SHARE THIS ARTICLE

Membicarakan soal Jepang, pasti erat kaitannya dengan sebuah negara yang maju dengan berbagai hal-hal yang tidak konvensional. Ya, sudah lama sekali Jepang memiliki banyak hal menarik namun juga misterius. Tak terkecuali kisah-kisah urban yang menjadi legenda di sana.

Selain teknologi yang membuat Jepang sangat maju, publik Jepang rupanya masih percaya dengan banyak hal yang disebutkan di masyarakat dari waktu ke waktu. Dilansir listverse.com, ini dia beberapa kisah urban yang paling misterius dan menjadi legenda di Jepang.

1. Pusat Belanja Maut Shirokiya

shirokiya-lic-net.jp
image source: lic-net.jp
Shirokiya-theepochtimes.com
image source: theepochtimes.com

Pada Desember 1932, pusat perbelanjaan Shirokiya di Tokyo habis terbakar dan merenggut nyawa 14 orang. Tragedi itu memunculkan legenda urban yang misterius. Saat bencana itu terjadi, para pekerja toko Shirokiya yang memakai kimono (kimono Jepang dipakai tanpa mengenakan pakaian dalam).

Petugas pemadam kebakaran menyuruh para pekerja yang terjebak di lantai delapan untuk turun dari atas. Namun mereka malu untuk meluncur memakai tali karena tak memakai pakaian dalam sehingga bagian pribadi bisa terlihat apalagi angin kencang berhembus. Karena lebih memilih malu, para pekerja itu akhirnya tewas terbakar. Hal itu membuat manajemen Shirokiya memerintahkan para pekerja untuk memakai pakaian dalam. Jadi apakah menurutmu api itu adalah kutukan?

2. Tiang Manusia

Di Jepang ada sebuah kepercayaan untuk menjaga sebuah bangunan dari roh-roh jahat maka harus ada seseorang yang menjadi Hitobashira. Untuk menjadi Hitobashira maka orang tersebut harus bunuh diri dan membiarkan tubuhnya dimakamkan di balik tembok bangunan. Kasus Hitobashira yang terkenal adalah di kastil Matsue, Shimane.

matsue-pinktentacle.com
image source: pinktentacle.com

Kastil itu dibangun pada abad ke-17 dan terjadi banyak sekali kesulitan saat pembangunan seperti bangunan roboh. Hal itu membuat harus dilakukan Hitobashira alias tumbal manusia untuk dijadikan pilar-pilar penyangga bangunan. Bahkan beberapa masyarakat Jepang percaya, jika ingin bangunan tumbuh kokoh maka harus meletakkan mayat manusia di tembok. Menyeramkan.

3. Tabut Perjanjian Yang Hilang

ark_1-pinktentacle.com
image source: pinktentacle.com

Banyak orang percaya bahwa Tabut Perjanjian Yang Hilang dalam Alkitab berada di puncak gunung Tsurugi yang ada di pulau Shikoku. Tabut Perjanjian yang dibuat oleh Musa itu dipercaya memiliki kekuatan luar biasa. Awalnya Tabut Perjanjian itu ada di kuil Raja Solomon sampai 1.000 SM ketika Babilonia menghancurkan kuil dan Tabut Perjanjian itu menghilang.

Pada tahun 1964, pemerintah Jepang membangun Taman Nasional Tsurugi-san Quasi yang melarang seluruh penggalian untuk menemukan Tabut Perjanjian misterius itu dan membiarkan puncak Tsurugi selalu diliputi kabut misterius.

4. Kutukan Kamar Merah

red room-urbanlegends66.blogspot.com
image source: urbanlegends66.blogspot.com

Kutukan Kamar Merah ini berawal dari sebuah game sederhana di komputer. Di mana saat kamu memulai memainkan game-nya, maka kamu akan melihat sebuah pintu merah dan pertanyaan dalam bahasa Jepang ‘Apakah kamu menyukai kamar merah?’ Sekali kamu mengklik, kamu akan menemui banyak pertanyaan sampai namamu muncul di sana dan beberapa nama temanmu.

Lalu apa yang terjadi? Dipercaya mereka yang memainkan game ini akan meninggal esok harinya dengan darah di dinding. Kisah ini bahkan begitu menghebohkan Jepang pada tahun 2004, di mana seorang siswi berusia 14 tahun membunuh sadis temannya. Dan tebak, terakhir kali aktivitas korban di komputer adalah bermain game ini.

