SHARE THIS ARTICLE

Genre musik apakah yang kamu sukai? Pop, rock, jazz, punk, ataukah death metal?

Berikut adalah 10 anime yang memusatkan kisahnya seputar musik berdasarkan nilai rating dari website myanimelist.com. Apakah kesepuluh anime ini merupakan favoritmu?

10. So Ra No Wo To (rating: 7.59)

Di sudut dunia yang sepi, di ujung dari pulau No Man, terdapat Clocktower Fortress. Tempat itu adalah rumah bagi peleton ke-1121 dari pasukan Helvetian, dan anggota terbaru mereka adalah sukarelawan berumur 15 tahun bernama Kanata Sorami, yang terdaftar untuk mempelajari bagaimana memainkan trompet. Ketika dia kecil, Kanata diselamatkan oleh prajurit jelita dan terinspirasi olehnya, setelah suara emas dari trompetnya. Mulai dari hari itu, Kanata memutuskan bahwa musik akan menjadi hidupnya.

Saat anggota peleton lainnya mengajarinya bagaimana menjadi pemain trompet dan prajurit, optimisme Kanata yang tidak pernah pudar akan menginspirasi mereka untuk mengejar kebahagiaan dan keindahan, bahkan saat dunia dihantui oleh perang.

————————————————————

9. Love Live! School Idol Project (rating: 7.71)

SMA Otonokizaka berada di pinggir tiga kota: Akihabara – budaya pop mecca yang terus berkembang tiap menitnya; Kanda – kota tradisional kuno di mana sejarah dan tradisi diutamakan; dan Jinbo – areal sepi yang dipesan populasi orang dewasa yang menyenangi hal-hal mutakhir. Di tengah benturan budaya ini, sekolah akan ditutup akibat dari makin berkurangnya siswa yang mendaftar.

Dengan sekolah yang direncanakan tutup tiga tahun lagi, sembilan siswi bergabung dengan satu hal di pikiran mereka – membentuk grup idol pop untuk mengembalikan kembali kepopuleran sekolah dan mencegahnya untuk tutup. “Untuk melindungi sekolah yang kita cintai, ada satu hal yang bisa kita lakukan… menjadi artis pop!

Tujuan mereka sederhana: menjadi sensasi dadakan dan menggunakan terpaan media nasional untuk mempromosikan sekolah mereka dan membawa banyak murid baru ke tiga areal itu. Sederhana namun kuat, mereka pikir. Secara natural, mereka gugup dan ragu apakah rencana ini akan berhasil, tapi untuk hasil yang baik daripada buruk maka perjalanan merekapun dimulai…

Yang kami bisa minta hanyalah dukungan kecil dari kalian. Kami sungguh percaya dengan bantuan kalian, kami bisa mengubah dunia di sekitar kami. Kami akan membuat mimpi kami menjadi kenyataan!

————————————————————

8. The [email protected] (rating: 7.83)

Berdasarkan game The [email protected] 2 di XBOX 360 dan Playstation 3, The [email protected] menceritakan 12 idol yang menginspirasi dalam mengejar mimpi mereka.

————————————————————

7. K-On! (rating: 7.95)

Yui Hirasawa, perempuan muda dan riang memasuki SMA, memiliki imajinasi yang langsung ia dapatkan ketika ia melihat sebuah poster mempromosikan “Light Music Club.” Sebagai perempuan yang masa bodoh, dia dengan cepat mendaftarkan dirinya. Namun, Yui memiliki masalah, dia tidak mampu memainkan alat musik.

Ketika Yui pergi ke ruang klub untuk menjelaskannya, dia disambut dengan anggota lainnya: Ritsu, Mio, dan Tsumugi. Walaupun merasa kecil hati akan ketidaktahuan Yui akan musik, mereka masih mencoba meyakinkan Yui untuk tetap di klub untuk menghindari bubarnya klub tersebut.

Bersamaan dengan tugas sekolah dan pekerjaan rumah, Yui mulai mempelajari gitar dengan bantuan dari anggota band, ia mengalami banyak kejadian tak menguntungkan sepanjang perjalananya. Namun, dengan festival sekolah yang kian dekat dan Yui terhambat dalam latihannya, akankah Light Music Club siap untuk penampilan pertamanya?

————————————————————

6. Full Moon wo Sagashite (rating: 8.14)

Perempuan 12 tahun bernama Mitsuki Kouyama begitu hancur hatinya ketika dia didiagnosa menderita tumor ganas di tenggorokannya. Ia sudah membuat janji kepada laki-laki yang ia sukai kalau ia akan menjadi penyanyi suatu hari nanti, tapi penyakitnya membuatnya tidak mungkin untuk bernyanyi. Keadaan semakin buruk saat dua dewa kematian, Takuto dan Meroko, muncul di depan Mitsuki dan memberitahunya bahwa dia hanya punya satu tahun untuk hidup. Kabar itu memberikan motivasi yang lebih besar bagi Mitsuki untuk meraih cita-citanya, dan dengan sedikit keajaiban, dia mencari cara untuk menjadi penyanyi profesional sehingga dia bisa bertemu kembali dengan Eichi sebelum waktunya habis.

