SHARE THIS ARTICLE

Beberapa bulan mendatang, pemerintah Jepang akan memutuskan apakah wisatawan Indonesia akan bebas visa. Kalau memang diketuk palu dan jadi bebas visa, 5 kota di Jepang ini pun wajib masuk dalam daftar kunjungan!

Pemerintah Jepang dan partai koalisi yang berkuasa di sana sedang membahas kebijakan bebas visa bagi wisatawan Indonesia, Filipina dan Vietnam. Ini adalah salah satu cara pemerintah Jepang untuk mendatangkan lebih banyak turis dari Indonesia. Di lain sisi, kebijakan itu tentu memudahkan wisatawan Indonesia untuk liburan dan menjelajahi Jepang.

Dilongok dari situs resmi badan pariwisata Jepang, Japan National Tourism Organization, Rabu (16/4/2014) berikut kota-kota yang menarik untuk didatangi:

1. Tokyo

163057_jepkot1

Tokyo disebut-sebut sebagai salah satu kota metropolis paling menarik di Asia. Gedung-gedung pencakar langit menjulang tinggi di sudut-sudut kota dan sistem transportasi yang canggih membuat turis nyaman saat berada di sana. Dengan 13 juta penduduk, Tokyo adalah kota yang tak pernah tidur!

Yang unik, bangunan-bangunan bersejarah ratusan tahun silam dan nilai budayanya yang kental justru berdampingan dengan kehidupan perkotaan yang modern. Dua hal inilah yang jadi daya tarik Tokyo. Anda bisa mengunjungi Imperial Palace, atau Istana Kekaisaran yang sudah berdiri sejak abad ke-16. Di dalamnya terdapat museum, Taman Timur (Higashi Gyoen) yang punya bunga-bunga dari segala musim dan Jembatan Kembar yang cantik.

Kalau mau belanja barang-barang dengan merk ternama, datanglah ke kawasan Ginza yang terkenal sebagai tempat perbelanjaan mewah. Pasar-pasar tradisional di Tokyo juga ada di Asakusa yang jadi incaran turis untuk berburu kimono dan sisir buatan tangan. Bagi anak muda, Shibuya menjadi tempat nongkrong favorit dan belanja fashion.

Tokyo pun memiliki Taman Ueno yang tak pernah sepi dari kunjungan turis. Apalagi di bulan April ini, taman itu berubah menjadi surga penuh bunga sakura berwarna merah muda.

2. Kyoto

163156_jepkot2

Tak afdol rasanya, kalau Anda ingin mengenal kebudayaan dan sejarah Jepang kalau belum datang ke Kyoto. Kyoto adalah ibukota Jepang selama ratusan tahun silam sebelum Tokyo, dengan banyak peninggalan kuil bersejarah dan adat istiadat budaya yang masih terjaga baik. Contohnya, Anda masih bisa menemui geisha, seniman wanita yang biasanya mementaskan tarian atau musik tradisional Jepang di jalanan Kyoto.

Ada sekitar 17 kuil Shinto dan Buddha di Kyoto yang menjadi Warisan Budaya Dunia. Beberapa kuil yang terkenal di sana seperti Kuil Sanjusangendo yang punya 1.001 patung Dewi Kannon, Kuil Kiyomizu di atas lembah yang menampilkan panorama Kota Kyoto dari ketinggian, Kuil Ryoanji yang punya taman batu sederhana dengan hanya bebatuan dan pasir putih, dan Kuil Kinkakuji yang punya paviliun emas.

Pada akhir tahun 2013 lalu, Kota Kyoto menjadi destinasi wisata yang ramah bagi turis Muslim. Beberapa penginapan seperti Hotel Granvia dan Kyoto Century Hotel sudah punya menu halal. Lalu, Kyoto Rose Cafe pun menyuguhkan aneka makanan halal. Turis Muslim jadi lebih nyaman saat maneghabiskan waktu di Kyoto. Asyik!

3. Sapporo

163300_jepkot3

Mau merasakan suasana alam yang tenang dengan segala lanskap pegunungan dan danau cantik di Jepang? Mampirlah ke Sapporo di Pulau Hokkaido. Inilah tempat ‘pelarian’ turis yang mau meruwat diri dan merasakan suasana yang syahdu.

Jalan utama di Kota Sapporo dihiasi dengan Taman Odori yang terdapat banyak bunga berwarna-warni. Turis bisa duduk-duduk di bangku taman, memandangi air mancur atau berfoto-foto di sana. Namun saat bulan Februari, taman ini jadi tempat perayaan Festival Salju. Para seniman memahat bongkahan es raksasa untuk dibuat seperti aneka tokoh kartun dan tokoh-tokoh terkenal dunia. Festival ini biasanya dikunjungi 2 juta turis!

1 Jam 20 menit naik bus dari Sapporo, Anda akan tiba di Danau Shikotsu. Ini adalah danau kaldera yang cantik dan berada di antara tebing-tebing yang menjulang. Airnya berwarna biru tua, dan tidak pernah membeku meski musim dingin. Satu lagi tempat untuk menyegarkan di Sapporo adalah Jozankei Spa, sebuah resor air panas populer.

4. Osaka

163333_jepkot4

Osaka merupakan kota terbesar ke-3 di Jepang. Osaka berada di mulut Sungai Yodo yang bermuara di Teluk Osaka. Kota ini memiliki jaringan kanal yang ada di bawah jalanan yang ramai. Turis pun bisa naik boat dan menjelajahi kanalnya, karena itulah Osaka dikenal sebagai kota klasik.

Osaka juga menjadi surga kuliner untuk turis. Di kawasan Umeda dan Namba, siap-siap menggoyang lidah dengan aneka kuliner seperti yakiniku (daging panggang), fugu-nabe (ikan fugu atau ikan buntal yang dimasak dalam panci), sushi, dan masih banyak lagi.

Dua tempat paling populer di Osaka yang selalu ramai kunjungan turis adalah Osaka Aquarium Kaiyukan dan Universal Studios Japan. Jalan-jalan di Osaka rasanya tak cukup sehari!

5. Nagoya

163406_jepkot5

Kota terakhir yang wajib masuk daftar kunjungan Anda ke Jepang adalah Nagoya di wilayah Chubu. Nagoya tempat yang asyik untuk dilalui pejalan kaki karena terkenal dengan jaringan jalan dan jalan raya yang baik.

Benteng Nagoya di pusat kotanya menjadi destinasi populer di sana. Benteng ini dulunya adalah tempat tinggal dan markas besar militer klan Tokugawa. Nagoya juga dikenal sebagai pusat pembuatan tembikar, seperti Seto yang merupakan salah satu produsen tembikar terbesar di Jepang. Suvenir berupa piring-piring kecil jadi yang paling sering diburu turis.

Source : travel.detik.com
COMMENT