SHARE THIS ARTICLE

Pada akhir 2013, perusahaan asuransi jiwa terbesar di Jepang telah melakukan survei nama tahunan nasional mereka yang ke-11. Hasil akhirnya terdapat 10 nama keluarga Jepang yang paling populer yang tercantum di bawah ini.

Top-10-Japanese-Names

Anda mungkin memperhatikan bahwa popularitas nama keluarga Jepang teratas tetap relatif stabil dari tahun ke tahun. Anda juga mungkin akan terkejut untuk mengetahui bahwa ini adalah karena para warga rata-rata tidak memiliki nama keluarga hingga era Meiji (1868-1912). Sebelum revolusi politik dan sosial Meiji, nama keluarga disediakan untuk orang kaya, terkenal dan untuk bangsawan Jepang. Selama revolusi kebudayaan, sebuah hukum telah disahkan yang mengharuskan orang-orang untuk mendaftarkan suatu nama keluarga. Banyak orang Jepang mengambil nama keluarga yang sudah digunakan, berharap bahwa orang lain akan mengasosiasikan mereka dengan keluarga bangsawan atau keluarga bergengsi lainnya.

Nama-nama di bawah ini tercantum dalam urutan peringkat dalam urutan popularitas mereka. Juga disertakan terjemahan nama, beberapa informasi menarik tentang nama, dan orang-orang terkenal yang mungkin berbagi nama tersebut.

10. Kato (加藤)

Berasal dari apa yang sekarang merupakan Prefektur Ishikawa, Kato, ketika dieja 加藤, berarti “untuk menambah klan Fujiwara”. Klan Fujiwara adalah sebuah keluarga tua dari Jepang yang menangani tugas-tugas bupati dan bertindak sebagai pelayan ketika Kaisar Jepang masih anak-anak. Sekitar 1.000.000 orang di seluruh Jepang berbagi nama ini. Beberapa orang penting termasuk Kato Natsuki, yang merupakan seorang aktris populer dan model Jepang, dan Kato Kazuki yang merupakan aktor dan musisi Jepang yang terkenal.

9. Yamamoto (山本)

山 (yama) berarti “gunung” dalam bahasa Jepang, sementara 本 (moto) berarti “dasar” atau “sumber”. Saat ini, ada 1.020.000 orang di Jepang dengan nama ini, dan berbagai bisnis/organisasi juga telah mengadopsinya. Penggemar sejarah Barat mungkin menemukan nama ini kontroversial karena ini adalah nama Admiral Jepang yang sebagian besar bertanggung jawab atas serangan terhadap Pearl Harbor dan menjadi komandan pada pertempuran Midway.

8. Kobayashi (小林)

Ada 1.050.000 orang dengan nama Kobayashi yang tinggal di Jepang. Salah satu dari para Kobayashi yang paling terkenal sebenarnya tinggal di Amerika Serikat. Takeru Kobayashi sering menemukan dirinya di media AS berkat keahliannya sebagai juara dunia dalam hal pemakan. Dia saat ini memegang beberapa rekor dunia untuk lomba makan. Nama ini juga digunakan oleh antagonis utama dalam film cult klasik “The Usual Suspects“. Huruf (小) ko berarti “kecil/sedikit” sementara (林) hayashi berarti “hutan”.

7. Nakamura (中村)

Saat ini adalah nama ke-7 yang paling populer di Jepang, nama tersebut dimiliki oleh 1.070.000 orang. Naka (中) berarti “di dalam” sementara mura (村) berarti “kota atau desa”. Hikaru Nakamura adalah nama dari grandmaster catur Amerika yang saat ini adalah pemain USCF yang dinilai tertinggi. Saemi Nakamura juga adalah nama aktris yang memerankan Kimiko Nakamura (kakak Hiro) di acara TV Heroes di NBC.

6. Ito (伊藤)

Huruf pertamanya, 伊, memiliki makna ganda; yang saat ini digunakan sebagai kata untuk Italia tetapi ketika digunakan dalam nama seseorang, huruf itu berarti “yang satu ini”. Huruf terakhir, 藤, menunjukkan koneksi ke klan Fujiwara. Saat ini ada 1.095.000 orang di Jepang dengan nama ini. Salah satu “Ito” yang terkenal adalah Kiyoshi Ito yang kontribusinya yang mengesankan untuk bidang matematika mengakibatkan didirikannya Ito Calculus yang berfokus pada studi tentang berbagai peristiwa secara acak. Hideaki Ito juga merupakan nama dari salah satu aktor paling populer di Jepang.

