SHARE THIS ARTICLE

Tahukah kalian ada banyak cara untuk menikmati musik, khususnya di negara Jepang. Apakah itu dengan menonton band kesayangan kalian secara langsung, datang ke festival atau bahkan kalian dapat menonton acara musik di pinggir jalan dengan kualitas yang tidak kalah dengan acara yang diadakan oleh promotor-promor terkenal. Tempat mana sajakah yang paling sering dikunjungi untuk menonton acara musik? Simak ulasan di bawah ini lengkap dengan lokasinya.

1.Festival

681x454Siapa bilang rock and roll tidak bisa dinikmati dengan santai dan tenang? Hanya di Jepang kalian dapat menikmati musik rock and roll dengan suasana nyaman dan didukung oleh jadwal yang teratur dan terorganisir dengan baik. Mayoritas band yang didatangkan pun beragam baik itu lokal maupun internasional, perform-nya dalam bentuk festival yang diadakan oleh panitia penyelenggara selama periode Juli dan Agustus. Inilah beberapa jadwal festival rock and roll yang rutin diadakan setiap tahunnya.

1. Fuji Rock Festival – acara yang digelar setiap bulan Juli selama 3 hari di Resor Ski Naeba, Niigata. Terdapat pemusik legendaris termasuk Oasis, Weezer, Patti Smith, My Bloody Valentine dan Happy Mondays.

2. Rising Sun Festival – acara yang digelar setiap bulan Agustus selama 2 hari di Ishikari, Hokkaido, dengan fokus pada pemusik lokal diantaranya Beat Crusaders, Ken Yokoyama , Guitar Wolf dan Bloodthirsty Butchers.

3. Acara Earth Celebration – acara yang diadakan setiap bulan Agustus selama 3 hari di Pulau Sado. Dimeriahkan oleh drumming performance oleh grup Kodo.

4. Summer Sonic – acara yang diadakan di Tokyo dan Osaka pada bulan Agustus. The Strokes dan Red Hot Chili Peppers pernah memeriahkan acara ini.

url2. Live House

Jika kalian ke Jepang pasti kalian tidak akan sulit untuk menemukan live house. Ya, negara ini memang terkenal dengan live house-nya yang begitu gampang ditemui di setiap prefekturnya. Di live house pun kalian akan dengan mudah menemukan band-band punk seperti Mass of the Fermenting Dregs, Vomit Remnants and Booted Cocks. Live house umumnya memberi tarif kepada siapa saja yang ingin menikmati musik sekitar 1000-2000 Yen dan itu sudah termasuk bonus minum. Tertarik untuk mengunjungi Live House? Iinilah daftar beberapa live house yang ramai dikunjungi di Tokyo dan Osaka.

Tokyo: Basement Bar, Shimokitazawa dan Heaven’s Door, Sangenjaya

Osaka: Namba Bears, Minami dan Fandango, Juso

3. Street Performers

13443822151029093427Jika memang kalian tidak cukup uang untuk menonton musik di festival ataupun di live houses jangan putus asa, karena di Jepang sangat banyak pemusik jalanan yang tidak kalah hebat dengan pemusik profesional. Bagaimana dengan biaya yang dikeluarkan untuk menonton street performers? Kalian dapat menontonnya tanpa biaya sepersen pun alias gratis! Selain gratis kalian pun akan terhibur dengan kualitas pemusik jalanan yang karena Jepang memiliki bakat untuk membuat sesuatu menjadi unik dan mempunyai nilai lebih di mata penikmatnya. Dan inilah beberapa tempat yang wajib kalian kunjungi di Tokyo untuk dapat menikmati street performers.

1. Southeast Exit at Shinjuku Station

2. Yoyogi Park

3. Under the Railway Bridge at Shimokitazawa Station

4. Ueno Park

Setelah mengenal beberapa tempat unik tersebut, bagi kalian penikmat musik sudah tidak ada alasan untuk tidak pergi ke Jepang bukan?

Source : lonelyplanet.com
COMMENT