SHARE THIS ARTICLE

Seperti yang sudah diumumkan sejak Desember 2013 yang lalu, Yuko Oshima dipastikan akan graduate dari AKB48 pada bulan Maret 2014 dalam konser yang akan diselenggarakan di National Stadium Tokyo. Setelah kelulusan Atsuko Maeda pada tahun 2012 yang lalu, acara graduation Yuko ini adalah momen terbesar bagi para member maupun fans 48Group.

Seperti yang kita tahu, Yuko Oshima adalah salah satu “nyawa” terpenting bagi AKB48. Dalam setiap Senbatsu Sousenkyo, ia selalu berhasil menduduki posisi dua besar. Nah, dalam rangka kelulusan Yuko Oshima, sebuah situs bernama ngidol.com mengajak kalian semua untuk melihat kembali momen-momen terbaik yang ia alami selama bergabung dengan AKB48. Berikut daftarnya:

10. Meraih peringkat pertama dalam Mechaike Sports Festival

1

Mechaike Sports Festival adalah sebuah variety show yang ditayangkan pada tahun 2013, menampilkan 15 member AKB48 yang beradu keterampilan dalam berbagai cabang olahraga. Dalam turnamen ini, Yuko berhasil menjadi member peringkat pertama. Yuko mencatat skor sempurna dalam sprint 50 meter, lompat tinggi, horizontal bar, sumo, dan lari estafet.

Walaupun sudah terbilang “tua” dibandingkan member lainnya (saat itu ia berusia 25 tahun), Yuko menunjukkan bahwa kemampuan olahraganya masih yang nomor satu. Ia berhasil menjadi pelari tercepat dalam sprint 50 meter, dengan catatan waktu 8,3 detik. Ia juga mengalahkan Rina Kawaei dalam cabang olahraga sumo, dan membawa timnya menang dalam lari estafet setelah mengalahkan Jurina Matsui dengan dramatis. Keberhasilannya menjadi nomor satu dalam show ini membuktikan bahwa Yuko memang benar-benar seorang idol yang sempurna; populer, lucu, cantik, pandai, dan atletis.

9. Menjadi center dalam Gingham Check

2

Berbicara soal kualitas musik video, Gingham Check adalah salah satu yang terbaik yang pernah dirilis oleh AKB48. Video musik Gingham Check disutradarai oleh sutradara asal Amerika, Joseph Kahn, dan melibatkan beberapa selebritis ternama Jepang. Dalam single ini, Yuko dipercaya tampil menjadi center setelah ia memenangkan Senbatsu Sousenkyo tahun 2012.

Gingham Check juga menjadi single pertama AKB48 selepas Atsuko Maeda graduate. Tentu saja, Yuko menanggung beban berat sebagai “ace” (member andalan) baru AKB48 sepeninggal Acchan. Ternyata, ia berhasil menjalankan peran ini dengan sangat baik dan mampu menjaga popularitas AKB48 tetap stabil.

8. Akting dalam Majisuka Gakuen

3

Kemampuan akting Yuko Oshima memang tak perlu lagi diragukan. Ia sudah membintangi lebih dari 30 film dan drama TV sepanjang karirnya, bahkan beberapa kali mendapat penghargaan tingkat nasional. Sebagai member AKB48, penampilan akting terbaik Yuko Oshima bisa disaksikan dalam drama berjudul “Majisuka Gakuen.”

Majisuka Gakuen” adalah drama televisi yang sebagian besar pemerannya terdiri dari member AKB48. Drama ini berkisah tentang kehidupan di sekolah khusus putri. Sekolah ini terkenal memiliki reputasi buruk, di mana murid-muridnya sangat sering berkelahi dan membuat onar. Drama ini mengangkat tema tentang pertarungan, persahabatan, permusuhan, dan tentu saja drama.