————————————————————

5. Detroit Metal City (rating: 8.35)

Dipimpin oleh penebar teror dari neraka Johannes Krauser (gitaris/vokalis) dan diberi dentuman hidup oleh drummer yang tak bisa dihancurkan Camus dan bassist Alexander Jagi, Detroit Metal City adalah band terpanas di arena konser! Hanya ada satu hal tersembunyi.

Band terpanas itu hanyalah band “biasa”, dan dibalik riasan wajah mereka, para headbangers ini adalah pria-pria bermuka dua yang dibayar dan tidak MENYUKAI apa yang mereka lakukan! Jagi adalah Wada, yang ingin bermain di band glam rock (jenis band rock tahun 70-an contohnya Mud dan New York Dolls); Camus adalah Nishida, penggemar anime yang memiliki kelemahan terhadap kare dan video porno; dan Krauser adalah… oh sungguh memalukan… musisi jalanan Negishi Soichi, yang bermimpi untuk menjadi penyanyi top lagu-lagu pop ceria dan terpaksa untuk ditakdirkan di DMC karena performa penuh kegilaannya di atas panggung!

Lebih parah lagi, dia tidak bisa memberitahu siapapun siapa sebenarnya Krauser. Bahkan tidak pada perempuan yang dia sukai, yang membenci DMC! Akankah amarah terhadap mesin korporasi memakan jiwa Negishi yang tersiksa? Apakah ada kehidupan setelah death metal? Seperti apa rasanya menaruh kepalamu di dalam mesin jet dan menaikkan volume musik?

————————————————————

4. Beck (rating: 8.47)

Yukio Tanaka, yang juga diketahui dengan nama panggilan Koyuki adalah pemuda berumur 14 tahun yang merasa tidak terkoneksi dengan kehidupan pada umumnya. Melalui aksi menyelamatkan anjing yang “aneh”, dia bertemu gitaris Ryuusuke Minami, dan terlibat dalam band baru Ryuusuke, BECK. Hidup Koyuki mulai berubah bersamaan dengan perjuangan band itu menuju kepopuleran.

————————————————————

3. Sakamichi no Apollon (rating: 8.51)

Awal musim panas, 1966.

Karena kondisi pekerjaan ayahnya, murid SMA kelas satu Kaoru Nishimi pindah seorang diri dari Yokosuka ke Kyushu dan tinggal bersama saudaranya. Saat itu, Kaoru adalah murid teladan yang penyendiri, tapi bertemu dengan murid nakal yang terkenal jahat, Sentaro Kawabuchi yang mulai mengubahnya. Melalui teman sekelasnya yang acuh tak acuh itu, Kaoru mengenal daya tarik musik jazz dan menemukan orang pertama yang ia panggil “sahabat”. Dia juga menemukan kebahagiaan saat bermain musik bersama sahabatnya itu.

Karakter lainnya yang merupakan sahabat masa kecil Sentarou, Ritsuko, yang merupakan anak perempuan dari pemilik toko musik; siswi senior yang misterius, Yurika; dan Abang Jun, pemimpin yang dikagumi di antara mereka. Berlatar di kota tepi laut dengan nuansa kultur Amerika di kota itu, serial ini merupakan drama tentang anak-anak muda yang menjalani jalan masing-masing, saling berseberangan, dan menemukan persahabatan, cinta, dan musik!

————————————————————

2. Nodame Cantabile (rating: 8.57)

Chiaki Shinichi adalah musisi kelas satu yang memiliki mimpi untuk memainkan alas musik bersama para musisi elit di Eropa. Berasal dari keluarga yang terhormat, dia adalah pria prefeksionis yang sadis; tidak hanya dia dengan keras mengkritik diri sendiri, tapi juga orang lain. Satu-satunya hal yang membuat Chiaki tidak bisa pergi ke Eropa adalah ketakutannya akan terbang. Hasilnya, ia terkurung di Jepang.

Pada tahun keempatnya di universitas musik top di Jepang, Chiaki bertemu dengan Megumi Noda – atau ia menamai dirinya sendiri, Nodame. Dari permukaan, ia terlihat seperti perempuan yang berantakan dan tidak punya tujuan hidup. Namun, ketika Chiaki untuk pertama kalinya mendengar Nodame memainkan piano, ia kagum dengan cara Nodame memainkannya. Chiaki terkejut, ternyata Nodame bertempat tinggal di apartemen sebelahnya dan mengetahui ternyata Nodame menyukai Chiaki.

Nodame Cantabile mengisahkan tentang Chiaki dan Nodame, tidak hanya belajar bagaimana caranya berhubungan dengan orang lain, tapi juga belajar satu sama lain saat mereka berjuang untuk bisa menjadi musisi top dunia.

————————————————————

1. Nana (rating: 8.62)

Nana Komatsu pindah ke Tokyo, mengikuti pacarnya Shouji untuk mendapatkan kehidupan yang selalu ia impikan. Di kereta dalam perjalanan ke Tokyo, ia bertemu Nana Osaki, vokalis dari band punk rockBlast”, yang juga pindah ke Tokyo untuk mengejar mimpinya menjadi penyanyi profesional. Memiliki nama yang sama, keduanya mungkin terikat dalam takdir, berakhir menjadi teman satu atap di Tokyo, di mana keduanya menyokong satu sama lain melalui kisah cinta dan karir masing-masing.

Sources :
COMMENT