5. Kipas Angin Maut

10-legenda-urban-di-jepang-yang- (6)

Sekalipun kipas angin maut sering dikaitkan dengan Korea Selatan, rupanya legenda ini justru dekat dengan masyarakat Jepang dan sudah tersebar di seluruh Asia. Kisahnya sederhana, jika kamu membiarkan kipas angin listrik menyala saat malam hari di mana kamu tidur, maka kamu bisa mati.

Namun hal itu rupanya diteliti di mana kipas angin yang menyala bisa menyebabkan mual, hipotermia, masalah pernafasan dan kelumpuhan wajah. Mungkin lebih baik kamu memakai AC saja.

6. Jinmenken: Anjing Berwajah Manusia

human_faced_dog-pinktentacle.com
image source: pinktentacle.com

Apakah kamu pernah berharap jika anjingmu bisa bicara denganmu? Maka sosok Jinmenken membantumu. Jinmenken adalah anjing yang berwajah manusia dengan kecepatan super. Meskipun mungkin lucu, Jinmenken dianggap berbahaya. Jika kamu meninggalkan Jinmenken sendiri, maka kamu akan mendapatkan kesialan.

Penelitian ilmiah lain menyebutkan jika Jinmenken adalah kera Jepang yakni tubuh mirip anjing namun wajah mirip manusia. Berani bertemu dengannya?

7. Sony Timer

10-legenda-urban-di-jepang-yang- (8)

Jujur, Jepang adalah salah satu negara yang paling terkenal akan teknologi elektronik yang sudah begitu canggih. Sony, menjadi salah satu perusahaan paling terkenal di dunia ini berasal dari Jepang. Namun Sony dianggap melakukan sebuah konspirasi besar yang bernama Sony Timer dan dipercaya publik Jepang.

Sony diduga memasang timer pada produk elektronik mereka yang menyebabkan produk itu rusak pada waktu tertentu sehingga membuat orang harus membeli suku cadang atau membeli produk baru yang akan menambah pemasukan Sony. Sony sendiri membantah argumen itu. Menurutmu bagaimana?

8. Kutukan Taman Inokashira

inokashira-japan-talk.com
image source: japan-talk.com

Naik perahu di sebuah danau taman cukup romantis apalagi kamu lakukan dengan sang kekasih dan merasakan udara yang tenang serta kicauan burung. Namun di Jepang, hal itu bisa menjadi kutukan terutama jika kamu lakukan di taman Inokashira, Tokyo.

Berhati-hatilah, pasangan kekasih yang mendayung perahu di danau taman itu akan segera kehilangan cinta dan hubungan kasih mereka hancur untuk selamanya. Misteri itu dipercaya karena dewi Benzaiten yang iri pada pasangan kekasih dan mengutuknya. Jadi jika kamu berbulan madu ke Jepang, hindarilah Inokashira.

9. Boneka Okiku

10-legenda-urban-di-jepang-yang- (10)

Tak ada yang meragukan jika boneka Okiku ini memang menyeramkan. Boneka dengan mata besar ini dinamakan dengan nama pemilik pertamanya dan dipercaya didiami oleh hantu seorang gadis. Dia memiliki tinggi 40 cm, memakai kimono dan rambut yang bisa tumbuh, ya bisa tumbuh.

Boneka Okiku bisa kamu lihat di kuil Mannenji di Iwamizawa, Hokkaido. Saat pertama ditemukan, rambut Okiku tampak pendek namun setelah setahun lebih, rambutnya menjadi sepanjang 25 cm dan membuat orang-orang memotongnya setiap tahun. Legenda percaya jika boneka itu dibeli seorang pemuda untuk adiknya yang berusia 2 tahun, Okiku. Okiku sangat menyukai boneka itu, bermain dan mengajaknya berbicara. Namun tragis, Okiku meninggal dan meninggalkan boneka itu dengan rambut yang terus tumbuh.

10. Kutukan Iklan Kleenex

10-legenda-urban-di-jepang-yang- (11)

Iklan ini sangat terkenal di Jepang pada tahun 1980-an. Digambarkan seorang perempuan berbaju putih dan bocah laki-laki yang berpenampilan layaknya raksasa mungil sembari memperkenalkan tissue produksi Kleenex. Tampaknya biasa, namun iklan itu rupanya membawa kutukan kematian.

Lagu iklan itu adalah lagu bahasa asing yang rupanya mirip dengan melodi lagu kuno Jerman dengan lirik ‘Mati, mati, setiap orang dikutuk dan akan mati’. Sebagai jawaban, model iklan itu yakni Keiko Matsuzaka menjadi gila karena dianggap hamil anak iblis. Serta bocah di iklan itu meninggal misterius. Bahkan mereka yang menonton iklan itu tewas misterius. Berani lihat?

Source : plus.kapanlagi.com
COMMENT