Inilah 5 Mainan Buatan Jepang Yang Populer Di Kalangan Generasi 90-an


Mainan
Mainan

Sejak tahun 90-an, berbagai macam mainan asal Jepang mulai menjamur dan menjadi sangat populer di seluruh dunia, termasuk di kalangan anak-anak Indonesia saat itu. Beberapa mainan klasik yang terinspirasi dari anime tersebut dikenal seiring melejitnya tayangan-tayangan anime buatan negeri sakura di berbagai belahan dunia. Seiring berkembangnya teknologi, beberapa daftar mainan yang telah ada sejak puluhan tahun silam di bawah ini mulai terlupakan, namun masih ada yang tetap eksis hingga sekarang.


Berikut ini adalah beberapa daftar mainan buatan Jepang yang sangat populer di kalangan anak-anak generasi 90-an di Indonesia.

1. Mini 4WD

TamiyaBlog.com

Mobil mini 4WD atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tamiya bisa jadi merupakan mainan paling mahal pertama yang dimiliki oleh anak – anak di generasi 90-an. Tak hanya di negara asalnya, namun permainan ini juga sangat populer hingga seluruh dunia termasuk Indonesia, hal tersebut tidak terlepas dari membooming-nya serial anime Let’s & Go. Mobil – mobil mini 4WD tersebut kerap kali diperlombakan di atas lintasan untuk menentukan mobil siapa yang paling cepat.

2. Beyblade

Fanpop.com

Sama halnya dengan mini Tamiya, Beyblade juga merupakan salah satu mainan yang terinspirasi dari anime. Beyblade sebenarnya adalah sebuah permainan yang paling menyenangkan sekaligus membosankan terutama saat Beyblades milik kita hanya berputar menunggu sampai berhenti. Dimulai dari mengucapkan aba-aba 3, 2, 1, Let it Rip!, dua Beyblade atau lebih akan saling beradu di dalam arena, pemenangnya ditentukan dari Beyblade yang paling terakhir berhenti berputar.


3. Tamagotchi

Tamagotchi
em.rocketnews24.com

Tamagotchi merupakan mainan paling ikonik yang pertama diluncurkan di Jepang pada tahun 1996, mulai menyebar dan dimainkan oleh anak-anak di seluruh dunia sejak tahun 1997. Konsep di balik permainan ini adalah merawat hewan peliharaan, dimulai dari telur menetas hingga membuatnya tumbuh dewasa dengan cara memberi makan dan menjaga kesehatan mereka agar terus tumbuh, namun jika lalai, maka hewan tersebut akan mati. Kini mainan tersebut akan kembali hadir di negara asalnya sebagai bagian dari perayaan 20th Anniversary Tamagotchi.

4. Yu-Gi-Oh! Trading Cards

eBay.com

Permainan Yu-Gi-Oh hadir dari anime terkenal berjudul sama yang pastinya sudah tidah tidak asing lagi di kalangan anak tahun 90-an. Ketika itu, banyak anak-anak termasuk penulis yang kerap kali memainkan permainan Trading Card ini bersama teman-teman saat selama istirahat dan sepulang sekolah karena kartunya yang mudah dibawa kemana-mana. Meski begitu permainan ini juga sedikit sulit dimainkan dikarenakan adanya beberapa kartu sihir, jebakan dan lain-lain yang terkadang membuat pemainnya beradu pendapat.

5. Game Boy

en.wikipedia.org

Mainan sepanjang masa paling terkenal di dunia yang berasal dari negeri sakura  adalah Game Boy buatan Nitendo. Pertama kali diproduksi dan dirilis di Jepang pada tahun 1989, hadirnya Game Boy, console game handheld atau game yang dimainkan dalam genggaman tangan dan bisa dibawa kemanapun jadi revolusi dalam dunia game elektronik.

Masih ada banyak lagi mainan-mainan buatan Jepang yang sangat populer di zaman itu, dan beberapa mainan di atas hanyalah sebagian kecil diantaranya. Dari daftar mainan di atas, maian apa yang paling berkesan buat kalian atau  masih hingga sekarang?


What's Your Reaction?

LOL LOL
1
LOL
Sugoi! Sugoi!
24
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
2
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
3
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
45
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
5
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes