SHARE THIS ARTICLE

Musim panas di Jepang hampir tiba; hujan mulai turun di awal sampai tengah musim panas, dan suhu udara pun makin lembab sampai pertengahan musim panas. Namun, penduduk Tokyo tetap ingin berkeliaran di luar rumah.

Para kawula-kawula muda tengah mempersiapkan dirinya untuk berpartisipasi secara penuh di festival-festival yang diadakan untuk meningkatkan gejolak semangat “musim panas” di hati dan meninggalkan kesan yang berarti untuk mereka ingat seumur hidup mereka nanti.

Berikut 10 festival di Jepang yang sangat digemari setiap tahunnya:

1. Asakusa Samba Carnival

japan10festival (1)

Asakusa sangat terkenal dengan kuil-kuil dan rumah-rumah Geisha-nya. Setiap tahunnya, penduduk Asakusa mengadakan acara Samba Carnival untuk mempererat hubungan kebudayaan antara Jepang dan Brazil. Festival ini sangat populer di Tokyo dengan 500,000 penonton tiap tahunnya.

2. Summer Sonic (Chiba)

japan10festival (2)

Summer Sonic adalah festival musik rock terbesar yang menghadirkan bintang-bintang Jepang dan internasional ternama yang diadakan selama dua hari di Chiba dan Osaka di waktu yang bersamaan. Sebagian besar musisi rock tampil sehari di Osaka dan hari berikutnya di Chiba (atau sebaliknya).

3. Harajuku Omotesando Genki Matsuri Super Yosakoi

japan10festival (3)

Sungguh panjang bukan namanya? Harajuku Omotesando Genki Matsuri Super Yosakoi adalah festival selama dua hari yang bertempat di beberapa lokasi di Harajuku dan Yoyogi Park. Festival Harajuku Omotesando Genki Matsuri Super Yosakoi ini memperkenalkan tarian tradisional berasal dari kota Kochi yang bernama tarian Yosakoi.

4. Sumidagawa Fireworks Festival

japan10festival (4)

Sumidagawa Fireworks Festival, yang diadakan pada hari Sabtu terakhir di bulan Juli, menarik perhatian para pengunjung yang menggunakan yukata. Namun tahukah kalian, kalau Sumidagawa Fireworks Festival dikenal sebagai perayaan kembang api tertua di dunia (dimulai sejak 1732), dan merupakan kompetisi dari berbagai grup ahli teknik kembang api.

5. Fukagawa Hachiman Matsuri

japan10festival (5)

Fukagawa Hachiman Matsuri biasa diadakan di minggu ketiga di bulan Agustus.  Di perayaan ini, penduduk Taito-ku saling bahu membahu mengangkat Mikoshi (Semacam kuil, namun bisa dipindahkan kemana-mana) di jalan, sambil disiram air oleh reramaian yang datang untuk melihat. Bahkan para petugas pemadam kebakaran setempat pun ikut beraksi menyiram kerumunan orang dengan air dari selang pemadam kebakaran.

6. Koenji Awa Odori

japan10festival (6)

Koenji Awa Odori ini diadakan pada pekan terakhir di bulan Agustus yang menampilkan 200 tim penari dan 12,000 penari yang memperlihatkan tarian tradisional Awa. Sesuai namanya, Acara ini akan diadakan di jalanan Koenji.

7. Tokyo Bay Fireworks

japan10festival (7)

Acara ini diadakan pada tanggal 2 Agustus yang dapat dilihat dari Odaiba atau di sisi lain Teluk di Harumi Pier (Chuo-ku). Tokyo Bay dan langit-langit Tokyo adalah kanvas yang sangat baik untuk sebuah pertunjukan kembang api.

8. Shinjuku Eisa (Okinawan dance) Festival

japan10festival (8)
Festival Shinjuku Eisa (tarian Okinawa) berlangsung pada akhir Juli di Shinjuku. Sebanyak 23 kelompok penari Eisa menampilkan tarian tradisional dari Okinawa ini.
9. Jingu Gaien Fireworks Festival
japan10festival (9)

Jingu Gaien Fireworks Festival (diadakan pada awal Agustus, seringkali pada hari kerja) adalah acara kembang api besar di Gaienmae. Acara ini dapat dilihat di Stadion Jingu. Sebuah pertunjukan musik mendahului kembang api.

10. Setagaya-ku Tamagawa Hanabi

Tamagawa fireworks

Acara ini tak lain adalah pertunjukkan kembang api di pinggir sungai Tamagawa antara Kawasaki dan Tokyo (Futakotamagawa and Futakoshinchi). Apa yang menarik dari acara ini? Para penduduk Kawasaki dan penduduk Tokyo akan saling berlomba siapa yang acaranya paling meriah dan menarik. Sungguh menyenangkan bukan melihat persaingan yang positif seperti ini?

Source : japan-talk.com
COMMENT