Dalam Majisuka Gakuen, Yuko tampil sebagai salah satu tokoh utama. Ia berperan sebagai dirinya sendiri, “Yuko Oshima.” Dalam drama ini, Yuko menunjukkan penampilan akting yang tidak kalah dari pemeran utama, Atsuko Maeda. Ia mampu tampil cantik, berwibawa, namun juga terkesan menakutkan. Tak bisa dipungkiri, kesuksesan Majisuka Gakuen tak bisa lepas dari peran Yuko di dalamnya.

7. AKBingo!

Salah satu faktor yang membuat AKBingo! menjadi penuh tawa dan lebih hidup adalah kehadiran Yuko Oshima. Dalam acara variety show khusus member AKB48 yang sudah ditayangkan sejak tahun 2008 ini, Yuko hampir selalu menjadi pusat perhatian. Ia tidak segan-segan tampil lucu dan menghibur para fans. Tak hanya itu, ia juga menampilkan momen-momen dramatis dan bahkan mengharukan.

Setiap aksi Yuko di AKBingo! -mulai dari Muchaburi Dodgeball, Shoujiki Shogi, kontes memasak, dan segmen-segmen lainnya- selalu membuat penonton benar-benar menikmati acara ini. Di sini, diketahui bahwa Yuko ternyata sangat takut pada balon. Ia juga beberapa kali melucu dengan meniru ayam, menunjukkan wajah aneh, serta melakukan berbagai tantangan-tantangan lainnya. Tanpa kehadiran Yuko, bisa dipastikan acara-acara AKBingo! di masa depan akan terasa sepi.

6. Penampilan pertama dalam major single AKB48, Aitakatta

Yuko Oshima 2

Aitakatta” adalah single ketiga AKB48 yang dirilis pada tahun 2006. Yuko Oshima yang bergabung melalui audisi Generasi Kedua pertama kali mendapat kesempatan tampil dalam major single AKB48 dalam “Aitakatta.” Tak ada  yang menyangka bahwa Yuko yang kali itu tampil tidak terlalu menonjol akan menjadi salah satu selebritis wanita terpopuler di Jepang dalam beberapa tahun setelah single ini dirilis.

5. Kemenangan dalam 4th Senbatsu Sousenkyo 2012

Yuko Oshima 3

Senbatsu Sousenkyo 2012 menjadi momen yang cukup penting bagi Yuko Oshima. Ada semacam “kewajiban” bagi Yuko Oshima untuk menjadi nomor satu dalam pemilu tahunan AKB48 tersebut. Hal ini karena rival abadinya, Atsuko Maeda sudah graduate dari AKB48 dan tidak lagi mengikuti Senbatsu Sousenkyo. Kegagalan menjadi nomor satu bisa berarti fatal bagi popularitas Yuko, karena ia akan dianggap gagal memenangkan posisi yang menurut banyak orang sangat mudah diraih sepeninggal Acchan.

Tentu saja, hal ini menimbulkan beban tersendiri bagi Yuko, terutama karena Mayu Watanabe dan Yuki Kashiwagi sedang berada dalam puncak popularitas mereka. Apalagi, hasil penghitungan suara hari pertama menunjukkan bahwa Yukirin menempel ketat perolehan suara Yuko di posisi kedua.

Ternyata, Yuko berhasil memenangkan General Election ini dengan gemilang. Ia meraih total 102 ribu suara, unggul sekitar 27 ribu suara dari Mayu Watanabe yang berada di peringkat kedua. Kemenangannya ini membuat Yuko berhak menjadi center dalam single Gingham Check.

4. Pengumuman kelulusan dalam Kohaku Uta Gassen 2013

Yuko Oshima 4

Pengumuman kelulusan Yuko Oshima dilakukan dengan cukup elegan dalam “Kohaku Uta Gassen,” acara musik terbesar tahunan di Jepang yang diselenggarakan di malam tahun baru. Dalam acara ini, Yuko mengumumkan kelulusannya dari AKB48 dengan ceria, berbeda dengan pengumuman kelulusan yang biasa diiringi dengan tangisan. Ia juga menyunggingkan senyum khasnya saat mengabarkan berita tersebut. Pengumuman tersebut langsung dilanjutkan dengan penampilan Yuko dalam single andalannya, Heavy Rotation.