5. Watanabe (渡辺)

Watanabe berarti “menyeberang perbatasan”. Para pengguna nama Watanabe pertama adalah bangsawan pengadilan di Jepang kuno. Mereka dikatakan merupakan keturunan langsung dari Kaisar Saga yang memerintah dari tahun 786 sampai 842. Saat ini ada 1.105.000 orang dengan nama ini, dan (bisa dibilang) Watanabe yang paling dikenal bagi dunia Barat adalah aktor Jepang Ken Watanabe. Ken membintangi beberapa film Hollywood, beberapa di antaranya termasuk “Inception“, dan berperan dengan Tom Cruise dalam “The Last Samurai“.

4. Tanaka (田中)

Dengan hanya 1.400.000 orang menggunakan nama ini, ada beberapa variasi tentang bagaimana nama ini dapat ditulis. Cara yang paling umum, 田中, memiliki akar berpijak pada pertanian. Nama ini secara harfiah berarti “bagian tengah dari sawah” dan dapat ditelusuri kembali kepada para petani yang bekerja sebagai buruh di sawah di masa Jepang kuno. Huruf pertama dalam nama ini, ta (田), merupakan salah satu kata tertua yang dikenal yang ditulis di Jepang dan masih digunakan sampai sekarang. Para arkeolog menemukan berbagai pecahan tembikar yang rusak dengan kanji tersebut terukir di bagannya pada situs penggalian arkeologi Matsusaka. Para arkeolog memperkirakan benda yang ditemukan di situs tersebut berasal dari akhir abad ke-2.

3. Takahashi (高橋)

1.425.000 orang saat menggunakan nama ini. Nama ini memiliki beberapa cara untuk ditulis dalam kanji Jepang, tetapi yang paling umum adalah “高桥”. Huruf pertamanya, taka (高), berarti “tinggi” dan huruf kedua, hashi (橋), berarti “jembatan”. Nama ini dikatakan telah dimiliki oleh suatu klan kuno yang mendiami pulau Kyushu di selatan Jepang. Mungkin “Takahashi” yang paling dikenal di Jepang adalah Minami Takahashi, general manager dan member aktif dari grup pop terbesar di dunia, AKB48.

2. Suzuki (鈴木)

Suzu (鈴) berarti “lonceng” dan ki (木) berarti “pohon”. Karya seni yang berisi huruf ini biasanya menggambarkan lonceng yang tergantung di bawah atap kuil Shinto Jepang. Hampir 1.800.000 orang di Jepang memiliki nama ini dan juga nama salah satu dari bisnis Jepang yang paling dikenal secara global. Suzuki juga adalah nama salah satu olahraga memancing ikan paling populer di Jepang, seabass Jepang. Mereka sering disantap sebagai makanan tetapi banyak orang di Jepang percaya bahwa ikan ini, ketika tertangkap, akan membawa keberuntungan bagi pemancingnya.

1. Sato (佐藤)

Hampir 2.000.000 orang memiliki nama ini yang paling umum di Jepang. Dan seperti beberapa nama dalam daftar ini, ia memiliki hubungan dengan klan Fujiwara dari Jepang kuno. Sa (佐) berarti “menolong/pertolongan”, dan to (藤) menyiratkan koneksi ke klan Fujiwara (Wisteria Field). Klan Fujiwara adalah klan yang kuat selama Periode Heian (790-1190 M). Beberapa situs di internet mengklaim bahwa Sato berarti gula, dan mereka tidak salah, tetapi ketika digunakan sebagai nama seseorang, kanji ini ditulis secara berbeda. Sebagai nama seseorang, Sato ditulis “佐藤”. Kata gula ditulis sebagai “砂糖”. Ini semacam seperti bagaimana Matt adalah nama dari barat yang umum tetapi “mat” digunakan untuk menggambarkan pelindung lantai atau rambut yang kusut.

Fakta menarik: 570 orang menyebut pulau kecil Shiraishi Island sebagai rumah mereka. Dari 570 orang tersebut, 92 di antara mereka memiliki nama keluarga Amano. Bagian yang menarik adalah bahwa sebagian besar keluarga Amano sama sekali tidak memiliki hubungan darah. Bagaimana mungkin begitu banyak orang memiliki nama belakang yang sama namun tidak memiliki hubungan darah? Jawabannya kembali ke restorasi Meiji ketika rakyat jelata diminta untuk menambahkan nama keluarga. Jika Anda ingin nama terakhir yang digunakan berasal dari seseorang yang terkenal atau digunakan oleh keluarga bergengsi, Anda akan dikenakan biaya yang mahal untuk menggunakan nama tersebut. Hagie Amano, yang tinggal di pulau Shiraishi pada saat itu, memiliki nama tersebut tetapi tidak dikenakan biaya berapa sen pun. Ia memutuskan untuk membiarkan orang-orang menggunakan nama keluarganya secara gratis. Karena kemudahan dan ketersediaan nama tersebut, sebagian besar dari mereka yang tinggal di pulau itu pada waktu itu menggunakan namanya atas tawaran kemurahanhatinya dan sekarang ada sebuah pulau yang penuh dengan para Amano.

Source : japanverse.com
COMMENT