SHARE THIS ARTICLE

Ramen, sajian mie khas negara Jepang yang banyak digemari dan mendunia. Makanan ini memang paling enak dinikmati saat cuaca dingin. Salah satu hal yang membuatnya digemari adalah selain rasanya yang enak, mie khas negeri sakura ini terdiri dari berbagai macam pilihan rasa dan beragam jenis ramen yang lezat.

4 Jenis Ramen (1)
dreamersradio.com

Di negeri asalnya sendiri ada sekitar 26 jenis ramen. Nah, bagi kamu yang mengaku pecinta ramen wajib tahu 4 jenis ramen yang paling umum serta paling populer dan banyak digemari. Inilah 4 jenis ramen tersebut:

1. Shio

4 Jenis Ramen (2)

Shio sendiri berarti garam dalam bahasa Jepang. Shio sendiri merupakan jenis ramen tertua. Kuah shio sendiri berwarna kekuningan dengan rasa yang lebih asin dari jenis ramen lainnya. Mie yang digunakan untuk menyajikan shio ramen umumnya adalah mie tebal yang tidak keriting bentuknya lurus memanjang.

Topping yang digunakan dalam penyajiannya adalah potongan daging ayam, daun bawang, beberapa sayuran dan tak ketinggalan nori.

2. Shoyu

4 Jenis Ramen (3)

Shoyu artinya saus kecap dalam bahasa Jepang. Ini adalah sajian ramen klasik yang ringan. Ciri khas dari ramen satu ini adalah kuahnya yang berwarna hitam kecoklatan yang cerah karena terbuat dari saus kecap, rasanya asin dan gurih.

Mie yang digunakan adalah jenis mie yang lebih keriting dan tidak setebal mie jenis shio ramen. Topping paling umum yang disajikan shoyu ramen adalah rebung, nori, ikan kue, telur rebus, daun bawang dan juga taoge.

3. Miso

4 Jenis Ramen (4)

Miso ramen adalah sajian ramen berbeda dan umurnya tidak setua shio ramen serta shoyu ramen yang berasal dari Hokkaido. Ciri khas dari ramen ini memiliki kuah yang lebih kental berwarna kuning kecoklatan karena terbuat dari pasta miso yang dicampur dengan kaldu ayam atau ikan terkadang kaldu daging babi.

Rasa gurihnya lebih kuat dari ramen lainnya. Mie yang digunakan pun biasanya tebal, keriting dan tak terlalu kenyal.

4. Tonkotsu

4 Jenis Ramen (5)

Tonkotsu memiliki arti tulang babi. Ramen ini memang memiliki kuah yang terbuat dari tulang babi. Ciri khas ramen ini berwarna putih dengan tekstur yang kental. Kuahnya terbuat dari tulang babi yang direbus selama berjam-jam sehingga menghasilkan kaldu berlemak warna putih yang rasanya sangat gurih.

Tonkotsu banyak digemari karena rasanya yang gurih dan lezat. Mie yang digunakan sama dengan mie pada shio ramen, dan biasanya ramen ini juga disajikan bersama beni shoga atau acar jahe.

Source : dreamersradio.com
COMMENT