3. Menjadi center dalam Heavy Rotation

Heavy Rotation” adalah kali pertama bagi Yuko Oshima tampil sebagai center AKB48. Tak bisa dibantah, “Heavy Rotation” adalah single terpopuler AKB48 yang melejitkan popularitas grup ini di dunia internasional. Single ini juga menjadi video terbanyak AKB48 yang disaksikan di YouTube, dengan jumlah total views yang sudah menembus angka 100 juta. Tentu saja, kesuksesan Heavy Rotation tak lepas dari performa Yuko yang tampil sangat baik sebagai seorang center. Senyuman, gerakannya yang enerjik, dan suara khasnya saat meneriakkan “One..two..three. four!” di awal lagu tentu sangat berkesan bagi fans 48Group.

2. Menjadi bagian Team K

Yuko Oshima 4

Yuko Oshima adalah satu dari sedikit member AKB48 yang hanya menjadi bagian dalam satu tim selama kurang lebih tujuh tahun berkarir bersama idol group ini. Ia bergabung sebagai anggota Generasi Kedua, yang secara otomatis langsung dimasukkan ke dalam Team K. Dengan popularitas dan pembawaannya yang ceria serta enerjik, Yuko menjadi maskot dan ace untuk Team K yang erat dengan kesan penuh semangat dan energi saat tampil.

Tak hanya dalam karir, Team K juga berperan besar dalam aspek kehidupan Yuko lainnya. Teman-teman AKB terbaiknya, Sayaka Akimoto, Noro Kayo, dan Sae Miyazawa semuanya berasal dari Team K. Ia juga sempat dipercaya menjadi kapten Team K selama kurang lebih satu setengah tahun, sejak bulan Agustus 2012 hingga Februari 2014. Bagi Yuko, Team K adalah keluarga. Bagi member Team K lainnya, Yuko adalah seorang teman, andalan, teladan, sekaligus sebagai seorang mentor dan motivator.

1. Kemenangan dalam 2nd Senbatsu Sousenkyo 2010

Yuko Oshima 5

Menurut ngidol.com, momen terbaik Yuko Oshima selama berkarir dalam AKB48 adalah kemenangannya dalam Senbatsu Sousenkyo kedua yang diselenggarakan pada tahun 2010. Yuko memang dua kali memenangkan Senbatsu Sousenkyo, namun kemenangannya yang terjadi pada tahun 2010 terasa lebih spesial. Hal ini disebabkan karena dalam acara tersebut Yuko berhasil mengalahkan Atsuko Maeda, sosok yang dianggap sebagai member andalan AKB48 yang posisinya sebagai center tidak tergantikan. Kemenangan Yuko terbilang cukup dramatis, karena dalam hasil penghitungan hari pertama, ia masih menduduki posisi kedua di belakang Atsuko Maeda. Ternyata, dalam penghitungan suara terakhir, ia berhasil meraih sekitar 31 ribu suara, unggul hanya sekitar 600 suara dari Acchan yang menduduki peringkat kedua.

Kemenangannya dalam Senbatsu Sousenkyo ini selain menjadi ajang pembuktian seorang Yuko juga menjadi momen yang membuka mata kalangan umum bahwa AKB48 tak hanya didominasi satu member saja. Yuko menunjukkan pada member lain bahwa siapapun bisa menjadi nomor satu. Ia berhasil melakukan sebuah “mission impossible” dengan mengalahkan sosok Atsuko Maeda yang dikenal sebagai seorang “absolute ace.” Tak hanya itu, kemenangannya dalam event tersebut juga membuatnya berhak tampil sebagai center dalam “Heavy Rotation,” sebuah lagu yang berperan besar mengangkat popularitas AKB48 di dunia internasional.

Yuko Oshima 5

Menurut kalian, manakah momen terbaik Yuko Oshima bersama AKB48, adakah tambahan lainnya? Silakan memberikan komentar ^_^

Source : ngidol.com
COMMENT