di bagian utara. Jika kalian mengemudi, Daikanbou Lookout adalah salah satu tempat terbaik untuk menempuh semuanya, tapi tempat itu sering penuh sesak dengan bus. Shiroyama Temboudai di Yamanami Hwy adalah alternatif yang baik. Aso adalah kota utama, tapi Takamori, ke selatan, lebih akrab dan menawan.

Source : lonelyplanet.com
COMMENT