SHARE THIS ARTICLE

Ada hal-hal kecil yang mungkin tidak pernah kita sadari mengenai kebudayaan yang bukan berasal dari tempat asal kita. Berikut adalah 10 hal yang mungkin tidak pernah kita sadari mengenai kehidupan sehari-hari di Jepang.

1. Terkadang orang menggunakan kimono tanpa alasan untuk pergi

kimono

Warga Jepang menggunakan kimono tradisional untuk acara-acara tertentu, seperti pernikahan, festival, acara kelulusan, atau mengunjungi kuil. Tapi terkadang mereka menggunakannya hanya karena menyukainya, atau karena ingin mengambil banyak foto-foto lucu hari itu. Ada berapa banyak warga negara lain yang menggunakan baju tradisional mereka hanya untuk berjalan-jalan?

2. Kalian harus membayar untuk membuang sampah dalam ukuran besar… sebagian orang sih tidak mau repot-repot

10 hal yang mungkin tidak pernah kita sadari tentang Jepang (2)

Sistem pengumpulan sampah di Jepang merupakan hal kompleks yang sanagt membingungkan bagi warga asing maupun warga Jepang sendiri. Kalau kalian memiliki sampah yang lebih besar daripada kantung ukuran standar, kalian harus membayar untuk stiker khusus yang kemudian ditempelkan, dan menelepon dewan lokal untuk membuat janji kapan sampah tersebut akan diambil, karena rupanya di pusat-pusat kota, ada sangat sedikit sampah, dan meskipun ada, beberapa orang memiliki mobil untuk membawa sampah mereka sendiri.

Bukan hal yang mengejutkan kalau kemudian beberapa orang memutuskan untuk mengabaikan peraturan ini. Dan seringnya, meninggalkan sampah mereka begitu saja sampai ada orang yang mau tidak mau harus mengurusnya.

3. Guru sekolah Jepang memakan makan siang yang sama dengan siswanya

kyushoku

Faktanya, para guru bahkan bergiliran menguji coba makanan yang akan disajikan saat makan siang sebelum siswa mereka, untuk memastikan apakah aman untuk dimakan atau tidak. Anak-anak di Jepang diajarkan untuk memakan apapun yang disajikan tanpa memilih-milih. Makan siang ini dilakukan untuk menjaga supaya anak-anak Jepang tidak menderita obesitas.

4. Kucing liar di mana-mana

10 hal yang mungkin tidak pernah kita sadari tentang Jepang (4)

Di taman pusat kota bukan hal aneh lagi jika melihat banyak kucing liar berkeliaran, yang sering dielus bahkan diberi makan oleh para pengunjung yang datang setiap hari untuk melihat mereka. Dan itu belum termasuk Pulau Kucing.

5. Begitupun dengan barang-barang bermerek di mana-mana

10 hal yang mungkin tidak pernah kita sadari tentang Jepang (5)

92 persen wanita berusia 20 tahunan yang hidup di Tokyo memiliki setidaknya 1 barang dari Louis Vuitton, 58 persen memiliki barang dari Prada, dan 44 persen memiliki koleksi Christian Dior.

6. Dan nyaris tidak mungkin membeli tiruan dari barang bermerek

10 hal yang mungkin tidak pernah kita sadari tentang Jepang (6)

Meskipun permintaan barang palsu cukup tinggi, namun tingkat penyitaan barang-barang palsu di bandara juga mencapai rekor yang tinggi di tahun 2013, dengan lebih dari 20.000 barang sitaan. Dengan perekonomian Jepang yang bergantung pada hak kekayaan intelektual, pemerintah Jepang berniat untuk menghalau barang palsu buatan China supaya jangan memasuki Jepang.

7. Segala hal memiliki maskot karakter

10 hal yang mungkin tidak pernah kita sadari tentang Jepang (10)

Benar-benar segala hal. Bukan hanya perusahaan maupun organisasi besar, tapi setiap pelayanan publik yang bisa dibayangkan. Seperti misalnya 3 maskot di atas yang berasal dari Kepolisian Prefektur Aichi, Kastil Nagoya, dan Biro Transportasi Kota Nagoya.

8. Rumah tradisional Jepang di tengah-tengah kota

10 hal yang mungkin tidak pernah kita sadari tentang Jepang (8)

Ini adalah salah satu hal yang cukup menarik terjadi di tengah kota. Ketika sedang berjalan-jalan, di antara gedung-gedung pencakar langit, kemudian tiba-tiba menemukan rumah tradisional Jepang yang indah dan dikelilingi oleh dinding bergenting.

9. Tidak ada tempat sampah umum di manapun

10 hal yang mungkin tidak pernah kita sadari tentang Jepang (7)

Jadi biasakanlah untuk membawa plastik kecil untuk sampah ke manapun kalian pergi. Yang keren adalah orang-orang Jepang benar-benar membawa sampah mereka ke rumah, membuktikan bahwa kurangnya tempat sampah bukanlah alasan untuk banyaknya sampah yang berserakan di jalanan. Tempat-tempat tertentu seperti toko serba ada memang menyediakan tempat sampah, meski begitu sampah rumah tangga tetap dilarang.

10. Biksu Buddha dengan mudahnya ditemukan

10 hal yang mungkin tidak pernah kita sadari tentang Jepang (9)

Biksu Buddha hidup dengan uang maupun makanan donasi. Jadi jika kalian berjalan-jalan di dekat kuil di Jepang, besar kemungkinan kalian akan bertemu dengan satu dua biksu berkeliaran, duduk maupun berdiri dengan mangkuk donasi. Hal ini juga dimaksudkan supaya para biawaran melakukan kontak dengan orang-orang dalam kehidupan sehari-hari.

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT