SHARE THIS ARTICLE

Di Jepang sepertinya setiap kota memiliki makanan dengan kelezatannya tersendiri, dan seolah-olah kota-kota tersebut didefinisikan oleh makanan istimewanya. Misalnya, bagi beberapa orang Okonomiyaki berasal dari Hiroshima, Miso Katsu terbaik datang dari Nagoya, dan masih banyak lagi kota lain dengan makanan istimewanya. Begitu juga dengan Fukuoka, yang dikenal karena Tonkotsu Ramen-nya yang berminyak dan lezat. Tapi selain Tonkotsu Ramen masih ada makanan lainnya yang berasal dari kota Fukuoka lho. Apa saja tuh makanan istimewa lainnya?

Inilah 3 makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke FukuokaSeperti dikutip dari blog.gaijinpot.com, berikut ini adalah tiga makanan yang layak dicari saat kalian berkunjung ke Fukuoka:

1) Motsunabe もつ鍋

Seperti namanya, Motsunabe adalah jenis Nabe, yang merupakan rebusan ala Jepang yang disajikan dalam panci panas. Bahan utamanya adalah daging sapi dan usus babi (biasanya sapi), itulah yang membuatnya istimewa. Selain itu kecap, bawang putih dan cabai juga adalah bumbu dari sup Nabe ini. Rasanya yang kaya dengan kaldu dan lezat dihasilkan ketika usus ditambahkan ke dalam supnya dan dimasak perlahan-lahan. Karena tekstur usus yang lembut dan lezat maka rasa tersebut meresap ke dalamnya. Dengan menambahkan daun bawang bawang putih di atasnya, dan mie Champon, maka lengkap sudah semua bahan yang diperlukan untuk makanan yang disajikan hangat ini. Di Fukuoka ada banyak restoran Motsunabe, tapi sebuah restoran di Akasaka bernama Motsunabe Yamanaka adalah yang paling terkenal.

2) Mentaiko 明太子

Mentaiko adalah bahan makanan yang berasal dari Korea dan datang ke Jepang melalui Fukuoka, yang merupakan bentuk pedas dari Pollock roe (telur ikan Pollock). Bahan makanan dengan rasa menyengat ini dapat dimakan mentah atau dimasak, dan sering disertakan dengan makanan lain untuk membuat alternatif rasa lezat yang baru. Lebih dari tiga ratus produsen mentaiko ada di kota ini dan lebih dari dua ratus toko menjualnya sebagai omiyage (suvenir) untuk dibawa pulang. Menu umum dari berbagai restoran di kota ini menyajikan mentaiko pasta, pizza mentaiko, mentaiko Tamago Yaki (telur gaya omelet) dan mentaiko onigiri (nasi). Di pabrik Fukutaro Mentaiko yang ada di kota Fukuoka kalian bahkan dapat melihat bagaimana mentaiko dibuat. Kalian dapat membeli produk mentaiko eksklusif yang segar dan lezat saat diajak tur gratis di pabrik ini.

3) Yuzu Kosho 柚子胡椒

Jika Motsunabe adalah makanan terbaik, dan mentaiko adalah bahan terbaik, maka Yuzu Kosho adalah bumbu terbaik di Fukuoka. Yuzu, buah jeruk yang umumnya ada di Jepang, adalah bahan dari Yuzu Kosho. Untuk membuat rasa yang pedas dan lezat dari bumbu ini, kulit dari Yuzu disatukan dengan garam dan cabai paprika, yang bahkan dapat membuat makanan biasa yang membosankan menjadi meriah dengan sedikit rasa jeruk dan rempah-rempah. Ada teori tentang dari mana Yuzu Kosho yang terkenal di seluruh Kyushu ini berasal. Ada beberapa orang yang mengatakan berasal dari Hita, prefektur Oita dan ada juga yang mengatakan berasal dari Soeda, prefektur Fukuoka. Dari manapun asalnya, Yuzu Kosho dapat ditemukan di seluruh prefektur tersebut.

Source : blog.gaijinpot.com
COMMENT