SHARE THIS ARTICLE

10 Member AKB48 paling underrated

Di kalangan pecinta J-Pop khususnya fans AKB48, nama-nama seperti Atsuko Maeda, Yuko Oshima, Tomomi Itano, Mayu Watanabe, atau Yuki Kashiwagi pasti sudah tidak asing lagi. Mereka adalah anggota idol group yang paling sering diekspos media dan tampil dalam berbagai acara, baik yang berlevel nasional maupun internasional.

Nah, bagaimana dengan member-member lainnya? Kali ini akan dibahas 10 member AKB48 paling “underrated”. Yang dimaksud dengan “underrated” adalah para personil yang tidak terlalu populer dan tidak terlalu banyak diliput media walaupun memiliki bakat, talenta, dan kualitas yang baik sebagai seorang idol. Beberapa nama di bawah tidak hanya terdiri dari member yang masih aktif, namun ada beberapa pula yang sudah graduate. Langsung saja, berikut adalah daftarnya:

10. Haruka Nakagawa

Haruka

Popularitas Haruka yang tidak terlalu tinggi di AKB48 mungkin disebabkan oleh penampilannya yang tidak mencerminkan tipe “idol mainstream” yang imut-imut dan lemah lembut seperti Mayu Watanabe atau Atsuko Maeda. Padahal, berbicara soal bakat, Haruka terbilang cukup jempolan. Ia jago dalam olahraga, mahir memainkan berbagai peran komedi, dan memiliki kemampuan dance serta menyanyi yang cukup baik.

Popularitasnya yang seolah tidak berkembang di AKB48 membuat Haruka ditransfer ke JKT48. Keputusan ini tampaknya sangat tepat, karena justru di JKT48 Haruka mampu memaksimalkan potensinya sebagai seorang idol. Ia sangat dicintai fans Indonesia, sering muncul di berbagai reality show, bahkan akhirnya menjadi center untuk single “Koi Suru Fortune Cookie” versi JKT48.

9. Ayaka Umeda

Ayaka Umeda

Ayaka Umeda adalah member Generasi Kedua yang memiliki kemampuan dance luar biasa bagus. Suaranya juga terbilang lumayan, dan ia juga memiliki penampilan yang cukup anggun. Agak mengherankan melihat popularitasnya di AKB48 yang terbilang biasa-biasa saja, bahkan ia hanya pernah satu kali masuk sebagai member Senbatsu di tahun 2012.

Untungnya, menjelang kelulusannya pihak manajemen AKB48 memutuskan untuk memberinya peran yang lebih besar, dengan menjadikan Ayaka sebagai kapten Team B menggantikan Yuki Kashiwagi. Kita lihat saja apakah ia mampu membawa Team B menjadi sebuah tim yang lebih baik.

8. Tomomi Nakatsuka

Tomomi Nakatsuka

Tomomi Nakatsuka adalah salah satu fenomena paling aneh di AKB48. Ia tidak sepopuler dua Tomomi lainnya (Tomomi Kasai dan Tomomi Itano), bahkan sama sekali tidak pernah mendapat ranking dalam Senbatsu Sousenkyo. Yang membuat heran, Tomomi Nakatsuka sebenarnya memiliki wajah yang sangat cantik dan penampilan yang anggun.

Ketika memutuskan untuk graduate pada bulan Juni 2013 lalu, Tomomi tampaknya sudah menyadari bahwa ia sudah tidak bisa berkembang lebih jauh lagi jika tetap tinggal bersama AKB48. Sangat disayangkan melihat kecantikannya tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal dalam masa keanggotaannya bersama AKB.

7. Minami Minegishi

Minami Minegishi

Sebagai anggota asli AKB48 yang bergabung sejak Generasi Pertama, popularitas Minami Minegishi terbilang biasa-biasa saja. Padahal, ia dikenal sangat ahli dalam dance dan dipuji karena penampilannya yang baik saat menjadi MC. Dalam berbagai acara variety show seperti AKBingo!, Miichan juga kerap menjadi pusat perhatian.

Menilik semua fakta di atas, sepertinya sangat sayang menyaksikan Minegishi sama sekali tidak pernah masuk dalam jajaran 10 besar Senbatsu Sousenkyo. Menilik kasus skandalnya yang terjadi pada tahun 2013, tampaknya akan sangat berat bagi Miichan untuk meningkatkan lagi popularitasnya, bahkan di kalangan fans AKB48.

6. Manami Oku

 

Salah satu member AKB48 yang sebenarnya paling cantik tapi boleh dibilang sangat minim publisitas dan partisipasi. Jika meninjau dari segi kecantikan saja, mungkin Manami Oku bisa masuk dalam jajaran 10 teratas member AKB48 sepanjang masa. Wajahnya memiliki percampuran kecantikan khas Eropa (Manami memang memiliki keturunan Italia) dan kesan imut-imut khas Jepang. Bahkan, Oku Manami sering disebut mirip boneka dan merupakan versi “mini” dari Leah Dizon.

