SHARE THIS ARTICLE

Baru-baru ini biro iklan Dentsu merilis hasil survei, di mana pengunjung dari seluruh dunia diminta untuk mengeluarkan pendapat mereka. Survei ini melibatkan 3.600 pria dan wanita yang tinggal di 17 negara berbeda. Isi survei tersebut adalah mengenai daftar 10 hal yang membuat Jepang merupakan negara yang lebih baik dari negara lain.

Saat melakukan survei Dentsu mengajak orang-orang China, Taiwan, Hongkong, Singapura, Thailand, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, Amerika Serikat, Brasil, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, dan Rusia. Seluruh peserta adalah antara usia 20 sampai 59 tahun.

Sekitar 80% dari mereka yang ditanyai mengatakan jika keinginan mereka untuk mengunjungi Jepang naik hingga 7% dari tahun lalu. Ketika ditanya apa yang membuat mereka tertarik untuk mengunjungi Jepang, jawaban yang paling umum adalah jenis makanan yang bervariasi di negara tersebut, kemudian banyaknya tujuan wisata baik itu di perkotaan dan di pedesaan, berada di posisi kedua, dan fashion menempati urutan ke tiga.

Walaupun begitu, sebagai sebuah perusahaan periklanan, yang menjadi perhatian utama Dentsu adalah persepsi orang-orang mengenai berbagai arang dan layanan berlabel Jepang. Maka para peneliti meminta para peserta membuat daftar apa saja yang membuat Jepang lebih baik dari tempat lain. Berikut daftarnya.

10. Video games

url3

Walau selama bertahun-tahun Jepang telah mendominasi industri modern pembuatan video game, faktor ini hanya berhasil masuk ke peringkat terakhir 10 besar. Namun walau banyak perusahaan asing yang terus mencoba peruntungan mereka membuat game mobile dan social media, untuk sebagian fans game Jepang tetap tidak tergantikan.


9. Infrastruktur transportasi
trains.png
Daftar ini disusun dari tanggapan orang-orang yang tinggal di luar Jepang, dan bukan warga asli Jepang. Warga Jepang sendiri memiliki sejumlah keluhan yang valid tentang jalan-jalan negara yang sempit, tol mahal, dan sulit untuk menemukan parkir.
 Namun jika Anda seorang traveler yang menggunakan transportasi umum di Jepang, ada banyak hal yang patut disyukuri, karena sulit untuk membayangkan jaringan kereta api dan kereta bawah tanah yang jauh lebih efisien atau tepat waktu dari yang sudah ada.

8. Rekayasa lingkungan

7. Makanan
4
Tidak ada argumen di sini. Selain sushi yang sebagian besar responden ingin mencoba atau hanya sekedar mengetahui tentang lezatnya makanan tersebut, Jepang juga memiliki berbagai jenis makanan lezat lain mulai dari makanan sederhana seperti tofu dan renkon hingga makanan dengan isi yang lebih beragam seperti ramen dan okonomiyaki.

6. Teknologi 3D

url6

5. Rekayasa ketepatan

Berhubungan dengan penciptaan alat-alat teknik di mana toleransi untuk terjadinya kesalahan (error) di dalamnya sangat kecil.

4. Mobil / motor
images
Dalam hal ini Jepang memang belum dapat disejajarkan dengan mobil/motor buatan Jerman dan Amerika. Tetapi dalam hal bervariasinya pilihan, mobil ramah lingkungan, kendaraan listrik,  produk kendaraan Jepang masih lebih dilirik oleh konsumen dibandingkan dengan produk negara lain.

3. Dunia robot

bnrL_default

Sudah banyak teknologi-teknologi Jepang yang sudah diakui dunia, salah satunya adalah karya mereka dalam hal robot. Dan yang paling menyita perhatian dunia adalah ASIMO.

2. Anime / manga

2

Untuk hal satu ini, terdapat sedikit masalah teknis bahasa di sini. Karena setiap mendengar kata anime/manga yang ada di kepala kita pasti akan mengacu pada Jepang, walaupun dalam bahasa Jepang sendiri anime dan manga adalah istilah bahasa untuk film animasi dan komik secara umum. Maka untuk banyak orang, mengatakan bahwa Jepang adalah pembuat anime dan manga terbaik di dunia sama saja dengan berkata bahwa Palembang adalah produsen makanan pempek Palembang terbaik di dunia.

Juga, para fans kebanyakan mencari hal yang berbeda saat mereka menikmati anime / manga dengan film animasi atau komik luar Jepang. Jadi menanyakan apakah Jepang memroduksi film kartun lebih baik dari negara lain merupakan pertanyaan yang sulit dijawab karena pertanyaan seperti itu sama saja jika kita dihadapkan pada pertanyaan “manakah yang lebih unggul antara sepeda dan kapal laut pengangkut kargo?”. Tentu saja sepeda dan kapal laut pengangkut kargo merupakan kendaraan tetapi yang membedakannya adalah dari segi guna mereka, sama seperti anime / manga dengan bentuk komik lain di luar Jepang, dari segi alur cerita, penokohan dan lain-lain.

1. Elektronik Audio / video
url5
Sekali lagi, Jepang sudah tidak terlalu unggul dalam hal ini dibandingkan dengan beberapa waktu ke belakang. Namun meskipun banyak negara luar yang menjadi produsen alat elektronik yang memberi harga relatif murah dan kualitas bersaing, tetapi elektronik buatan Jepang  masih memiliki citra sebagai pembuat barang elektronik yang unggul.

6. 3D technolog
8. Environmental engineering
8. Environmental engineering
Source : JAPAN TODAY
COMMENT