Sebagai member yang bergabung sejak Generasi Kedua, satu-satunya single utama AKB48 di mana Oku Manami ikut berpartisipasi adalah “Bingo!”. Sangat mengherankan melihat ia tidak dilibatkan untuk tampil dalam single populer selanjutnya seperti “Oogoe Diamond” dan “Heavy Rotation”, sebelum akhirnya ia memutuskan untuk graduate pada tahun 2011.

5. Haruka Katayama

Haruka Katayama

Teman akrab Yukirin yang sering disapa dengan panggilan Haachan ini juga memiliki reputasi di kalangan fans sebagai salah satu penyanyi terbaik dalam AKB48. Kemampuan vokalnya di atas rata-rata, dan ia juga memiliki penampilan anggun nan elegan seperti Ayaka Umeda. Sayang, sejauh ini popularitasnya di AKB48 tergolong sangat rendah.

Dalam Senbatsu Sousenkyo, peringkat tertinggi Haachan adalah di posisi ke-29 pada tahun 2009. Jika ingin meningkatkan lagi popularitasnya, nampaknya Haachan harus bergerak cepat mengingat usianya yang sudah mendekati usia graduate (kelahiran tahun 1990).

4. Amina Sato

Amina Sato

Amina Sato adalah seorang WOTA sebelum bergabung menjadi member AKB48. Ditinjau dari segi talenta dan kecantikan, Amina sebenarnya berada di atas rata-rata, bahkan sering disebut sebagai perwakilan member AKB48 tercantik dari tiap generasi. Sayang, setelah berhasil menduduki peringkat ke-8 dalam Senbatsu Sousenkyo 2009, popularitasnya terus menurun.

Sepanjang karirnya, Amina hanya sempat berpartisipasi dalam tiga major single AKB48, yaitu “Flying Get!” “Heavy Rotation”, dan “Iiwake Maybe”. Menyadari popularitasnya yang terus menurun, tampaknya hal inilah yang membuat Amina mengumumkan kelulusannya dari AKB48 pada tanggal 22 Desember 2013 lalu.

3. Rie Kitahara

Rie Kitahara

Kitahara sebenarnya adalah seorang idol yang memiliki kemampuan sangat komplit. Ia memiliki kemampuan dance yang bagus, bakat akting di atas rata-rata, dan kesan cerdas yang tidak dimiliki oleh seorang idol. Ia juga menjadi salah satu anggota kenkyuusei pertama yang diikutsertakan dalam berbagai penampilan AKB48 di televisi.

Sayang, popularitasnya tertinggal jauh dari rekan satu angkatan sekaligus partner terbaiknya, Rino Sashihara. Di saat Rino Sashihara menikmati kemenangannya sebagai member peringkat pertama Senbatsu Sousenkyo, Kitarie justru terlempar dari 16 besar daftar ini, membuatnya “hanya” menjadi member kasta kedua dalam jajaran AKB48.

2. Sayaka Akimoto

Sayaka Akimoto

Seorang member yang perlu mendapat apresiasi dan publisitas yang lebih banyak. Sayaka bertahun-tahun menjadi kapten Team K, pandai berbahasa Inggris, banyak tampil di berbagai variety show, memiliki wajah yang cantik, suara bagus, pembawaan yang keren, namun juga tidak terlalu menjaga image dan sering tampil jenaka.

Sayang, Akimoto justru sering “ditinggalkan” dan dinomorduakan oleh manajemen AKB48. Ia tidak disertakan dalam beberapa single penting seperti “Beginner”. Justru setelah lulus dari AKB48, Sayaka memiliki potensi yang sangat sukses dalam bersolo karir, menilik talentanya yang sangat luar biasa.

1. Yuka Masuda

Sebelum berkomentar banyak tentang Yuka Masuda, lebih baik jika kita menyaksikan versi Acapella dari lagu Oogoe Diamond berikut ini yang dibawakan oleh beberapa member bersuara bagus yang sering dianggap “underrated”.

Dalam video ini, terlihat Yuka tampil sangat dominan dan menampilkan kualitas vokal yang luar biasa bagus. Sayang, keindahan vokalnya tidak terlalu terlihat di AKB48, di mana ia tidak diberi banyak kesempatan tampil. Yang lebih ironis lagi, Yuka justru mengakhiri karirnya di AKB48 dengan cerita pahit, di mana ia ketahuan berpacaran dengan seorang pria yang mengakibatkannya dikeluarkan dari idol group ini.

Nah, semoga saja di masa depan, member-member AKB48 yang bertalenta baik dalam menyanyi, menari, maupun akting bisa mendapat kesempatan untuk tampil yang sesuai dengan bakat mereka. Walaupun AKB48 lebih menekankan kesan tentang “idol” dan tidak menonjolkan kemampuan tertentu, namun member-member yang memiliki talenta yang tinggi tentu bisa mengangkat reputasi AKB secara keseluruhan di mata dunia internasional sekaligus menghapus pandangan negatif yang menganggap bahwa AKB48 hanya mengeksploitasi kecantikan tanpa mengutamakan talenta. Ganbatte!

Source: ngidol.com

COMMENT